Metode Pelaksanaan Penyiapan Badan Jalan

Posted on

Metode Pelaksanaan Penyiapan Badan Jalan – Jalan merupakan suatu prasarana transportasi darat yang mencakup seluruh bagian jalan, termasuk bangunan pelengkap beserta perlengkapnya yang digunakan khusus untuk lalu lintas, baik itu yang ada di bagian permukaan tanah, di atas permukaan tanah.



Jalan memiliki beberapa bagian yang memiliki peran sangat penting. Salah satu diantaranya adalah badan jalan atau tubuh jalan. Jika membahas tentang badan jalan, pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai metode pelaksanaan penyiapan badan jalan secara lengkap.

Kami juga akan memberikan contoh analisanya sehingga bisa Anda jadikan sebagai bahan referensi atau acuan. Lebih jelasnya, silahkan simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

Baca juga: Metode Pelaksanaan Patching Jalan

Penyiapan Badan Jalan

Pekerjaan penyiapan badan jalan atau yang biasa disingkat PBJ merupakan suatu pekerjaan yang mencakup pekerjaan pembersihan, pembentukan tanah dasar supaya elevasinya sesuai dengan apa yang sudah ditunjukkan oleh gambar rencana atau sesuai dengan petunjuk  direksi pekerjaan, dan mencakup pekerjaan pemadatan tanah dasar, dan juga termasuk pekerjaan pemadatan tanah dasar. Biasanya dilakukan sebelum penghamparan lapis pondasi yang terletak di jalur lalu lintas termasuk jalur tempat pemberhentian dan persimpangan.

Metode Pelaksanaan Penyiapan Badan Jalan

Setelah memahami apa itu penyiapan bandan jalan, maka berikut ini kami akan menjelaskan mengenai tahapan atau metode pekerjaan penyiapan badan jalan:

Pembersihan Area Lokasi Jalan

Lokasi pekerjaan harus dibersihkan terlebih dahulu dari berbagai material yang bisa menganggu pekerjaan seperti semak-semak, pepohonan, batu-batu besar, atau material lainnya. Pembersihan bisa dilakukan dengan menggunakan alat berat atau kekuatan man power.

Pembersihan Area Lokasi Jalan

Pekerjaan Galian

Tahapan berikutnya adalah melakukan pekerjaan galian. Pekerjaan ini bisa dilakukan dengan menggunakan alat berat seperti exctavator atau bisa juga secara manual untuk membentuk tanah dasar yang sesuai dengan gambar atau sesuai dengan petunjuk direksi pekerjaan.

Baca juga: Cara Menghitung Volume Galian Dan Timbunan Jalan

Pemadatan Tanah

Pemadatan tanah dasar bisa dilakukan dengan menggunakan sebuah alat yang dinamakan dengan vibrator roller atau bisa menggunakan combinator vibrator roller di wilayah pelebaran yang tidak begitu luas atau sangat tidak memungkinkan untuk menggunakan vibrator roller.

Pemadatan Tanah Dasar

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan saat pelaksanaan pemadatan:

  1. Pemadatan harus segera dilakukan setelah pelaksanaan galian.
  2. Pemadatan dilakukan dengan menggunakan alat yang memadai seperti vibrator roller atau mini vibrator roller supaya kepadatan yang diinginkan bisa tercapai.
  3. Jika perlu lakukan juga penyiraman pada material tanah dasar. Tujuannya tak lain untuk mencapai kadar air optimum sehingga diperoleh tingkat kepadatan yang sesuai dengan spesifikasi.
  4. Penting untuk memperhatikan masalah kecepatan alat supaya tidak memberikan dampak yang bahaya bagi pengguna jalan eksisting.

Baca juga: Pengertian Dan Contoh MSDS Di Bidang Industri

Analisa Pelaksanaan Penyiapan Badan Jalan

Penggunaan alat berat menjadi salah satu faktor penting dalam proyek konstruksi untuk memudahkan pekerjaan serta mempersingkat waktu. Penggunaan alat berat pada umumnya dipengaruhi oleh analisa kapasitas dan kebutuhan penggunaan alat itu sendiri. Jadi untuk mengetahui kebutuhan jumlah alat berat, produksi kerja, biaya sewa dan biaya operasionalnya dalam pengerjaan penyiapan badan jalan maka dilakukan analisa perencanaan kebutuhan dan biaya alat.

Berikut ini adalah analisa pekerjaan penyiapan badan jalan yang mungkin bisa Anda jadikan sebagai bahan referensi:

ITEM PEMBAYARAN NO.     : 3.3.(1)   Analisa EI-331

JENIS PEKERJAAN               :  Penyiapan Badan Jalan

SATUAN PEMBAYARAN : M2                       URAIAN ANALISA HARGA SATUAN

No. U R A I A N KODE KOEF. SATUAN KETERANGAN
I.

1

2

3

4

5

II.

1

2

3

III.    1.

   2.

2.a.

2.b.

2.d.

   3.

ASUMSI

Pekerjaan dilaksanakan hanya pada tanah  galian

Pekerjaan dilakukan secara mekanis

Lokasi pekerjaan : sepanjang jalan

Kondisi Jalan   : jelek / belum padat Jam kerja efektif per-hari

URUTAN KERJA

Motor Grader meratakan permukaan hasil galian Vibro Roller memadatkan permukaan yang telah dipotong/diratakan oleh Motor Grader

Sekelompok pekerja akan membantu meratakan badan jalan dengan alat bantu

PEMAKAIAN BAHAN, ALAT DAN TENAGA

Leave a Reply

Your email address will not be published.