Cara Membuat Sumur Bor Dan Mencari Sumber Air

Posted on

Jika sudah maka bisa langsung dilanjutkan dengan melihat kondisi yang tepat. Tanah yang ingin dibuat sumur pastinya tidak memiliki kandungan lumpur yang terlalu banyak karenabisa membuat air menjadi keruh.



Disamping itu, jika pembuatan sumur bor dilakukan di tanah padas maka Anda akan membutuhkan galian yang semakin dalam. Hal ini karena tanah padas mempunyai sifat yang keras jika dibandingkan dengan tanah liat. Meskipun demikian, kualitas air yang dihasilkan cukup baik.

  1. Jangan Membuat Pada Musim Hujan

Sebagian orang beranggapan bahwa pembuatan sumur yang dilakukan saat musim hujan akan jauh lebih baik karena curah air hujan yang melimpah. Anggapan seperti ini memang tidak salah, tetapi pembuatan sumur saat musim hujan akan membuat Anda tidak mampu menggali lebih dalam.  Hal ini karena tingkat kedalaman yang cukup dangkal masih belum bisa mencapai titik sumber air yang utama.

Maka dari itu, sangat disarankan untuk memulai penggalian sumur ketika musim kemarau. Tujuannya supaya mampu mencapai sumber air dan bisa menampung air yang lebih banyak saat musim hujan tiba.

  1. Menentukan Kedalaman Sumur

Menentukan kedalaman sumur menjadi hal penting yang harus diperhatikan untuk mendapatkan sumber mata air terbaik. Jika proyek dilakukan oleh jasa gali sumur, para tukang biasanya akan membawa pipa yang memiliki ukuran sekitar 600 cm.

Sedangkan untuk masalah teknik pengerjaannya, Anda akan membutuhkan keratan-keratan yang memiliki panjang sekitar 2 meter yang dipasang secara berjajar. Fungsinya adalah supaya air nantinya bisa cepat masuk ke dalam pipa atau lubang air.

Leave a Reply

Your email address will not be published.