Cara Membuat Laporan RAB Bangunan

Posted on

Cara Membuat RAB Bangunan – Sebagian besar orang lebih memilih untuk membangun rumah sendiri dibandingkan harus membeli rumah jadi. Hal ini sebenarnya tergantung dari selera dan kebutuhan masing-masing serta keinginan seseorang untuk mempunyai hunian yang terbaik dan layak untuk seluruh anggota keluarga.



Cara Membuat Laporan RAB Bangunan Rumah

Dalam membangun sebuah rumah dibutuhkan biaya yang cukup mahal. Jumlah biaya pembuatan, upah para pekerja, dan harga bangunan adalah biaya yang diharuskan ada dalam perhitungan. Pastinya seluruh jumlah biaya yang akan Anda keluarkan nantinya harus dicatata secara teliti pada anggaran membangun rumah. Ini bertujuan supaya biaya membangun rumah bisa ditekan secara efesien.  Hal seperti ini juga biasa disebut sebagai RAB atau Rencana Anggaran Biaya Bangunan Rumah.

Pengertian RAB (Rencana Anggaran Biaya)

Pengertian RAB (Rencana Anggaran Biaya)

RAB atau Rencana Anggaran adalah suatu perkiraan biaya yang sangat diperlukan dalam setiap pekerjaan pembangunan atau proyek konstruksi. Jumlah total biaya yang diperlukan sampai dengan proyek tersebut selesai bisa diperkirakan mulai dari awal.

RAB memiliki peran sangat penting karena dijadikan sebagai acuan dalam pengerjaan proyek konstruksi supaya proses pembangunan bisa berjalan dengan lancar. Oleh karena itu harus dilakukan secara rinci dan sejelas mungkin untuk dapat memastikan dana bisa digunakan dengan tepat.

Konsep seperti ini juga dapat digunakan untuk menunjukkan spesifikasi pekerjaan, peralatan kerja, dan tenaga kerja yang terlibat juga dapat difungsikan sebagai penentu harga awal apabila rumah Anda nantinya ingin dijual kembali.

Rincian Dalam Rencana Anggaran Biaya

Seperti yang sudah kami jelaskan diatas bahwa ada beberapa rincian dalam menghitung RAB. Tetapi rincian juga tidak harus semuanya dimasukan ke dalam RAB bangunan, tergantung pada perhitungan yang sesuai dengan proyek Anda sendiri, diantaranya:

Rincian Dalam Rencana Anggaran Biaya

  1. Jenis Pekerjaan

Dalam jenis pekerjaan Anda dapat merincikan pekerjaan yang sesuai dengan jenisnya supaya lebih mudah. Contohnya adalah persiapan urugan, pondasi beton, dan galian. Setiap rician dari jenis pekerjaan ini harus dibuat rincian pekerjaannya secara detail.

  1. Volume Pekerjaan

Supaya nantinya tidak ada kesalahan penting sekali untuk membuat satu volume pekerjaan yang mempunyai sebuah tujuan untuk dapat digunakan dalam pengukuran. Seperti misalnya jika Anda menggunakan satu meter (m2) untuk dapat mengukur panjang kayu ataupun untuk ukuran yang lainnya bisa menggunakan unit atau meter.

Leave a Reply

Your email address will not be published.