Pengertian, Fungsi Dan Pemasangan Bowplank

Posted on

Pengertian, Fungsi Dan Pemasangan Bowplank – Saat membangun konstruksi rumah, maka yang harus dibuat pertama kali adalah pondasi. Pondasi dalam konstruksi bangunan memiliki fungsi utama untuk menahan seluruh beban yang ada di atasnya.



Sebelum melakukan pekerjaan penggalian tanah dalam pembuatan pondasi, tukang harus membuat dan memasang papan bouwplank terlebih dahulu. Papan ini akan dijadikan sebagai pembatas yang bisa menentukan area kerja dalam pekerjaan konstruksi bangunan.

Pemasangan bouwplank bersifat sementara, sehingga bahan yang biasa digunakan dalam pembuatannya sangat murah seperti kayu yang sudah pasti memiliki kualitas rendah. Bouwplank menjadi bagian yang sangat penting dalam suatu proyek dan bahkan menjadi kunci keberhasilan dalam pembangunan.  Bouwplank juga akan mengatur tata letak tahapan pekerjaan yang berikutnya. Jika pengukuran bouwplank salah atau keliru maka akan sangat berakibat fatal pada konstruksi.

Oleh sebab, penting sekali untuk mengetahui cara pemasangan bouwplank. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai bouwplank secara lengkap. Lebih jelasnya silahkan langsung saja simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

Baca juga: Cara Mengukur Luas Tanah Dengan Benar

Pengertian Bouwplank



Bouwplank merupakan patok atau papan lurus sementara yang dibuat dari kayu untuk dipasang di semua sudut atau keliling lahan yang akan didirikan konstruksi bangunan. Bouwplank biasanya dipaku pada papan kayu dengan jarak sekitar 1 meter dari konstruksi bangunan yang ingin dibangun.

Bouwplank memiliki tinggi kurang lebih 0,5 meter di atas titik tertinggi bangunan yang sedangkan dikerjakan. Istilah bouwplank lainnya yang dikenal oleh masyarakat luas adalah bowplank atau boplang.

Peletakkan bouwplank memang harus dilakukan secara teliti dan sesuai dengan gambar kerja. Jika terjadi perbedaan dengan kondisi di lapangan maka pelaksana diharuskan untuk langsung melapor kepada direksi atau kepala proyek sehingga bisa melakukan penyesuaian.

Baca juga: Penjelasan Pondasi Setempat

Tujuan dan Fungsi Pemasangan Bouwplank



Pembuatan bouwplank memiliki tujuan untuk dijadikan sebagai sebuah tanda bentuk dan ukuran bangunan yang sedang dikerjakan. Keberadaan bouwplank akan memudahkan kita dalam melihat letak pondasi.

Selain itu, bouwplank juga berfungsi untuk memastikan supaya letak bangunan dan ukuran-ukuran bangunan, khususnya pondasi sejajar, serasi dan tepat dengan apa yang sudah direncanakan sebelumnya. Jadi jika misalnya penopang atap konstruksi bangunan yang didirikan menggunakan baja ringan maka ukurannya bisa sesuai.

Sedangkan fungsi bouwplank adalah sebagai berikut:

  • Dijadikan sebagai dasar dalam menentukan ukuran tinggi, level, dan peil penentuan ketinggian lantai bangunan dari bagian permukaan jalan.
  • Dijadikan sebagai acuan dalam memasang dinding batu batu, kolom, dan pondasi.
  • Dijadikan sebagai acuan dalam menentukan titik-titik garis tengah (As) bangunan yang digunakan untuk menentukan arah pondasi bangunan.

Baca juga: Cara Menghitung Volume Galian Dan Timbunan Jalan

Syarat-syarat Pemasangan Bouwplank

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *