Cara Menghitung Jumlah Kebutuhan Batu Bata

Posted on

Cara Menghitung Kebutuhan Batu Bata –  Batu bata adalah bahan material bangunan yang memiliki fungsi sebagai bahan dasar pembuat dinding sebuah bangunan. Jenis bahan material bangunan ini dibuat dari bahan dasar tanah liat yang kemudian dibakar dengan derajat yang cukup tinggi sampai menjadi kering, mengeras, dan berubah warna menjadi kemerahan.



Di Indonesia sendiri, batu bata menjadi bahan bangunan yang umum digunakan dalam pembangunan rumah. Hal ini karena harganya yang bisa dibilang cukup ekonomis. Selain itu, batu bata juga sangat mudah untuk didapatkan karena geografi Indonesia yang memang kaya akan bahan dasar pembuat utama salah satu bahan material bangunan ini.

Cara Menghitung Jumlah Kebutuhan Batu Bata

Nah, untuk dapat menghitung kebutuhan batu bata dalam membuat dinding sebuah bangunan, maka Anda harus memperhatikan SNI 2008 untuk proses pekerjaan dinding. Perlu Anda ketahui bahwa standarisasi tersebut umumnya digunakan untuk perhitungan RAB (Rencana Anggaran Biaya) sesuai dengan kebutuhan material bangunan. Ketentuan tersebut juga telah mengatur ukuran batu bata yang standar yaitu memiliki panjang 22 cm, tinggi 11 cm, dan lebar 5 cm.

Cara Menghitung Jumlah Kebutuhan Batu Bata

Selanjutnya kami akan membahas mengenai cara menghitung jumlah kebutuhan batu mata per meter persegi yang sudah pasti akan sangat berguna untuk Anda dalam menghitung kebutuhan batu bata merah pada bangunan yang sedang Anda kerjakan. Ada 3 cara yang bisa digunakan untuk menghitung kebutuhan batu bata merah per meter persegi yaitu:

Cara Menghitung Jumlah Kebutuhan Batu Bata



Perhitungan Sesuai Dengan SNI

Dalam ketentuan SNI 200 sudah dijelaskan bahwa pembangunan dinding pasangan satu bata yang baik akan membutuhkan sebanyak 140 buah / m2. Maksudnya adalah kebutuhan batu bata pada pembangunan dinding pasangan satu bata sama dengan 140 dikalikan dengan luas dinding secara menyeluruh.

Atau bisa juga dirumuskan sebagai berikut : Kebutuhan batu bata = 140 x Luas Dinding yang akan dibangun.

Sementara untuk pembangunan dinding pasangan setengah batu bata yang ideal akan membutuhkan 70 buah / m2. Atau bisa dikatakan bahwa kebutuhan batu bata dalam pembuatan dinding setengah batu bata sama deng 70 dikalikan dengan luas dinding yang telah direncanakan. Penulisan rumus matematikanya adalah sebagai berikut :  Kebutuhan batu bata = 70 x Luas Dinding yang akan dibangun.

Baca Juga: Harga Hebel Per Kubik

Perhitungan Praktek di Lapangan Secara langsung



Perhitungan jumlah kebutuhan batu bata dengan praktek secara langsung dilakukan dengan melalui beberapa tahap cara. Adapun langkah-langkah perhitungan praktek di lapangan secara langsung adalah sebagai berikut ini:

  1. Menentukan lokasi pemasangan batu bata.
  2. Pemasangan batu bata dengan spesi yang telah ditentukan. Pemasangan akan dilakukan dengan bentuk beraturan seperti bentuk persegi panjang supaya mudah untuk menghitung panjang dan tingginya.
  3. Pemasangan harus dilakukan seluas mungkin misalnya saja Anda upayakan seluas sekitar 10 m2.
  4. Jika pekerjaan pemasangan batu bata dirasa cukup maka selanjutnya lakukan pengukuran secara rinci (misalkan diperoleh luasan pasangan batu bata = 10,5 m2).
  5. Hitunglah jumlah batu bata secara rinci (misalkan saja diperoleh jumlah batu bata = 630 buah).
  6. Dengan data luasan serta jumlah batu bata maka sekarang Anda bisa menghitung jumlah kebutuhan per meter persegi menggunakan cara sebagai berikut :

Jumlah Batu Bata Per Meter Persegi = 630 buah : 10.5 m2 = 60 buah

Leave a Reply

Your email address will not be published.