Desain dan Denah Rumah Minimalis Modern


Desain dan Denah Rumah Minimalis Modern – Saat ini kebutuhan rumah setiap tahun semakin mengalami peningkatan secara signifikan. Desain rumah yang bisa dipilih oleh masyarakat pun juga semakin bervariasi. Salah satu desain rumah yang sedang ramai dibicarakan dan banyak diminati oleh masyarakat adalah rumah yang memiliki desain minimalis.



Pada intinya, rumah tipe minimalis mempunyai desain yang bisa dibilang cukup sederhana tetapi terlihat modern. Selain itu, desain rumah yang satu ini juga memiliki banyak macam kelebihan. Beberapa kelebihan inilah yang membuat kebanyakan orang lebih memilih rumah dengan desain minimalis daripada desain lainnya. Untuk lebih jelasnya mari simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Kelebihan Memiliki Rumah Minimalis

Kelebihan Rumah Minimalis

  1. Harga yang Murah

Dalam membeli sebuah rumah, tentu hal yang pertama kali Anda perhatikan biaya yang perlu disiapkan. Konsep sebuah rumah yang Anda pilih pastinya dapat mempengaruhi besar kecilnya besar harga pembangunan.

Sudah bukan rahasia lagi bahwa desain minimalis ini memiliki harga yang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan desain rumah lainnya. Bisa Anda lihat dari pemilihan cat dinding yang hanya menggunakan 2 warna saja sehingga tidak membutuhkan warna lainnya. Sedangkan dalam hal interior, Anda tidak membutuhkan banyak perabotan.



  1. Mudah Dibersihkan

Kelebihan rumah minimalis berikutnya adalah sangat mudah untuk Anda bersihkan. Dengan ukuran yang tidak terlalu luas dan sedikit ruangan maka akan membuat proses dalam membersihkan rumah menjadi lebih mudah. Jika Anda bandingkan dengan rumah mewah dengan yang mempunyai banyak sekali ruangan, pastinya membersihkan rumah minimalis akan jauh lebih ringan untuk Anda lakukan.

Kelebihan Memiliki Rumah Minimalis

  1. Suasana yang Nyaman

Memang semua tipe rumah pada dasarnya akan terasa nyaman untuk ditempati. Tetapi ada beberapa hal yang membuat rumah tipe minimalis unggul dalam masalah kenyamanan. Dengan bentuk rumah yang tidak begitu besar tentu akan memudahkan Anda untuk lebih sering bertemu dengan anggota keluarga yang lainnya. Dengan begitu hubungan antar anggota keluarga pun akan lebih dekat sehingga suasana rumah menjadi nyaman.

  1. Tampak Mewah dan Modern

Kelebihan lainnya yang dimiliki oleh rumah minimalis adalah terlihat lebih mewah dan modern. Jika rumah minimalis Anda didesain sedemikian rupa dengan menggunakan cat dinding serta dekorasi rumah yang tepat, maka rumah Anda akan terlihat lebih mewah dan elegan. Konsep rumah minimalis sendiri sangat berkaitan dengan nuansa rumah yang modern, terjangkau, simple, dan juga nyaman.



Cara Mendesain Rumah Minimalis

Cara Mendesain Rumah Minimalis

Dalam mendesain rumah minimalis Anda harus mengedepankan konsep “sedikit tapi optimal”. Setiap elemen yang ada di dalam rumah minimalis harus bisa berfungsi dengan seefesien mungkin. Berikut ini cara mendesain rumah minimalis:

  1. Sedikit Ornamen

Semua desain rumah minimalis hampir tidak memiliki ornamen. Kalaupun ada, ornamen tersebut benar-benar fungsional. Ornamen tersebut juga tidak hanya untuk nilai estetika semata, tetapi juga untuk semakin memperkuat karakter dalam setiap elemen serta bahan pembentuknya.

  1. Tanpa Dinding Batasan Ruang yang Tidak Penting

Desain rumah modern minimalis memang sengaja menghapus dinding pembatas antar ruang yang tidak penting. Hal ini karena hubungan antara ruang jauh lebih diutamakan untuk menciptakan kedekatan seluruh ruang di dalam rumah.

  1. Dominasi Garis Vertikal dan Horizontal

Garis vertikal dan garis horizontal adalah bentuk dasar 2 dimensi dan 3 dimensi yang dimana hampir selalu ada dalam keseluruhan desain rumah minimalis. Mulai dari bentuk massa bangunan rumah, bentuk ruang, pola ruang, desain furnitur, sampai dengan ekspose strukturalnya.

 Baca Juga : Desain Rumah Minimalis 3 Kamar Tidur

Contoh Desain dan Denah Rumah Minimalis Modern

Setelah mengetahui kelebihan dan cara mendesain rumah minimalis, untuk selegkapnya kami akan memberikan contoh desain rumah minimalis yang bisa Anda jadikan sebagai inspirasi saat membangun rumah. Mari langsung saja simak contoh berikut ini.



  1. Desain Rumah Minimalis Modern 3 Kamar Tidur

Desain Rumah Minimalis Modern 3 Kamar Tidur

Desain rumah minimalis modern ini memiliki 3 buah kamar tidur yang dimana desain ini mengutamakan privasi di setiap kamar tidur dengan adanya kamar mandi untuk dapat menciptakan area personal pada anggota keluarga.

Masing-masig kamar tidur tersebut juga dilengkapi dengan dinding kaca yang memiliki ukuran besar untuk dapat menyebarkan pantulan cahaya lebih maksimal, termasuk juga pembuatan area outdoor dengan ukuran besar yang dapat digunakan untuk bersantai ataupun melakukan olahraga ringan.

  1. Desain Rumah Minimalis Modern Bata Ekspos

Desain Rumah Minimalis Modern Bata Ekspos

Desain rumah minimalis modern ini menggabungkan antara nuansa desain vitage dan modern sehingga para penghuni rumah dijamin tak akan pernah merasa bosan, Di bagian terasnya, kesan vitagenya sangat terasa karena menggunakan batu bata merah ekspos ditambah dengan adanya penempatan meja panjang yang nantinya akan sangat cocok untuk menjamu para tamu.

Sedangkan di bagian interior rumah bisa Anda buat menjadi lebih modern dengan adanya penggunaan palet yang memiliki warna putih dan pemilihan berbagai macam furnitur yang kekinian.

  1. Desain Rumah Minimalis Modern untuk Keluarga Kecil

Desain Rumah Minimalis Modern untuk Keluarga Kecil

Meskipun lahan yang Anda miliki memiliki ukuran kecil, tetapi Anda masih dapat memaksimalkan pembangunan rumah minimalis modern dengan 3 kamar tidur. Pada desain rumah minimalis yang satu ini Anda masih dapat membuat kamar dengan ukuran yang cukup lega. Caranya adalah dengan minimalisir ukuran lorong. Jangan sampai lupa juga untuk mengefesienkan penempatan ruang tamu, ruang makan, dan juga dapur sehingga nantinya akan lebih leluasa.



Leave a Comment