Desain Kolam Ikan Minimalis Beserta Gambar

Desain Kolam Ikan – Bagi Anda yang suka memelihara ikan, tentunya kolam ikan merupakan hal penting yang wajib Anda miliki. Pasti akan lebih menyenangkan jika setiap harinya Anda bisa memandang ikan kesayangan di dalam sebuah kolam cantik. Selain dijadikan sebagai tempat untuk bertahan hidup bagi ikan, kolam ikan ternyata juga dapat memperindah tampilan interior ataupun eksterior rumah Anda.

Kolam Ikan Minimalis

Apalagi jika Anda mempunyai halaman atau teras yang memiliki ukuran cukup luas. Anda bisa memanfaatkannya menjadi sebuah kolam ikan yang nyaman dan indah. Namun sayangnya yang menjadi masalah adalah ukuran halaman atau teras yang tidak terlalu luas. Hal ini sebenarnya bukan masalah karena Anda masih bisa memanfaatkannya menjadi kolam minimalis dengan ukuran yang tidak terlalu besar tetapi tetap indah.

Nah, kali ini kami akan memberikan desain kolam minimalis yang bisa Anda jadikan sebagai referensi dalam membuat kolam ikan dengan ukuran yang sempit. Namun sebelum itu, mari simak terlebih dahulu manfaat-manfaat yang Anda dapatkan jika memiliki kolam ikan di rumah.

Manfaat Memiliki Kolam Minimalis

Tanpa disadari bahwa keberadaan kolam ikan di yang berada rumah akan memberikan pengaruh terhadap kehidupan sehari-hari. Faktanya, kolam ikan mempunyai manfaat selain memperindah tampilan rumah. Untuk lebih jelasnya, berikut ini kami akan menjelaskan beberapa manfaat memiliki kolam minimalis di rumah.

Manfaat Memiliki Kolam Minimalis

  1. Membantu Mengurangi Stress

Seringkali kita disibukkan dengan aktivitas yang selalu padat setiap harinya seperti bekerja atau sekolah. Nah, dengan adanya kolam ikan seolah bisa membantu untuk mengurangi stress atau depresi. Hal ini karena suara gemercik air, gerak-gerik ikan dalam kolam dan memberikan makan secara langsung bisa membuat kita sejenak melepas beban pikiran dan rasa lelah.

  1. Memberikan Keindahan di Sekitar Rumah

Kolam ikan dapat menambah nilai estetika di sekitar rumah Anda. Jika kolam ini sudah Anda tata dengan sangat indah maka dapat dipastikan tampilan rumah Anda akan semakin menarik. Apalagi jika Anda pintar dalam mendekorasi berbagai jenis tanaman di sekitar kolam ikan. Supaya kolam ikan menjadi terasa lebih nyaman maka Anda harus bisa melakukan permainan warna sampai dengan detailnya. Hal ini sangat penting karena bisa menciptakan suasana yang lebih segar.

  1. Memberikan Rasa Damai

Tak dapat dipungkiri bahwa suara gemercik yang berasal dari  dalam kolam akan memberikan rasa damai. Ketenangan bisa tercipta dengan adanya suara sederhana seperti air yang terdengar di telinga. Dengan demikian hal ini akan membantu penghuni rumah untuk memberikan perasan damai atau tenang.

  1. Bisa Mendekatkan Diri Dengan Alam

Dengan menempatkan kolam ikan baik itu di depan ataupun di belakang rumah, maka Anda bisa menciptakan adanya rasa kedekatan dengan alam sekitar. Dengan adanya kolam ikan juga bisa mengundang bunga-bunga, kupu-kupu ataupun burung-burung berputar di sekitar kolam ikan. Secara tidak langsung hal ini akan memberikan kesan alami dan asri di sekitar rumah Anda.

Baca Juga: Harga Aquarium Kaca

Inspirasi Desain Kolam Ikan Minimalis

  • Kolam Ikan dengan Dekorasi Alami

Kolam Ikan dengan Dekorasi Alami

Apabila Anda ingin memiliki sebuah kolam minimalis yang tidak ribet maka Anda bisa menambahkan sedikit dekorasi alami yang sudah pasti tidak akan menguras kantong. Aksesoris yang bisa Anda gunakan untuk menciptakan suasana yang asri adalah bebatuan alam, pepohonan dengan ukuran rindang dan air mancur sederhana sebagai pemanis.

  • Gaya Etnik Kolam Ikan Kombinasi Kaca

Gaya Etnik Kolam Ikan Kombinasi Kaca

Dengan kombinasi yang pas antara konkrit dan kaca maka Anda bisa menciptakan sebuah kolam minimalis yang sangat berbeda dari pada umumnya. Dengan adanya layar kaca, kegiatan Anda untuk melihat gerak gerik ikan dalam kolam akan semakin mengasyikkan. Menariknya lagi desain kolam ini dibangun secara khusus di tengah taman dalam rumah. Cocok sekali bagi Anda yang ingin menambahkan kesan tradisional dengan aksesn modern.

  • Nuansa Alami dengan Kombinasi Platform Kayu

Nuansa Alami Dengan Perpaduan Platform Kayu

Desain kolam ini terlihat sangat sederhana karena tidak memiliki banyak polesan. Namun Anda bisa menambahkan platfrom kayu di sekitarnya sehingga akan menambah nilai estetika dan menciptakan suasana yang semakin hangat. Apabila Anda tidak ingin repot dengan dekorasi kolam yang beragam, bisa Anda pilih satu dekorasi paling utama yang memiliki ukuran besar seperti misalnya kendi raksasa. Dengan demikian bisa dipastikan bahwa kolam minimalis akan terasa lebih hidup dan jauh dari kesan yang membosankan.

  • Kolam Mini yang Menghemat Tempat

Kolam Mini yang Menghemat Tempat

Kolam minimalis ini sangat cocok bagi Anda yang tidak memiliki banyak sisa ruang. Bisa Anda tempatkan di halaman belakang, yaitu dengan cara menyekat ruang seadanya. Cukup dengan dinding keramik dan pembatas kaca saja kolam minimalis yang memiliki ukuran sekitar 1 meter ini sudah bisa menjadi ikon dekorasi rumah yang bisa membuat sejuk.

  • Kolam Ikan Berlekuk Indah

Kolam Ikan Berlekuk Indah

Apabila Anda ingin memiliki kolam ikan minimalis dengan bentuk dan juga lekukan khusus, Anda bisa mencoba desain kustom seperti ini. Desain ini dapat disesuaikan dengan besarnya ruangan yang tersedia. Anda pun bisa mengatur sendiri buget yang sesuai dengan kebutuhan Anda nantinya.

  • Kolam Ikan Dua Gaya

Kolam Ikan Dua Gaya

Sekarang ini kolam ikan minimalis yang satu ini sedang menjadi trend terbaru yang mencuri banyak perhatian orang berbagai kalangan. Namun kombinasi dari kolam ikan dua gaya ini bisa dibilang sulit untuk dicapai. Hal ini karena dibutuhkan teknik secara tepat. Jika dilihat dari segi desainnya, kolam ikan minimalis dua gaya akan sangat cocok sekali untuk berbagai model rumah.

Baca juga: Desain Taman Depan Dan Belakang Rumah

Cara Mudah Membuat Kolam Ikan Minimalis

Cara Mudah Membuat Kolam Ikan Minimalis

  1. Menentukan Lokasi

Hal pertama yang perlu dilakukan saat membuat kolam adalah menentukan lokasi. Lokasinya bisa Anda tempatkan di halaman depan, halaman belakang, atau bisa juga di dalam rumah. Dalam hal ini lokasinya harus disesuaikan dengan arus lalu lalang para penghuni rumah supaya nantinya tidak menganggu aktivitas sehari-hari.

  1. Memilih Ukuran, Bentuk dan Bahan Material untuk Kolam

Untuk masalah ukuran kolam harus disesuaikan dengan luas lahan dan juga jumlah ikan yang ingin dipelihara. Bentuknya sendiri bisa dipilih sesuai dengan selera seperti segi enam, abstrak atau bisa juga meliuk bagaikan sungai.

Sementara itu, material yang biasa digunakan untuk kolam ikan adalah batu alam dan keramik. Material batu alam akan sangat cocok untuk desain kolam ikan natural ataupun minimalis. Dan untuk material keramik akan lebih cocok untuk desain kolam ikan modern.

  1. Mempersiapkan Alat dan Bahan

Alat dan bahan yang diperlukan dalam pembuatan kolam ikan sangat mudah untuk didapatkan, yaitu cangkul, ember, waterpass, kuas, semen, meteran, batu bata, batu pasir, cat waterproof dan lain sebagainya.

Alat-alat tersebut digunakan untuk dapat menggali tanah di lokasi yang telah ditetapkan sebelum. Apabila galian sudah dilakukan maka Anda bisa membuat pondasi sesuai dengan bentuk kolam yang dipilih.

  1. Mengatur Sistem Pengairan

Pembuatan kolam ikan minimalis bukan hanya membentuk kolamnya saja, tetapi juga mengatur sistem pengairan dengan baik supaya ikan nantinya bisa hidup dengan nyaman. Usakan untuk membuat sistem pengairan yang selalu mengalir dengan menggunakan pompa dan juga filter untuk menyaring kotoran. Untuk pembuatan sistem pengairan yang baik maka Anda bisa mengakalinya dengan membuat air terjun mini, air mancur, guci air, atau potongan bambu.

Leave a Comment