Bahan Spandek Kain Rayon, Katun, Lycra, Dll

Posted on

Bahan Spandek Kain Rayon, Katun, Lycra, Dll – Salah satu jenis bahan kain yang sedang populer di kalangan wanita belakangan ini adalah spandek. Hal ini karena spandek memiliki banyak keunggulan jika dibandingkan dengan bahan lainnya. Selain itu, bahan kain ini juga terbagi dalam beberapa jenis dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing.



Sebelum memutuskan untuk menggunakan bahan yang satu ini, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu mengenai jenis-jenisnya yang akan kami bahas berikut ini. Namun sebelum itu kami akan membahas mengenai pengertian bahan spandek. Lebih jelasnya silahkan simak pembahasan di bawah ini.

Baca juga: Cara Menghitung Kebutuhan Atap Spandek

Mengenal Bahan Kain Spandek

Spandek merupakan salah satu jenis bahan dasar pakaian yang dibuat dari serat sitetis 100%. Jenis bahan kain yang satu ini memiliki karakteristik melar atau elastis sehingga biasa disebut denga elastae. Sedangkan material dasarnya yaitu polymer yang sudah pasti memiliki kandungan polyurethane sehingga sangat lentur. Kain ini sebenarnya dibuat secara khusus sebagai pengganti karet yang merupakan bahan dasar pakaian.

Serat kain yang ada pada spandek terdiri dari kumpulan banyak benang polimer. Benang ini mempunyai dua macam segmen, yakni segmen pendek dan panjang. Sifat segmen pendek adalah kaku dan memiliki peran sebagai penghubung antara satu benang dengan benang yang lainnya. Sementara segmen panjang berperan supaya spandek mempunyai sifat elastis.

Karakteristik Bahan Kain Spandek

  • Memiliki sifat kain yang cukup tipis tetapi lebih awet dibandingkan bahan katun biasa.
  • Beberapa jenis kain spandek akan tampak seperti berkilau.
  • Memiliki sifat elastisitas yang tinggi atau sifat bahannya melar.
  • Sangat nyaman saat dikenakan.
  • Bahannya cenderung menempel pada tubuh dan membentuk tubuh penggunanya.
  • Apabila kain spandek direnggangkan, kain akan mudah kembali ke bentuk semula.
  • Kainnya cenderung terasa lebih ketat dan cukup panas (bergantung dari kadar polyurethane).
  • Nyaman saat dikenakan dan tidak membatasi gerak pemakainya.

Baca juga: Harga Atap Spandek Per Lembar

Jenis-Jenis Bahan Spandek

Ada banyak sekali jenis-jenis bahan kain spandek yang bisa ditemukan dengan mudah di pasaran, yaitu:



  1. Spandek Rayon

Spandek rayon merupakan kombinasi dari serat spadek (elastane) dan rayon. Karakteristik yang dimiliki hampir sama dengan katun, namun spandek rayon jauh lebih lembut. Spandek ini juga melar, tidak mengkilat, halus, dapat menyerap keringat dan bahannya adem.

Spandek rayon juga terdiri dari dua jenis, yaitu semi rayon dan rayon super. Untuk semi rayon mempunyai kadar campuran spandek yang lebih banyak sehingga lebih melar daripada rayon biasa. Sedangkan spandek rayon super mempunyai tekstur yang lebih halus.

  1. Spandek Katun



Spandek katun merupakan kombinasi dari serat sintetis elastane dan katun (cotton). Kombinasi tersebut menghasilkan sebuah kain dengan banyak keunggulan seperti lembut, adem, elastis dan mempunyai daya tahan kain yang cukup bagus.

Spandek katun atau yang lebih dikenal dengan sebutan cotton spandek ini biasa digunakan sebagai bahan dasar dalam pembuatan pakaian wanita seperti tank top, legging, dan lain sebagainya.

  1. Spandek Nylon

Spandek nylon biasa digunakan untuk kebutuhan seragam dan pakaian olahraga seperti baju renang, baju atlet, dan lainnya. Kain ini memiliki karakteristik yang sangat lembut, rigan, melar, dan nyaman ketika digunakan. Selain untuk baju atlet, spandek nylon juga sering digunakan untuk pakaian wanita yang cukup ketat seperti baju, tank top, bra, dan sejenisnya.

  1. Strech Denim

Strech denim merupakan kombinasi dari spandek yang biasa digunakan oleh para desain sebagai bahan dasar busana, terutama celana. Bahan ini sering disebut sebagai jeans stretch karena mempunyai tampilan visual dan karakteristik yang sama seperti celana jeans. Biasanya digunakan untuk busana wanita seperti celana ketat ataupun legging.



Baca juga: Harga Sprei Berbagai Merk Yang Laris Di Pasaran

  1. Spandek Polyester (PE)

Spandek polyester merupakan kombinasi dari serat elastane dan serat polyester. Kombinasi tersebut menghasilkan kain yang mirip seperti katun namun lebih tepis. Biasanya digunakan untuk pembuatan tank top, legging, dan juga dress.

  1. Spandek Korea (ITY)

Spandek korea atau ITY (Interlocked Twisted Yarn) ini mempunyai karakteristik yang sangat lembut, melar, dan halus. Namun memiliki bobot yang lebih berat daipada spandek rayon ataupun spandek jersey. Tersedia juga variasi lain yaitu spandek wood korea.

  1. Spandek Jersey

Spandek jersey dibuat dari kombinasi serat elastane, serat rayon dan serat dari bambu. Sedangkan kelebihannya yaitu mempunyai daya elastisitas yang tinggi, dapat menyerap keringat, tebal, adem, bahan halus, dan sifat kainnya jatuh.

  1. Spandek Balon

Bahan kain ini adalah kombinasi dari serat sintetis elastine dan serat polyester. Karakteristik yang dimilikinya yaitu lentur, ringan dan terlihat mengkilap. Selain itu, mempunyai daya tahan yang sangat kuat dan tidak mudah rusak.

  1. Spandek Sutra (Silk)

Spandek sutra dibuat dari kombinasi antara serat sintetis elastane dan sutra (sutera). Kombinasi tersebut menghasilkan sebuah kain yang memiliki elastisitas tinggi, sejuk, mengkilap, tebal, ringan, dan daya tahannya tinggi.

Baca juga: Rumus Menghitung Tinggi Atap Rumah

Kelebihan dan Kekurangan Bahan Spandek

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *