Bahan Mentah Untuk Membangun Rumah

Posted on

Bahan Mentah Untuk Bangun Rumah – Saat membangun sebuah rumah tentu hal yang penting untuk diperhatikan adalah dana yang harus dikeluarkan. Selain itu, Anda juga harus menyiapkan beberapa macam bahan bangunan yang ingin digunakan untuk mewujudkan keinginan.



Dalam hal iniAnda harus bisa mengetahui jenis-jenis bahan bangunan yang biasa dibutuhkan dalam melakukan pembangunan, sehingga nantinya Anda bisa memilih material yang berkualitas dan sesuai dengan badget yang Anda miliki.

Baca juga: Harga Borongan Rumah 2 Lantai

Bahan Mentah untuk Pembangunan Rumah

Berikut ini adalah beberapa bahan material yang harus Anda persiapkan dalam pembangunan rumah:

  1. Batu Bata

Batu bata merupakan salah satu bahan bangunan yang biasa digunakan dalam pembuatan dinding, pagar, dan lainnya. Ada banyak sekali jenis batu bata yang dapat digunakan, yaitu batu bata merah, batu bata batako, batu bata hebel, batu bata berlubang, dan batu bata purpose made.



Cara memiliki batu bata yang tepat untuk pasangan dinding adalah dengan memperhatikan masalah ukuran dan bentuk bata merah yang mempunyai prisma segi empat, warna yang rata, mampu menyerap air, tidak mudah hancur, dan mempunyai suara benturan yang gemerincing.

Batu bata banyak digunakan sebagai salah satu bahan bangunan di rumah minimalis yang dimana penggunaannya tanpa perlu dilapisi leh semen kembali. Sehingga hal ini bisa dijadikan sebagai ide desain yang menarik untuk tampilan rumah yang memiliki kesan vintage. Harga batu bata adalah sekitar Rp 700 sampai 1.000 per biji. Harganya tergantung dari kualitas dan jenis batu bata yang dibeli.

  1. Semen

Semen adalah sebuah zat yang memiliki fungi sebagai perekat beberapa bahan material seperti batu, bata, batak maupun bahan bangunan yang lainnya. Semen dibuat dari campuran antara bahan pozzolan dan kapur pada dengan melalui proses pemanasan. Material ini sangat dibutuhkan dalam pembuatan pondasi dinding rumah, beton, plesteran dinding, dan lain sebagainya.



Cara memilih semen berkualitas adalah mempertimbangkan masalah warna dan tekstur semen. Semen yang bagus biasanya mempunyai tekstur yang langsung terurai dan tidak akan menggumpal ketika dipegang. Sedangkan untuk pencampuran semen, dibutuhkan perbandingan yang tepat antara semen dengan air agar bisa merekat dengan baik. Kisaran harga bahan bangunan semen untuk per 50 kg di pasaran mulai dari Rp 50.000 sampai dengan Rp 70.000 tergantung dari merk dan kualitas semen itu sendiri.

Baca juga: Pondasi Rumah 2 Lantai Dan Contoh RAB

  1. Pasir

Pasir merupakan bahan bangunan yang juga memiliki fungsi sebagai perekat bahan bangunan. Tektur yang dimiliki oleh pasir adalah berupa butiran. Beberapa contoh penggunaan material pasir adalah sebagai plesteran dinding, campuran dalam pembuatan batako, dan bahan campuran yang lainnya. Pasir yang bagus sebagai bahan bangunan biasanya mempunyai tekstur yang cukup kasar dan batuannya lebih besar.

Jenis-jenis pasir yang bisa dipilih dalam pembangunan rumah adalah pasir merah, pasir elod, pasir pasang, pasir beton, dan pasir sungai. Namun dari sekian banyaknya jenis pasir, yang lebih banyak dipilih karena kualitasnya adalah pasir merah dan pasir beton.

Bahan bangunan pasir ini biasanya dijual sekitar Rp 270.000 per meter kubik. Anda bisa membelinya dengan mudah di beberapa toko bahan bangunan atau bisa juga secara online.

  1. Besi Beton



Bahan bangunan besi beton memiliki fungsi sebagai rangka dari konstruksi rumah yang umumnya memiliki ukuran mulai dari 10 mm sampai dengan 12 mm. Besi beton atau yang biasa disebut dengan beton bertulang ini memiliki kandungan beberapa bahan kimia seperti carbon, sulphur, phosphorus dan biji besi.

edangkan jenis-jenis beton yang biasa digunakan adalah besi beton ulir, besi beton polos, besi hollow, besi siku, besi wide flange (WF) dan besi h-beam. Sat membeli besi beton berkualitas Anda harus mempertimbangkan masalah jenis besi beton dan harus sesuai dengan kebutuhan bangunan.

Selain itu, besi beton yang dipilih harus sesuai dengan standar SNI, tidak mengandung lipatan, retakan, gelombang, ataupun serpihan. Besi beton dengan ukuran 6 mm TARIK biasanya dijual dsekitar Rp 42.000 hingga besi beton 10 IBD SNI untuk ukuran 9,8 MM Rp 650.000. Sedangkan untuk besi beton 16 TJ SNI polos dengan ukuran 15,5 mm biasanya dijual sekitar Rp 155.000.

  1. Kayu

Bahan bangunan penting yang harus digunakan dalam pembangunan rumah adalah kayu. Kayu biasa digunakan untuk membuat berbagai macam jenis bahan bangunan seperti pintu, jendela, rangka atap, dan lainnya. Material ini pun terbagi dalam beberapa jenis seperti kayu jati, kayu kamper, kayu merbau, kayu kelapa, kayu bangkirai, dan kayu meranti merah.

Keunggulan kayu jika dijadikan sebagai bahan mentah dalam pembangunan ada pada tekturnya yang mudah untuk dipaku, dibaut, dan direkatkan.  Kayu juga sangat awet, mampu tahan lama, harga yang murah, kedap suara, dan mempunyai daya tahan yang baik terhadap listrik.

Harga material yang satu ini cukup bervariasi karena disesuaikan dengan ukuran dan jenis yang dipilih. Untuk kayu meranti dengan ukuran 2 x 3 dijual dengan Rp 14.000, ukuran 5 x 10 sekitar Rp 70.500, dan ukuran ukuran 8 x 12 sekitar Rp 130.500. Sedangkan harga kayu borneo ukuran 2 x 3 adalah sekitar Rp 14.00 dan ukuran 3 x 4 dijual dengan harga Rp 16.500.

Baca juga: Berat Jenis Bahan Bangunan

  1. Genteng

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *