Jenis Jenis Alat Berat Dan Fungsinya

Posted on

Jenis Alat Berat Dan Fungsinya – Jika membahas tentang pembangunan tentu tidak terlepas dengan yang namanya alat berat, apalagi dalam proyek pembangunan dengan skala besar. Alat berat ini sendiri terbagi dalam beberapa jenis yang memiliki fungsi berbeda-beda.



Pada pembahasan kali ini kami akan memberikan informasi secara lengkap dan jelas mengenai alat berat mulai dari pengertian, jenis-jenis dan juga fungsinya. Baiklah, lebih lengkapnya silahkan simak artikel di bawah ini.

Pengertian Alat Berat

Pengertian alat berat dalam dunia konstruksi merupakan sebuah alat yang memiliki fungsi untuk memudahkan proses pekerjaan konstruksi, sehingga pembangunan akan menjadi lebih mudah, cepat, dan sesuai dengan harapan. Alat ini pada umumnya terdiri dari lima komponen penting yaitu implemen, alat traksi, struktur, sumber tenaga dan sistem kendali.

Penggunaan alat berat sebenarnya tidak hanya untuk pekerjaan konstruksi saja, namun juga digunakan dalam bidang pertanian, seperti truk pengangkut dan traktor bahkan juga biasa disebut dengan alat berat.

Baca juga: Pekerjaan Pembersihan Dan Pengupasan Lahan

Jenis-Jenis Alat Berat dan Fungsinya

Berdasarkan cara pemindahan tanah secara mekanis, alat berat terbagi dalam 3 jenis, yaitu Traktor, Excavator, dan alat-alat berat lainnya (yang tidak termasuk traktor dan excavator). Berikut ini adalah penjelasannya secara detail.



A. Traktor

  1. Loader

Loader memiliki dua macam jenis, yaitu wheel loader dan crawler loader:

  • Wheel Loader

Wheel loader merupakan sebuah traktor yang memiliki roda karet dan sudah dilengkapi dengan bucket. Alat ini biasa digunakan untuk medan yang memiliki permukaan sangat keras, kokoh, dan bagus. Mobilitasnya sangat baik dan memiliki articulated sehingga bisa bergerak secara fleksibel.

  • Crawler Loader



Bentuknya hampir sama dengan wheel loader, namun bagian rodanya dibuat dari besi. Selain itu, crawler loader juga tidak dilengkapi dengan articulated sehingga pergerakannya sangat lambat. Meski lambat, tetapi bisa bergerak di semua medan karena memiliki sistem roda undercarriage.

Fungsi:

  • Memuat granular.
  • Memindahkan material ke dump truck.
  1. Bulldozer

Bulldozer adalah sebuah alat konstruksi bertipe traktor yang menggunakan track atau ranta dan sudah dilengkapi dengan pisau di bagian depan.

Fungsi

  • Untuk pekerjaan menggali, menarik atau mendorong beragam material seperti tanah, pasir, batu, dan lain sebagainya.
  1. Ripper



Ripper merupakan alat berat yang mempunyai batang baja dengan ujung runcing yang terletak di bagian belakang dan memiliki kegunaan untuk memecahkan batuan atau material keras yang lainnya.

Fungsi:

  • Alat yang digunakan untuk membajak.
  1. Scraper

Scraper terbagi dalam dua jenis, yaitu Single-axle Prime Mover (traktor roda dua) dan Two-axle Prime Mover (traktor roda 4).

Fungsi:

  • Untuk memuat, mengangkut dan membongkar muatan tanpa tergantung oleh peralatan lain.
  • Selain itu, juga digunakan untuk mengupas permukaan tanah, meratakan contour sekitar, penggalian, dan pengurugan.
  1. Motor Grader

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *