Cara Menghitung Jumlah Anak Tangga Yang Benar

Posted on

Cara Menghitung Kemiringan Tangga – Tangga adalah komponen bangunan bertingkat yang memiliki peran sangat penting karena berfungsi sebagai penghubung antarlantai. Keberadaan tangga bisa mempengaruhi desain suatu bangunan secara menyeluruh.



Maka dari itu, pembuatan tangga yang baik harus mempertimbangkan aspek kenyamanan, keamanan, dan nilai estetikanya.

Perhitungan Jumlah Anak Tangga

Sebelum membangun tangga, penting sekali untuk memperhatikan jumlah anak tangga yang akan menyusunnya. Sementara untuk perhitungan jumlah anak tangga ini juga harus disesuaikan dengan ukuran tinggi dan lebarnya.

Hal ini untuk menghindari bentuk tangga yang terlalu landai karena bisa membuat jarak tempuh lebih panjang, atau justru sangat curam sehingga dapat membahayakan para pengguna dan menguras banya tenaga untuk menaikinya.

Nah, pada artikel ini kami akan menjelaskan mengenai cara menghitung anak tangga yang benar lengkap sekaligus bagian-bagian dan fungsi tangga supaya nantinya Anda bisa membuat tangga dengan benar. Mari langsung saja simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Bagian-Bagian Tangga

Sebuah tangga rumah terdiri dari beberapa bagian penting. Semua bagian tersebut menjadi satu kesatuan dan setiap bagian mempunyai peranan yang berbeda-beda. Adapun beberapa bagian tangga dan fungsinya adalah sebagai berikut:

Bagian-Bagian Tangga

  1. Ibu Tangga

Ibu tangga adalah bagian dari tangga yang berfungsi sebagai penopang dari anak tangga. Oleh karena itulah bagian ibu tangga ini menjadi kekuatan paling utama dari konstruksi tangga. Ibu tangga umumnya berada di bagian tengah ataupun tepi anak tangga.

  1. Anak Tangga

Selain ibu tangga, ada juga istilah anak tangga, yaitu merupakan bagian dari sebuah tangga yang memiliki fungsi sebagai pijakan pada saat ingin menuju lantai berikutnya. Ibu tangga ataupun anak tangga biasanya dibuat dari bahan dasar kayu, baja, besi dan beton.

Leave a Reply

Your email address will not be published.