Penjelasan Bored Pile vs Tiang Pancang

Posted on

Bored pile atau bore pile merupakan salah satu jenis alternatif pondasi yang biasa digunakan dalam proses pengerjaan pembuatan pondasi bangunan jika tidak memungkinkan untuk mengunakan pondasi tiang pancng karena lokasi yang sempit atau kondisi lain yang bisa mempengaruhi pengerjaan proyek bangunan.



Jenis pondasi yang satu ini pada umumnya akan menggunakan alat bor sebagai langkah awal dalam pembuatannya. Namun bor yang digunakan memiliki ukuran kecil dan dalam sehingga dapat menembus tanah tanpa menyebabkan ambruk.

Sedangkan jarak area yang di bor sangat dalam sampai mencapai bebatuan dalam tanah yang sangat keras. Jika sudah mencapai area yang diinginkan, maka bagian lubangnya bisa langsung dimasukkan dengan tulang besi dan kemudian dicor dengan beton.

Baca juga: Perhitungan Dinding Penahan Tanah Dan Contoh Soal

Fungsi Pondasi Bored Pile

Pondasi bore pile digunakan jika tanah dasar yang berada di bawah bangunan tidak memiliki daya dukung yang cukup kuat untuk menahan berat bangunan. Fungsi pondasi bore pile bisa dibilang tidak berbeda jauh dengan  pondasi tiang pancang. Hanya saja memiliki sedikit perbedaan yang terletak dalam proses pengerjaannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *