Cara Menghitung Kebutuhan Rangka Plafon Hollow

Posted on

Menghitung Kebutuhan Rangka Plafon – Saat membangun sebuah rumah maka dibutuhkan perencanaan secara matang sejak dari awal. Dengan adanya perencanaan secara matang maka bisa membantu Anda untuk memperkirakan biaya yang harus dikeluarkan saat membangun rumah.



Salah satu elemen penting dalam suatu hunian adalah konstruksi pada langit-langit atau rangka plafon. Rangka yang digunakan untuk memasang plafon rumah sekarang ini sangat bermacam-macam, salah satunya adalah rangka besi hollow. Jika Anda ingin membuat konstruksi plafon dari rangka hollow, tentunya juga harus memperhitungkan kebutuhan materialnya.

Hal tersebut bertujuan untuk mengetahui jumlah kebutuhan materialnya. Selain itu, Anda juga bisa mempersiapkan budget yang harus dipersiapkan untuk membeli rangka plafon hollow. Maka dari itu, kami disini akan memberikan informasi mengenai cara menghitung kebutuhannya. Untuk lebih jelasnya silahkan simak pembahasan berikut ini.

Baca juga: Model Desain Plafon Gypsum

Menghitung Kebutuhan Rangka Plafon Hollow

Proses pemasangan rangka plafon hollow pada umumnya dilakukan dengan menggunakan sistem borongan. Alasannya tak lain karena harga borongan pasang plafon jauh lebih murah daripada sistem harian. Sedangkan cara menghitung kebutuhan rangka plafon hollow adalah sebagai berikut:

  1. Menghitung Volume Luas Ruangan



Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menghitung volume luas ruangan yang ingin dipasangi dengan plafon. Untuk mendapatkan hasil perhitungan secara akurat maka Anda bisa menggunakan meteran. Hal ini penting untuk diperhatikan, sebab jika dilakukan secara asal-asalan maka akan memberikan hasil yang kurang tepat.

  1. Rangka Hollow Dinding

Untuk di bagian dinding, panjangnya bisa ditambahkan sekitar 1 meter. Sebagai contoh, sebuah ruangan memiliki ukuran 3 m x 3 m.

Maka panjang kebutuhan rangka hollow adalah 3m + 1m = 4. Kelebihan panjang rangka hollow ini nantinya akan digunakan sebagai gantungan.



  1. Isian Rangka Hollow

Pada isian rangka hollow, perhitungannya adalah per 60 cm. Jadi karena ruangan yang ingin dijadikan sebagai contoh mempunyai ukuran panjang 3 meter, maka harus diubah terlebih dahulu ke dalam satuan cm yang kemudian dibagi dengan panjang per 60 cm. Sehingga secara sistematis akan menjadi 300 : 60 = 5 batang.

Untuk lebih jelasnya, silahkan simak cara perhitungannya di bawah ini:

Diketahui:

  • Hitungan cross : 4 cm x 4 cm x 3 meter x 2 batang
  • Ukuran plafon : 9 m2

Perhitungan:

  • Kebutuhan rangka hollow : 3 meter x 4 batang = 12 meter
  • Kebutuhan rangka hollow : 3 meter x 5 batang = 15 meter
  • Kebutuhan rangka hollow : 2 meter x 3 batang = 6 meter.
  • Kebutuhan rangka hollow : 15 m + 15 m + 6 m = 33 meter.

Berdasarkan hasil perhitungan tersebut, maka jumlah kebutuhan rangka hollow untuk rangka plafon di ruangan yang memiliki ukuran 3 meter x 3 meter adalah 33 meter atau 10 batang hollow.



  1. Menghitung Lis Profil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *