Harga Aluminium Foil Untuk Atap Per Meter

Harga Aluminium Foil Atap – Jenis ini merupakan salah satu bahan material yang paling banyak digunakan sebagai pelengkap atap baja ringan. Aluminium foil untuk atap dibuat dari bahan dasar plastik polyethylene yang sangat kuat dan tahan robek.

Harga Aluminium Foil Atap

Bahan material ini memiliki banyak sekali kelebihan. Maka tak heran jika kini sudah banyak sekali tempat tinggal pribadi yang sudah menggunakan lapisan alumunium foil pada bagian atap rumah.

Fungsi Intalasi Aluminium Foil Atap

Fungsi Intalasi Aluminium Foil Atap      

Bagi Anda yang berencana untuk menggunakan lapisan aluminium foil pada bagian atap rumah, kami disini akan memberikan informasi mengenai fungsi alumunium foil yang harus Anda ketahui, yaitu:

  • Dapat Mengurangi Radiasi Matahari

Aluminium Foil Dapat Mengurangi Radiasi Matahari

Indonesia merupakan negara tropis yang memiliki intensitas cahaya matahari yang cukup tinggi. Hal ini akan membuat radiasi yang dipancarkan oleh cahaya matahari bisa berpindah secara langsung dari luar ruangan untuk masuk ke dalam ruangan.

Alumunium foil atap memiliki fungsi untuk dapat mengurangi radiasi matahari sampai 97%. Sehingga perpindahan radiasi panas dari bagian atap rumah untuk masuk ke dalam ruangan dapat diminimalisir.

Radiasi yang telah dipantulkan oleh lapisan aluminum foil akan memberikan efek sejuk pada ruangan yang berada di bagian bawahnya. Ini merupakan salah satu cara paling tepat yang bisa Anda lakukan untuk mendinginkan ruangan tanpa perlu menggunakan AC. Secara otomatis Anda juga akan lebih menghemat listrik bulanan karena sudah menggunakan lapisan aluminium pada bagian atap rumah.

  • Mencegah Kebocoran

ungsi Aluminium Foil pada Atap Dapat Mencegah Kebocoran

Pada saat musim hujan tiba, mungkin Anda akan mengalami kerepotan karena keadaan genteng yang bocor. Namun hal seperti ini tidak akan terjadi jika Anda memasang lapisan aluminium foil. Hal ini karena tetesan air hujan yang berasal dari genteng nantinya akan dihalangi oleh lapisan aluminium foil. Anda pun tidak perlu khawatir lagi jika musim hujan sudah tiba.

Meskipun terdengar sangat sepele, kebocoran yang terjadi pada bagian atap rumah akan menimbulkan beberapa resiko yang berbahaya mulai dari terpeleset genangan air sampai dengan korsleting listrik yang sudah pasti sangat berpotensi untuk menyebabkan kebakar.

Dengan pemasangan aluminium foil pada atap rumah maka rumah Anda akan terhindar dari kebocoran atap ataupun air tampias yang bisa mengalir secara langsung ke bagian bawah.

Jenis-jenis Aluminium Foil dan Fungsinya

Jenis-jenis Aluminium Foil dan Fungsinya

  1. Aluminium Foil Paper Single, yaitu dengan lapisan yang hanya pada bagian satu sisi, sehingga akan terlihat sangat mengkilap pada bagian atas namun buram pada bagian bawah.
  2. Aluminium Foil Paper Double, yaitu dengan lapisan pada bagian atas dan bawah (dua sisi). Keunggulan dari aluminium double sida adalah dapat menolak radiasi matahari yang lebih efektif dan kuat daripada single side.
  3. Aluminium Foil Woven Single, yaitu lapisan serat karung plastik serta single side aluminium foil. Bahan material bisa dibilang jauh lebih ringan dan hanya akan digunakan untuk dapat mengantisipasi kebocoran air hujan serta panas cahaya matahari. Jenis ini kurang baik untuk dijadikan sebagai isolasi peredam suara dan tidak akan maksimal untuk meredam panas.
  4. Aluminium Foil Wofen Double, dengan lapisan karung serat plastik serta double side aluminium. Sama dengan aluminium foil wofen double, jenis ini juga sangat ringan dan hanya dapat mengantisipasi kebocoran air hujan serta panas matahari. Bahkan jenis ini kurang baik untuk dijadikan sebagai isolasi peredam suara dan tidak akan maksimal untuk meredam panas.
  5. Aluminium Foil Bubble, dengan lapisan pada bagian tengah seperti gelembung-gelembung yang dapat menjadi isolasi terhadap peredam panas dan dapat meredam kebisingan suara yang dimana suara tersebut ditimbulkan oleh jatuhnya air hujan langsung ke bagian permukaan atap.
  6. Aluminium Foil Foam, dengan lembaran foam yang sudah dilapisi dengan lembar aluminium foil pada bagian sisinya. Jenis aluminium ini akan sangat cocok digunakan untuk atap gudang dan pabrik. Selain itu, juga bekerja secara maksimal dalam uapaya menjadi isolasi terhadap suara dan panas.

Baca Juga: Harga Waterproofing Membrane

Keunggulan Menggunakan Aluminium Foil

Aluminium foil merupakan pilihan yang paling tepat untuk dapat mengantisipasi panas atap seng. Adapun keunggulan dari pelapis aluminium foil adalah sebagai berikut:

Keunggulan Menggunakan Aluminium Foil

1. Aluminium foil merupakan peredam panas (insulator) yang paling baik.
2. Bahan dasar yang digunakan untuk membuat alumium foil merupakan bahan yang sangat elastis, kuat, tahan terhadap air dan juga freon.
3. Sifat bahannya yang bisa dibilang relatif aman untuk digunakan sebagai pelapis atap rumah.
4. Ramah lingkungan.
5. Mampu melindungi bangunan dari kebocoran ataupun tampias karena air hujan.
6. Aluminium foil juga memiliki fungsi sebagai pelindung plafon dari segala macam kerusakan seperti karena melendut yang diakibatkan oleh suhu panas dari cahaya matahari.
7. Membuat plafon rumah selalu terjaga kebersihannya serta terbebas dari kotoran maupun debu yang masuk.
8. Sangat praktis karena pemasangannya dilakukan dengan sangat mudah.
9. Memiliki struk aluminium kokoh yang terdiri atas:

  • Foil yang ada pada bagian atas. Memiliki fungsi sebagai penangkal radiasi cahaya matahari hingga 97% dari cahaya yang akan masuk ke atap rumah.
  • Kantong udara atau jalur rongga udara. Memiliki fungsi untuk menjadi jalur yang dapat menahan radiasi panas yang akan masuk ke bagian plafon yang berada di bagian bawah aluminium. Dalam prosesnya, kantong udara memiliki sifat sebagai ventilasi atap yang dapat mendinginkan panas matahari yang sudah masuk dan berguna untuk membuang kelebihan panas tersebut agar bisa langsung kembali untuk ke luar bangunan.
  • Lapisan anti robek di bagian bawah. Lapisan aluminium foil dapat menahan beban kurang lebih 100 kg dan merupakan bahan yang memiliki sifat anti robek.

Harga Aluminium Foil Untuk Atap Per Meter

Harga Aluminium Foil Untuk Atap Per Meter

Harga aluminium foil untuk atap sangat bervariasi, diantaranya:

Tipe Harga per
Ukuran Harga (Rp)
Alumunium foil single side ukuran 1,2m x 50m Per rol 315.000
Aluminium foil bubble/gelembung udara (bubble, air shield ekonomis) tebal 4mm, ukuran 1 m x 30m 429.400
Alumunium foil double side ukuran 1,2m x 50m Per roll 400.000
Aluminium foil foam (lapis busa) 1m x 100m 650.000
Aluminium foil foam (lapis busa) tebal 2 mm, ukuran 1m x 100m 770.000
Aluminium foil bubble/gelembung udara (bubble, double side medium) tebal 4mm, ukuran 1,2m x 25m 850.000
Aluminium foil bubble/gelembung udara (bubble, double side premium) tebal 4mm, ukuran 1,2m x 25m 950.000
Thermal Foam Single Side Aluminium Foil tebal 5mm (26,5 m2) 1-5 roll 900.000
5-10 roll 850.000
10-50 roll 800.000
50-100 roll 750.000
Thermal Foam Double Side Aluminium Foil tebal 5mm (26,5 m2) 1-5 roll 1.000.000
5-10 roll 950.000
10-50 roll 900.000
50-100 roll 850.000
Thermal Foam Double Side Aluminium Foil tebal 10mm (26,5 m2) 1-5 roll 1.150.000
5-10 roll 1.100.000
10-50 roll 1.050.000
50-100 roll 1.000.000
Aluminium foil foam (lapis busa) tebal 3 mm, ukuran 1,2m x 25m 1.100.000
Aluminium foil foam (lapis busa) tebal 4 mm, ukuran 1,2m x 25m 1.400.000
Aluminium foil foam (lapis busa) tebal 8 mm, ukuran 1,2m x 25m 1.900.000
Aluminium foil bubble/gelembung udara (bubble, double side premium) tebal 8mm, ukuran 1,2m x 25m 2.025.000
Aluminium foil bubble/gelembung udara (bubble, double side premium) tebal 8 mm, ukuran 1,2m x 25m 2.100.000
Alumunium Shine Foil Double Per roll 440.700
Alumunium Shine Foil Single Per roll 316.400
Klin Pak Aluminium Foil 8 meter x 30 cm 22.600

Cara Memasang Aluminium Foil pada Atap

Cara Memasang Aluminium Foil pada Atap

Berikut ini adalah langkah-langkah dalam pemasangan aluminium foil untuk atap baja ringan:

  • Pilih jenis alumunium foil yang ingin Anda pasangkan pada rangka atap baja ringan.
  • Hitunglah luas bangun tersebut, bisa Anda perkirakan langsung jumlah aluminium foil yang dibutuhkan.
  • Potong aluminium foil, pemotongan ini harus sesuai dengan panjang bentangan. Untuk sambungan, Anda bisa menggunakan metalized tape.
  • Aluminium foil bisa langsung dipasangkan secara vertikal dengan mengikuti bidang. Untuk aluminium foil jenis single side sisi yang berlapis maka aluminium harus menghadap ke arah atas dan sisi karung atau kertas menghadap ke bawah.
  • Pada rangka atap baja ringan, aluminium foil dapat Anda pasa dengan cara dijepit di antara kaso baja ringan dan reng. Bisa Anda lakukan sebelum ataupun bersamaan dengan pemasangan reng.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai aluminum foil untuk atap yang sudah kami sampaikan secara lengkap mulai dari fungsi, kelebihan, daftar harga, sampai dengan pemasangan aluminum foil. Semoga pembahasan yang sudah kami sampaikan kali ini bisa bermanfaat bagi Anda semua. Terima kasih atas perhatiannya.

Leave a Comment