Harga Box Culvert Lengkap Berbagai Ukuran


Box Culvert –  Beton precast atau yang biasa disebut sebagai beton pracetak merupakan salah satu jenis bahan material konstruksi yang paling diminati sekarang ini dan sering digunakan karena memiliki banyak sekali kelebihan.



Sekarang ini beton precast sudah tersedia dalam berbagai macam bentuk dan jenis. Hal ini tentu akan memudahkan kita dalam memilih beton precast sesuai dengan kebutuhan dan pastinya akan lebih efisien dalam proses pembangunan.

box culvert

Salah satu jenis beton precast yang paling banyak digunakan sekarang ini adalah box culvert dalam pembangunan gorong-gorong. Banyak sekali keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika menggunakan bahan material box culvert untuk proses pengerjaan gorong-gorong atau pekerjaan konstruksi lainnya.

Pengertian Box Culvert

Pengertian Box Culvert

Box culvert merupakan salah satu jenis beton pracetak yang banyak digunakan dalam konstruksi pembangunan air dan biasa disebut dengan gorong-gorong beton. Sesuai namanya yaitu culvert, beton pracetak ini memiliki bentuk persegi atau kotak dengan ukuran yang sebelumnya sudah ditentukan.



Seiring dengan berjalannya waktu, box culver tidak hanya memiliki bentuk persegi saja tetapi ada yang bentuk trapesium hingga berbentuk bulat. Hal ini biasanya disesuaikan dengan kebutuhan pembangunan di lapangan. Ada banyak ukuran serta dimensi yang telah menjadi standar pabrik dengan menyesuaikan perkiraan debit air yang mengalir.

Bahan dasar yang digunakan untuk pembuatan box culvert adalah klorida atau pvc, baja, semen, polyvinyl, pasir, dan ada beberapa bahan tambahan yang lainnya yang sering dimanfaatkan dalam pembuatan bentuk.

Box culvert memiliki bentuk persegi dengan sambungan pada setiap sisi yang memiliki tujuan supaya bisa dipasangkan dengan box culvert yang lainnya. Sambungan tersebut disebut dengan sambungan socket dan spigot yang mempunyai bentuk mirip dengan pipa. Kedua sambungan tersebut memiliki sifat kedap air sehingga akan sangat cocok sekali apabila digunakan untuk konstruksi saluran air.

Baca juga: Harga Buis Beton

Proses pemasangan box culvert bisa dibilang jauh lebih mudah daripada beton cor yang dibuat langsung di lokasi konstruksi. Hal utama yang harus ditentukan terlebih dahulu adalah menyesuaikan ukuran lahan yang perlu digali sesuai dengan kebutuhan serta melakukan pelapisan tanah dengan material yang memiliki sifat tidak terlalu kasar.



Hal tersebut memang penting untuk dilakukan karena memiliki tujuan supaya box culvert terhindari dari kerusakan serta menghindari pergeseran tanah yang bisa saja terjadi ketika proses pemasangan. Langkah berikutnya adalah melakukan pemasangan box culver di lahan yang sudah dilapisi dengan berbentuk baris yang rapi seperti halnya boxnya.

Pemasangan beton coolpad dengan menggunakan bantuan alat berat harus dilakukan dengan sangat hati-hati dan disesuaikan oleh ketinggian kelurusan sampai dengan kemiringannya. Apabila cover telah terpasang maka proses konstruksi berikutnya adalah dengan menyambungkan antara box kemudian permukaannya kembali.

Fungsi dan Manfaat Box Culvert

Ada banyak sekali fungsi yang dimiliki oleh box culvert. Berikut ini adalah penjelasan mengenai manfaat serta fungsi penggunaan box culvert pada sebuah proyek:

  • Mempercepat Proses Konstruksi

fungsi box culvert

Setiap pengerjaan suatu konstruksi diharapkan bisa tepat waktu dengan tujuan agar fasilitas bisa segera digunakan. Dengan penggunakan box culvert dapat dipastikan bahwa proses pengerjaan konstruksi bisa berjalan dengan cepat, mudah, dan efisien.

Proses pembangunan sudah tidak perlu menyiapkan beton sendiri karena sekarang ini telah tersedia beton siap pakai. Pemasangan box culvert memang tidak terlalu sulit. Proses kontruksi yang berjalan dengan lancar dan cepat tentunya tidak akan menganggu kondisi lingkungan sekitar terutama jika pengerjaan konstruksi dekat dengan area pemukiman warga.



  • Sebagai Material Konstruksi Bawah Tanah

Box Culvert Sebagai Material Konstruksi Bawah Tanah

Fungsi utama yang dimiliki oleh box culvert adalah sebagai material konstruksi. Box culvert biasa digunakan sebagai pondasi jembatan, terowongan dan gorong-gorong yang pendek. Dilihat dari tujuannya, box culvert sering difungsikan sebagai konstruksi bawah tanah. Penggunaan box culvert menjadi konstruksi bawah tanah memang banyak digunakan karena material ini mempunyai kekuatan yang cukup baik dalam menahan beban yang berada di bagian atasnya.

  • Sebagai drainase

Box Culvert Sebagai drainase

Box culver juga sering digunakan sebagai saluran drainase. Hal ini karena box culvert memiliki sifat kedap air tanah.  Sifat yang dimilikinya tersebut sudah pasti akan selalu menjaga keawetan dari saluran drainase sehingga nantinya tidak akan sering dilakukan renovasi.

Disamping itu, box culvert mempunyai sambungan pada bagian ujungnya. Sambungan ini sangat kuat dalam menjaga supaya box culvert bisa tetap menyatu pada bagian sisinya sehingga tidak akan pernah terpengaruh oleh pergeseran tanah.

Untuk masalah ukuran material box culvert yang digunakan sebagai sistem drainase disesuaikan dengan ukuran saluran air dan juga debit air yang akan melalui material box culvert tersebut.

Kelebihan Box Culvert

Kelebihan Box Culvert

Seperti yang sudah kami jelaskan diatas bahwa penggunaan box culvert tidak akan membutuhkan banyak waktu ketika memasangnya. Pekerjaan yang dilakukan di lapangan hanya melakukan penggalian tanah serta pengerjaan lantai kerja, dimana dalam proses pengerjaan tidak akan overlapping dengan perkerjaan struktur pracetak yang bisa dilakukan pada lokasi yang tertentu.

Hal ini tentu akan jauh lebih singkat jika kita bandingkan dengan proses konstruksi konvensional. Proses pengerjaan konstruksi dengan box culvert bisa diselesaikan dalam kurun waktu yang cukup singkat. Secara umum, box culvert memang banyak digunakan karena memiliki beberapa keunggulan seperti:



Leave a Comment