Jenis Dan Ukuran Atap Rumah Multiroof

Posted on

Jenis Dan Ukuran Genteng Multiroof – Sekarang ini sudah banyak sekali jenis genteng yang biasa digunakan di rumah-rumah Indonesia, salah satunya adalah genteng metal. Atap metal atau yang biasa disebut dengan multiroof merupakan salah satu jenis genteng dengan terobosan baru.



Bahan dasar yang digunakan dalam pembuatan atap multiroof adalah colorband. Colorband merupakan sebuah baja ringan yang bagian permukaannya dilapisi dengan zinc, alumunium, phospat, dan coraltex. Dengan adanya kandungan zincalume maka bisa membuat atap multiroof memiliki sifat tahan terhadap karat, benturan, dan  antipecah. Selain itu, kandungan coraltex juga bisa membantu atap multiroof mampu meredam panas yang ada dalam ruangan sehingga pengguna akan merasa lebih nyaman.

Jika Anda ingin menggunakan atap multi roof pada bangunan rumah, Anda harus melakukan pemasangan pada struktur rangka atap galvalume yang memiliki fungsi sebagai penyangga genteng. Selain itu, rangka ini juga bisa melindungi seluruh penghuni bangunan dari bisingnya suara yang timbul ketika musim hujan.

Baca juga: Cara Menghitung Kebutuhan Genteng

Keunggulan Atap Rumah Multiroof

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa atap multiroof memiliki banyak kelebihan, beberapa kelebihan lain yang perlu Anda ketahui adalah sebagai berikut:

  1. Minim Perawatan dan Tahan Lama

Selain memiliki sifat anti karat yang baik, atap multiroof juga memiliki sifat anti lumut dan anti jamur sehingga hal ini nantinya dapat menimalisir masalah biaya perawatan. Disamping itu, karena dibuat dari bahan baja ringan atau galvalum maka multiroof bisa semakin kokoh dan mampu tahan lama. Bahkan atap ini bisa digunakan hingga bertahun-tahun lamanya dan tidak perlu diganti dalam jangka waktu yang dekat. Secara tidak langsung juga akan lebih menghemat biaya.



  1. Memiliki Bobot Ringan

Kelebihan lain yang dimiliki oleh atap multiroof ada pada bobotnya yang terbilang sangat ringan. Dengan begitu maka bobot atap nantinya tidak akan terlalu membebankan struktur bangunan secara menyeluruh.

Atap yang memiliki bobot ringan seperti atap multiroof ini juga sangat direkomendasikan untuk digunakan di berbagai jenis bangunan rumah yang terletak di daerah atau wilayah yang sangat rawan gempa.

  1. Proses Pemasangan Mudah

Karena memiliki bobot yang sangat ringan dan tipis, atap multiroof ini sangat mudah untuk dipasang di bangunan rumah Anda. Proses pemasangan atap juga bisa dilakukan secara cepat tanpa memakan banyak waktu. Bahkan Anda bisa melakukan pemasangan sendiri tanpa perlu meminta bantuan kepada tukang.

  1. Ramah Lingkungan

Sampah yang ada di muka bumi ini semakin lama sudah semakin menumpuk sehingga hal ini menjadi kekhawatiran tersendiri bagi umat manusia. Genteng multiroof yang bisa di daur ulang ini telah hadir sebagai solusi tepat dan mempunyai daya tarik yang tersendiri bagi masyarakat, khususnya bagi mereka yang berorientasi pada lingkungan.



Jenis atap bangunan ini juga hadir dalam berbagai macam varian dan warna yang bisa dipilih bebas sesuai keinginan. Bahkan saking variatifnya, Anda bisa menyesuaikan warna genteng ini dengan warna cat hunian Anda. Genteng ini pun juga cocok jika diaplikasikan di berbagai bangunan rumah yang menerapkan gaya minimalis.

Baca juga: Cara Menghitung Kebutuhan Atap Spandek

Ukuran Genteng Multiroof

Genteng multiroof memang hadir dalam berbagai pilihan ukuran yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan bangunan.  Berikut ini adalah informasi secara lengkap mengenai ukuran atap multiroof:

Model Classic Permata
Perlembar 2×5 2×5
Lebar 1m2 1,3 lembar 1,48 lembar
Panjang efektif 770mm 770mm
Lebar Efektif 1000mm 875mm
Jarak Reng 385mm 385mm

Jenis-Jenis Atap Multiroof

Atap multiroof yang dijual di pasaran terbagi dalam beberapa jenis yang menarik. Adapun jenis-jenis atap multiroof adalah sebagai berikut:

  1. Atap Multiroof Standing Steam

Jika rumah Anda merupakan rumah modern dengan gaya minimalis maka akan lebih cocok jika menggunakan jenis genteng standing steam ini. Sentuhan modern dari genteng ini adalah garis-garis lurus secara berjajar pada atap. Sehingga jika dilihat dari jauh, maka rumah Anda akan nampak menjulang lebih tinggi dan modern.

Selain itu, bangunan rumah Anda juga akan memiliki tampilan yang lebih cantik. Hal ini karena mempunyai warna metalic yang sangat mengkilap. Sedangkan untuk teknis yang biasa digunakan untuk memasang atap standing steam adalah sistem interlock. Dengan begitu maka dalam pembangunan kerangka atap bangunan dan atap akan langsung menjadi satu.



Hal tersebut juga menjadi keuntungan yang tersendiri dari jenis genteng ini jika misalnya terjadi gempa bumi. Karena genteng rumah tidak akan mudah runtuh ataupun mengalami pergeseran dengan getaran gempa yang ada. Dalam proses pembuatannya juga sudah menggunakan teknologi tinggi sehingga warna yang dimiliki tidak mudah luntur.

  1. Atap Multiroof Stainless Steel

Jenis multiroof ini memiliki bobot yang lebih berat daripada jenis lainnya. Jika Anda tinggal di wilayah dengan suhu ekstrim atau cuaca yang tak menentu, genteng ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk digunakan. Ini karena multiroof stainless steel memang sangat tebal.

Genteng ini dibuat dari campuran ultra permanen yang sangat baik. Sehingga sudah pasti bisa memberikan kekuatan dan perlindungan yang lebih. Bahkan kekuatannya sangat tinggi dan mampu bertahan dalam kondisi apapun. Mulai dari cuaca dingin sampai cuaca yang sangat panas.

  1. Atap Multiroof Galvalume Steel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *