Cara Membuat Kurva S Di Excel Yang Benar

Posted on

Cara Membuat Kurva S – Dalam mengerjakan proyek konstruksi, seorang kontraktor diharuskan untuk membuat sebuah perencanaan terkait waktu dan biaya yang dibutuhkan selama melakukan pekerjaan.



Salah satu perencanaan waktu yang bisa dibuat oleh seorang kontraktor untuk menjadi alat bantu jadwal pelaksanaan adalah kurva S.

Cara Membuat Kurva S

Kurva S ini nantinya dapat digunakan sebagai indikator terlambat atau tidaknya sebuah proyek pekerjaan. Perencaan dengan melalui pembuatan jadwal pelaksanaan proyek kontruksi memiliki kegunaan sebagai alat kontrol dalam pengerjaan proyek di lapangan.

Hal ini bertujuan untuk dapat mempermudah dalam pengawasan serta pengaturan tenaga kerja di lapangan, terutama dalam hal pengawasan serta produktivitas tenaga kerja.

Pengertian Kurva S

Pengertian kurva S sendiri merupakan suatu jadwal pelaksanaan yang umumnya disajikan dalam bentuk tabel serta bagan yang mirip dengan huruf S. Hampir semua proyek, baik itu pemerintah ataupun swasta, sudah lama menggunakan kurva S sebagai metode perencaan dan kendali waktu dalam monitoring pelaksanan suatu proyek.

Kurva S digunakan untuk pengendalian pengerjaan proyek dengan menggunakan kombinasi grafik hubungan waktu dalam pengerjaan proyek yang memiliki bentuk “S” dan tonggak kemajuan (milestone).

Kurva S memang sangat cocok digunakan oleh seorang kontraktor untuk menjadi laporan proyek bulanan yang tengah berlangsung kepada pimpinan proyek ataupun pimpinan perusahan. Hal ini karena kurva S bisa menunjukkan secara jelas kemajuan proyek dalam bentuk yang sudah pasti sangat mudah untuk dipahami.

Baca Juga: Harga Bata Hebel

Manfaat Kurva S Dalam Proyek Konstruksi

Manfaat atau Kegunaan Kurva S Dalam Proyek Konstruksi

Leave a Reply

Your email address will not be published.