Desain Ruang Tamu Minimalis Berbagai Ukuran

Desain Ruang Tamu Minimalis Berbagai Ukuran – Ketika Anda pertama kali membuka pintu rumah, tentunya ruangan pertama kali yang Anda temui adalah ruang tamu. Ruang tamu sendiri mempunyai fungsi untuk menerima para tamu yang akan datang. Umumnya sebuah ruang tamu dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti meja dan kursi.

Desain Ruang Tamu Minimalis

Memang memiliki sebuah rumah yang megah dan indah merupakan dambaan semua orang. Tetapi disamping itu banyak juga yang mempunyai sebuah rumah dengan ukuran minimalis. Pemilik rumah diharuskan bisa menyiasati setiap ruangan dalam rumah, terutama ruang tamu.

Bagi rumah dengan ukuran minimalis, ruang tamu juga multifungsi menjadi ruang keluarga. Anda akan menghabiskan banyak waktu di ruangan ini seperti membaca buku, menonton Tv, mengobrol bersama dengan keluarga, dan aktivitas yang lainnya.

Meskipun ukurannya tidak terlalu luas, Anda bisa mendesain ruang tamu minimalis ini dengan sedemikian rupa agar lebih lega dan terlihat lebih bagus. Nah, berikut ini kami akan memberikan inspirasi desain ruang tamu minimalis. Namun sebelum itu mari simak terlebih dahulu hal-hal yang harus diperhatikan saat mendesain ruang tamu minimalis dibawah ini.

Hal-Hal yang Diperhatikan Dalam Mendesain Ruang Tamu Minimalis

Apabila Anda menginginkan ruang tamu minimalis yang terlihat luas dengan tampilan seimbang dan nyaman, maka perhatikan beberapa hal berikut ini:

Tips Desain Ruang Tamu Minimalis

  • Pilih cat dinding yang sesuai

Pemilihan cat dinding harus dilakukan secara tepat supaya tidak menghilangkan nilai estetika konsep minimalis yang ingin diusung. Usahakan untuk tidak menggunakan cat dinding yang terlalu mencolok, Anda bisa pilih warna netral seperti warna putih, abu-abu, coklat, atau krem.

  • Tidak Menempatkan Banyak Furnitur

Konsep minimalis terkesan simple dan tidak menggunakan banyak barang. Oleh karena itu, sebaiknya tidak menempatkan terlalu banyak furnitur di dalam ruang tamu supaya tidak terlihat penuh sehingga akan membuat ruang tamu nyaman untuk ditempati.

  • Perhatikan Lighting

Supaya terlihat bagus, Anda harus memperhatikan lighting dalam ruang tamu. Selain bagian jendela, perhatikan lampu yang digunakan.

  • Multifungsi

Konsep minimalis yang diterapkan pada sebuah ruang tamu juga dapat dijadikan multifungsi terlebih jika dalam rumah Anda tidak mempunyai banyak ruangan. Maka dari itu ruang tamu bisa disulap menjadi ruang multifungsi seperti ruang baca sekaligus.

  • Material Furniture dan Aksesoris

Pilih material furnitur yang berkualitas sehingga bisa tahan lama nantinya. Sedangkan untuk aksesoris yang dipasang dalam ruang tamu juga sangat penting tetapi jangan terlalu banyak.

Penataan hiasan dinding yang tepat sangat penting, ada beberapa formula yang bisa dipakai sebagai acuan menata hiasan yaitu:

  • Butterfly

Formula ini hanya fokus pada satu foto besar dan diletakan empat foto lain pada kanan kiri foto besar.

  • On a Shelf

Gunakan ambalan sebagai tempat untuk hiasan dinding.

  • Pinwheel

Letakanlah 4 figura pada posisi pinwheel (memutar selang seling).

  • Line Up

Membiarkan tatanan figura tak beraturan tapi tetap ada jarak.

Baca Juga: Desain Rumah Minimalis Modern

Contoh Inspirasi Desain Ruang Tamu Minimalis

Untuk mendapatkan desain ruang tamu minimalis yang mengesankan, pemilik rumah seringkali mengalami kebingungan. Oleh karena itu, kami disini akan membagikan inspirasi desain ruang tamu minimalis yang nyaman dan indah. Mari langsung saja simak beberapa inspirasi desain ruang tamu minimalis berikut ini.

  1. Beragam bentuk dan warna dalam satu ruangan

Desain Minimalis dengan Beragam bentuk dan warna

Meskipun konsep minimalis sangat identik dengan kesan yang rapi dan memiliki sedikit variasi, tetapi hal ini bukan menjadi masalah bagi Anda untuk melakukan kreasi. Anda bisa mengkombinasikan beberapa jenis sofa yang berbeda di dalam sebuah ruangan.

Kombinasikan sofa yang mempunyai sandaran dengan sofa yang tidak memiliki sandaran. Bisa Anda lihat contoh gambar di bawah ini. Ruangan terlihat lebih luas, karena sofa yang tidak memiliki sandaran ini akan tidak akan menutupi ruangan di sampingnya.

  1. Ruang Tamu Minimalis Type 36

Ruang Tamu Minimalis Type 36

Sebenarnya mengisi ruang tamu dengan banyak furnitur bukanlah ide yang buruk jika Anda bisa menata dengan sebaik mungkin. Walaupun sempit, Anda harus selalu pastikan bahwa ruang sirkulasi dalam ruangan cukup. Namun jangan sampai menghambat tamu nantinya untuk berjalan melewati ruang tamu.

Pilihan warna karpet, sofa, dan dinding yang selaras akan membuat tampilan ruang tamu minimalis Anda terlihat lebih indah. Anda juga bisa menambahkan lukisan penuh agar ruang tamu minimalis Anda jauh dari kesan membosankan.

  1. Dekorasi Ruang Tamu Tanpa Sofa

Dekorasi Ruang Tamu Tanpa Sofa

Dalam menjamu tamu tidak selalu di sofa, kan? Terutama bagi Anda yang masih muda, desain ruang tamu minimalis seperti ini tentu sangat cocok sekali untuk diterapkan apalagi ukuran rumah Anda tidak terlalu besar.

Hanya cukup dengan menggunakan satu sofa saja, ditambah dengan karpet tebal yang memiliki ukuran cukup besar untuk bisa menutupi hampir bagian semua ruang tamu.

  1. Ruang Tamu Minimalis Ukuran 2×2

Ruang Tamu Minimalis Ukuran 2x2

Mempunyai sebuah ruang tamu berukuran 2×2 bisa dibilang kecil atau sempit, namun Anda bisa menata ruang tamu minimalis tersebut agar nampak lebih luas dengan memberikan furnitur yang memiliki ukuran tidak terlalu besar. Gunakanlah warna dinding yang cocok apabila dipadukan dengan furniture yang lainnya.

  1. Tanaman Hijau dalam Ruang Tamu

Tanaman Hijau dalam Ruang Tamu

Selain bisa membuat ruangan terasa segar, kehadiran tanaman hijau juga dapat dijadikan interior ruang tamu yang cantik. Masukkan tanaman hiau ke dalam vas yang berukuran besar kemudian tempatkan di bagian samping sofa.

Tanaman hijau juga dapat dimasukkan ke dalam vas berukuran dan bisa disimpan di rak dinding, bersebelahan dengan interior lainnya yang akan semakin memperindah ruang tamu Anda.

  1. Ruang Tamu Minimalis Ukuran 2×3

Ruang Tamu Minimalis Ukuran 2x3

Berbeda halnya dengan ukuran 2×2 diatas, tentunya ukuran 2×3 ini lebih luas. Dengan demikian maka akan semakin mudah untuk menata ruang tamu dengan konsep minimalis. Anda bisa mempadukan warna dinding dengan furniture lainnya yang serasi supaya terlihat lebih indah.

  1. Ruang Tamu Minimalis Ukuran 3×3

Ruang Tamu Minimalis Ukuran 3x3

Dalam ruang tamu ini Anda cukup dengan menempatkan 2 sampai 3 sofa. Pastikan juga furnitur yang dipasang tidak akan menghalangi ruang gerak Anda. Pajangan foto-foto keluarga bisa Anda berikan dalam ruang tamu minimalis ini. Pilihlah pigura dengan bahan sejenis supaya hiasan dinding Anda nampak rapi dan sedap untuk dipandang.

  1. Ruang Tamu Minimalis Menawan Dipenuhi dengan Lukisan

Ruang Tamu Minimalis Menawan Dipenuhi dengan Lukisan

Lukisan tidak harus ditempelkan di bagian dinding, desain ruang tamu minimalis yang satu ini menempatkan lukisan di bagian atas rak dinding. Anda tidak perlu khawatir jika merusak dinding, namun tetap memberikan nilai estetikan dalam ruang tamu minimalis yang nampak mewah dan menawan.

  1. Ruang Tamu Shabby

ruang tamu shabby

  1. Ruang Tamu Modern

ruang tamu modern

  1. Ruang Tamu Mewah Minimalis

ruang tamu mewah

  1. Ruang Tamu Monochrome

ruang tamu monokrom

  1. Ruang Tamu Mungil Lahan Sempit

ruang tamu mungil lahan sempit

  1. Ruang Tamu Minimalis Warna Grey

ruang tamu minimalis warna grey

  1. Ruang Tamu Multifungsi

ruang tamu multifungsi

  1. Ruang Tamu Kecil 2×2

ruang tamu kecil 2x2

  1. Ruang Tamu Minimalis Cantik

ruang tamu minimalis cantik

  1. Ruang Tamu Minimalis Sederhana Ornamen Kayu

ruang tamu sederhana

Baca Juga: Biaya Renovasi Rumah Minimalis

Cara Merawat Ruang Tamu Minimalis

Cara Merawat Ruang Tamu Minimalis

Ruang tamu minimalis tentu harus terawat supaya bersih dan nyaman. Berikut ini adalah cara mudah dalam merawat ruang tamu minimalis Anda:

  • Bersihkan di setiap titik fokus pada bagian ruang tamu secara rutin, seperti lantai, furnitur, kaca jendela, dan bahkan hiasan yang mudah kotor.
  • Ganti posisi furnitur yang Anda pasang secara berkala supaya tidak monoton dan membuat bosan. Namun juga tidak harus semuanya dipindahkan, cukup furniture berkuruan kecil yang dapat dipindahkan dengan sangat mudah supaa ruang tamu minimalis tampak fresh.
  • Gunakan pengharum ruangan supaya tamu nantinya bisa semakin nyaman. Hal ini karena pengharum ruang tamu selain bisa membuat bersih juga bisa membuat harum.

Demikian ulasan kami mengenai desain ruang tamu minimalis yang sudah kami sampaikan secara lengkap dan jelas.  Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Sumber:

Leave a Comment