Rumus Dan Cara Menghitung Kubikasi Beton

Posted on

Rumus Dan Cara Menghitung Volume Beton – Konstruksi beton pada umumnya terbagi dalam beberapa macam bentuk seperti bentuk kubus, balok, segitiga dan lingkaran. Bahkan ada juga bangunan yang memiliki bentuk seperti trapesium.



Hal tersebut karena lokasi lahan sebagai tempat pembangunan tidak kotak sepenuhnya. Mungkin karena lebih lebar depan dibanding belakang, atau mungkin sebaliknya. Bisa jua sisi kiri lebih panjang daripada sisi kanan.

Sebenarnya ini merupakan sebuah rumus yang sudah pernah dipelajari ketika duduk di sekolah dasar. Jika Anda seorang pelajar mungkin cukup mudah untuk dilogiskan. Namun jika Anda merupakan orang dewasa yang sudah pasti sibuk dengan urusan pekerjaan, tentu sangat wajar jika lupa.

Baca juga: Metode Pelaksanaan Beton Pracetak

Rumus Cara Menghitung Kubikasi Beton

Beton adalah salah satu bahan bangunan yang populer di Indonesia, apalagi memiliki beberapa jenis seperti instan, pracetak dan prategang. Pada pembahasan ini kami akan menjelaskan bagaimana cara menghitung kubikasi beton secara lengkap dan jelas.

  1. Menghitung Volume Beton Plat Lantai

Perlu diketahui bahwa letak plat lantai sebenarnya tidak berada di atas tanah secara langsung, namun hanya sebagai pembatas antara tingkat satu dengan yang lainnya. Bahkan juga biasa disebut dengan konstruksi dak. Hal ini karena menggunakan beton sebagai materialnya karena memang dinilai jauh lebih kuat.

Untuk volume beton yang menggunakan satuan meter kubik sudah pasti bisa diandalkan kekuatannya. Sebagai contoh, panjang dari plat lantai adalah 9 m memiliki lebar 8 m dengan ketebalan 12 cm maka cara menghitungnya adalah sebagai berikut.

Rumus Volume = P x L x T

Keterangan:

  • P adalah Panjang
  • L adalah Lebar
  • T adalah Tinggi atau Tebal
Panjang 9m
Lebar 8m
Tebal 12cm = 0,12m
Volume beton  9 x 8 x 0,12 = 8,64 m3
  1. Menghitung Volume Balok Beton

Balok beton adalah sebuah komponen yang memiliki fungsi sebagai penyangga lantai bagian atas. Material yang satu ini mempunyai karakter yang sangat lentur. Salah satu kelebihan yang dimilikinya yaitu mampu mengatasi gaya geser ataupu jika teradi guncangan pada bangunan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.