Gambar Dan Jenis Rencana Atap / Denah Atap

Posted on

Atap rumah perisai atau yang biasa disebut dengan atap rumah limasan adalah rencana atap yang terdiri dari empat bidang yaitu dua bidang segitiga dan dua bidang trapesium.



Bidang-bidang tersebut nantinya akan terhubung menjadi satu pada bagian puncak sehingga biasa disebut dengan bubungan. Selain itu, atap ini memiliki sudut 30 sampai 40 derajat di bagian atapnya sehingga bisa memberikan perlindungan lebih dari sinar matahari dan derasnya air hujan.

Baca juga: Rumus Menghitung Tinggi Atap Rumah

  1. Rencana Atap Kombinasi Pelana dan Perisai

Sesuai namanya, rencana atap ini merupakan bentuk kombinasi dari atap perisai dengan atap pelana. Atau dapat dikatakan bahwa bentuk ini adalah bentuk sempurna dari atap pelana dan perisai.

Biasanya banyak diaplikasikan pada rumah-rumah dengan ukuran besar, dimana untuk sisi depan menggunakan atap pelana sedangkan dibagian samping yang memanjang menggunakan atap perisai.

  1. Rencana Atap Tenda



Atap tenda merupakan salah satu jenis rencana atap yang mengadaptasi dari bentuk tenda. Atap yang satu ini mempunyai empat buah bidang berbentuk segitiga dengan besar dan kemiringan yang sama. Bentuk atap seperti sering digunakan [ada bangunan yang mempunyai bentuk persegi.

Baca juga: Pondasi Rumah Tingkat Dan Perhitungan RAB

  1. Rencana Atap Standar

Rencana atap standar adalah bentuk penyempurnaan dari atap pelana. Bentuk atap yang satu ini pada awalnya hanya digunakan untuk atap bangunan tambahan. Namun seiring dengan berjalannya waktu, atap ini sudah banyak digunakan sebagai atap bangunan yang utama. Dengan menggunakan model atap seperti ini maka dijamin bangunan akan terlihat modern dan menawan.

  1. Rencana Atap Kubah



Jika dilihat secara sekilas, atap kubah memiliki bentuk yang mirip dengan setengah bola. Model atap seperti ini bisa ditemukan dengan mudah pada bangunan masjid dan juga gereja.

Namun, atap kubah kini sudah mulai banyak digunakan untuk bangunan gedung seperti museum, gedung pertemuan, pertunjukan seni dan gedung seni yang lainnya. Atap kubah banyak dipilih karena dianggap mampu menambah nilai seni dari sebuah bangunan.

Baca juga: Cara Menghitung Kebutuhan Atap Seng

Contoh Rencana Atap dan Detail Atap

Pada pembahasan berikutnya kami akan bagikan contoh implementasi rencana atap pada sebuah rumah dengan 2 lantai. Masing-masing gambar akan mewakili satu gambar kerja yang menunjukkan perencanaan detail atap untuk lantai 1 dan 2.

Untuk memudahkan dalam memahaminya maka Anda bisa mengunduh gambar contoh secara gratis kemudian mempelajarinya. Silahkan langsung saja sima beberapa contoh di bawah ini.

Gambar Denah Atap

Gambar Rencana Atap

Berikut ini adalah gambar yang menjelaskan contoh perencanaan atap untuk lantai 1 dan 2, yang bisa ditunjukkan pada arsiran yang memiliki warna merah.



Leave a Reply

Your email address will not be published.