Penjelasan Bored Pile vs Tiang Pancang

Posted on

Perbandingan Pondasi Bored Pile vs Tiang Pancang – Pondasi menjadi elemen penting dalam konstruksi bangunan karena memiliki fungsi sebagai penahan beban yang ada di seluruh bagian bangunan. Sehingga dalam pemilihan jenis dan pembuatan pondasi tidak boleh dilakukan secara asal-asalan karena dapat mempengaruhi kualitas bangunan.



Pondasi secara umum terbagi dalam dua kelompok, yaitu pondasi dalam dan dangkal yang bisa disesuaikan dengan jenis bangunan ataupun lingkungannya. Adapun salah satu jenis pondasi dalam yang paling banyak digunakan adalah bored pile. Pondasi ini sangat cocok digunakan untuk konstruksi yang berada di kawasan sempit dan dibangun di antara beberapa bangunan yang berdiri kokoh.

Baca juga: Ukuran Dan Cara Pemasangan Spun Pile

Pengertian Pondasi Bored Pile

Bored pile atau bore pile merupakan salah satu jenis alternatif pondasi yang biasa digunakan dalam proses pengerjaan pembuatan pondasi bangunan jika tidak memungkinkan untuk mengunakan pondasi tiang pancng karena lokasi yang sempit atau kondisi lain yang bisa mempengaruhi pengerjaan proyek bangunan.

Jenis pondasi yang satu ini pada umumnya akan menggunakan alat bor sebagai langkah awal dalam pembuatannya. Namun bor yang digunakan memiliki ukuran kecil dan dalam sehingga dapat menembus tanah tanpa menyebabkan ambruk.



Sedangkan jarak area yang di bor sangat dalam sampai mencapai bebatuan dalam tanah yang sangat keras. Jika sudah mencapai area yang diinginkan, maka bagian lubangnya bisa langsung dimasukkan dengan tulang besi dan kemudian dicor dengan beton.

Baca juga: Perhitungan Dinding Penahan Tanah Dan Contoh Soal

Fungsi Pondasi Bored Pile

Pondasi bore pile digunakan jika tanah dasar yang berada di bawah bangunan tidak memiliki daya dukung yang cukup kuat untuk menahan berat bangunan. Fungsi pondasi bore pile bisa dibilang tidak berbeda jauh dengan  pondasi tiang pancang. Hanya saja memiliki sedikit perbedaan yang terletak dalam proses pengerjaannya.

Dalam proses pengerjaan pondasi bore pile dimulai dengan cara melubangi tanah sampai mencapai kedalaman yang telah ditentukan. Jika sudah maka bisa dilanjutkan dengan memasang tulangan besi dan pengecoran beton.

Jenis Pondasi Bored Pile



  • Bore pile lurus untuk tanah keras
  • Bore pile yang ujungnya diperbesar dengan bentuk bel
  • Bore pile yang ujungnya diperbesar dengan bentuk trapesium
  • Bore pile lurus untuk tanah berbatu

Baca juga: Jenis Pondasi Tiang Pancang Berbagai Ukuran

Berdasarkan Alat dan Metode Kerjanya

Jika dilihat berdasarkan alat dan metode kerja yang diterapkan, pondasi bore pile dapat dibedakan lagi menjadi beberapa jenis, yaitu:

  1. Strauss Pile (Bored Pile Manual)

Berbeda dengan pondasi bore pile pada umumnya, proses kerja pondasi ini dilakukan secara manual. Sehingga akan membutuhkan tukang dalam jumlah yang lebih banyak untuk pengeboran tanah. Hal ini karena tanah yang ingin di bor masih dalam kondisi kering.

Leave a Reply

Your email address will not be published.