Cara Membuat Sumur Bor Dan Mencari Sumber Air

Posted on

Tetapi ketika musim penghujan tiba, air akan menjadi sangat keruh. Kedalaman sumur yang paling ideal adalah sekitar 17 meter sampai dengan 20 meter. Ini memang hanya bisa dilakukan ketika musim kemarau.



  1. Memilih Pipa PVC yang Pas

Sebelum memulai memasang rangka paralon, Anda juga harus memilih pipa PVC yang ingin digunakan. Ada banyak sekali jenis pipa PVC yang harus dipertimbangkan. Namun usahakan untuk menggunakan pipa hisap. Sehingga Anda perlu menyipakan pipa dengan ukuran panjang 3,5 meter dan diameternya sekitar 1 inci.

Untuk penggunaan pipa luarnya, Anda bisa menggunakan pipa luar yang memiliki ukuran 2 inci. Pilihlah pipa yang memiliki kualitas terbaik supaya tidak bisa diganti. Dalam hal ini, Anda harus memiliki pipa yang memiliki ukuran cukup tebal agar tidak mudah jebol ataupun bocor ketika digunakan. Terlebih jika digunakan untuk memompa debit air dalam jumlah yang sangat tinggi. Jika tidak kuat maka pipa akan menjadi jebol dan bahkan patah.

  1. Pengujian untuk Mengetahui Kualitas Air Sumur

Langkah yang terakhir adalah dengan mengecek kualitas air yang ada. Hal ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan air tersebut. Usahakan untuk tidak menggunakan pompa air ataupun paralon yang baru jika air masih dalam kondisi keruh.

Kondisi air yang keruh sepertiini tentu akan membawa pasir dan lumpur. Kedua material ini nantinya dapat mengendap di bagian dalam pipa paralon. Jika dibiarkan begitu saja maka pipa akan tersumbat oleh kotoran. Kemudian, saat didorong oleh air dari bawah jika tidak dapat menahan akan membuat pipa menjadi jebol. Apalagi jika pipa tersebut memiliki diameter yang kecil dan tidak begitu tebal.

Baca juga: Cara Membuat Saringan Air Dari Pipa

Cara Mencari Sumber Air

Untuk melengkapi pembahasan kali ini, kami juga akan menjelaskan mengenai cara mencari sumber air untuk sumber bor. Berikut ini adalah cara tradisional yang bisa dicoba:

Sumber air tanah dipengaruhi letak geografis. source: environment canada

Cara Tradisional

Mencari Titik-Titik Sumber Mata Air dengan Tempurung Kelapa

Leave a Reply

Your email address will not be published.