Harga Aquarium Kaca Minimalis Berbagai Ukuran


Aquarium Minimalis – Memelihara ikan merupakan hobby yang sangat mengasyikkan, selain kucing, burung, ataupun hewan yang lainya. Untuk memeliharanya tidak harus dalam sebuah kolam yang memiliki ukuran cukup besar. Anda bisa memeliharanya dalam aquarium besar atau bisa juga aquarium mini bulat. Biaya yang dikeluarkan pun nantinya juga akan jauh lebih murah daripada harus membangun sebuah kolam ikan.



Aquarium Bulat

Nah, jika Anda sekarang ini sedang berencana untuk memelihara ikan dalam aquarium dan mencari daftar harga aquarium paling lengkap maka Anda bisa simak artikel ini. Kali ini kami akan memberikan daftarnya secara lengkap dan membahas sedikit tentang aquarium sehingga bisa Anda jadikan sebagai gambaran sebelum membeli aquarium yang tepat.

Apa itu Aquarium?

Apa itu Aquarium

Aquarium merupakan sebuah wadah yang digunakan khusus untuk menaruh ikan hias peliharaan atau binatang air yang lainnya. Dalam ejaan Indonesia, aquarium biasa disebut dengan nama akuarium. Wadah ikan ini ada yang memiliki bentuk cukup besar dan ada pula yang bentuknya sangat kecil.

Pada umumnya aquarium mempunyai bentuk balok 3 dimensi. Tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa ada juga yang memiliki bentuk kubus, bola, dan bahkan simetris. Untuk jenisnya memang sangat banyak sehingga bisa dipilih sendiri sesuai dengan selera ataupun jenis ikan yang ingin dipelihara.



Selain digunakan sebagai sebuah wadah untuk memelihara ikan hias, aquarium juga memiliki fungsi sebagai penghias suatu ruangan. Tak heran jika ruangan yang cukup luas seperti di rumah, hotel seringkali dijumpai aquarium yang berisi berbagai macam jenis ikan hias.

Aquarium bisa ditemukan dengan sangat mudah di toko-toko yang menjual ikan hias. Harganya sangat bervariasi, mulai dari puluhan ribu bahkan mencapai jutaan rupiah. Kebanyakan aquarium terbuat dari bahan dasar kaca sehingga akan mudah pecah. Tetapi ada juga yang terbuat dari bahan plastik.

Namun biasanya aquarium yang terbuat dari bahan kaca lebih disenangi karena tampilannya sangat jernih dan bersih. Tetapi untuk lebih menghemat biaya kebanyakan orang membeli aquarium dari bahan plastik. Meskipun kualitas tidak sebagus aquarium kaca, setidaknya aquarium plastik  memiliki kelebihan yang tidak mudah untuk pecah.

Selain terdiri dari beberapa jenis, aquarium memiliki banyak sekali model. Namun dari sekian banyaknya model, aquarium model bulat masih menjadi primadona dan pilihan utama. Selain anak kecil, orang dewasa juga menyukai model aquarium ini. Untuk menaruh ikan-ikan hias yang berukuran kecil seperti cupang. Keuntungan menggunakan aquarium bulat adalah mudah sekali untuk dibersihkan dan bisa memberikan kesan yang sederhana, lucu dan sangat elegan.



Baca Juga:  Desain Kolam Ikan Minimalis Beserta Gambar

Model-model Aquarium Bulat

  1. Aquarium Kantong Bulat

Aquarium Kantong Bulat

Bisa dibilang bahwa model ini merupakan legend nya aquarium. Jenis aquarum dengan desain klasik yang memiliki bentuk kantong bulat seperti ini sudah ada sejak zaman dahulu. Bahkan di jaman modern yang sudah serba canggih sekarang ini model aquarium kantong bulat masih banyak digemari oleh sebagian besar orang. Pada umumnya digunakan untuk memelihara ikan-ikan kecil seperti koi dan cupang.

  1. Aquarium Bulat

Aquarium Bulat

Model aquarium ini masih dari jenis aquarium bulat. Namun model ini tidak memiliki bentuk seperti kantong. Lebih membulat dengan bagian mulut yang terbuka secara lebar. Sedangkan bentuk badannya sedikit membalok. Sebenarnya ini merupakan transformasi dari sisi klasik aquarium kantong bulat. Juga cocok sekali jika digunakan untuk memelihara ikan-ikan hias kecil.

  1. Aquarium Bulat Paralel

Aquarium Bulat Paralel

Masih merupakan model aquarium bulat, hanya saja sudah di desain sedemikian rupa hingga menjadi bentuk pararel. Model ini menggabungkan beberapa produk aquarium bulat. Hal ini tentunya bisa menciptakan kesan yang sangat mewah untuk penampilannya. Jika Anda ingin memelihara ikan dalam aquarium ini harus selalu memperhatikan faktor kebersihannya. Terutama di bagian saluran pararel atau penghubungnya. Usahakan untuk memilih rakitan aquarium bulat pararel yang mudah untuk dibongkar pasang.



  1. Aquarium Bulat Toples

Aquarium Bulat Toples

Aquarium bula toples ini semakin menunjukkan kesan minimalis dan modernnya. Memang memiliki bentuk yang sangat mirip dengan toples yang dimana nampak seperti ada tutupnya dan bagian alasnya juga tinggi.

Pada bagian kaca sudah dibuat khusus agar terlihat blur. Meskipun memiliki ukuran yang tidak begitu besar namun akan sangat cocok sekali untuk digunakan dalam memelihara ikan-ikan kecil. Terlebih jika diberikan hiasan yang warna-warni.

  1. Aquarium Bulat Air Tumpah

Aquarium Bulat Air Tumpah

Aquarium bulat air tumpah sangat terkesan mewah dengan desain yang sederhana. Karena model aquarium ini memang terlihat sangat bagus dengan posisi miring sampai airnya terlihat tumpah. Bisa Anda modifikasi sendiri, yaitu memiringkannya dengan memberikan bantalan atau ganjalan agar tidak jatuh. Selanjutnya berikan wadah sebagai penampung airnya. Namun untuk tingkat kemiringannya penting untuk diperhatikan. Jangan sampai ikan nantinya malah jatuh.

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Aquarium

Sebelum melakukan pembelian aquarium maka ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan. Hal ini bertujuan supaya  aquarium nantinya dapat digunakan dengan sebaik mungkin dan tidak salah pilih. Berikut ini adalah hal-hal yang penting untuk diperhatikan, diantaranya:

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Aquarium

  • Tempat atau Lokasi untuk Menempatkan Aquarium

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah masalah ketersediaan tempat yang ingin digunakan untuk meletakkan aquarium. Posisi letak yang baik tentunya dapat menciptakan kesan yang harmonis pada lingkungan sekitar. Perhatikan juga bahwa aquarium yang digunakan untuk aquascape sebaiknya ditempatkan pada ruangan yang mendapatkan sinar matahari cukup. Dengan adanya sinar matahari maka dapat membantu proses fotosintetis pada tanaman air ketika siang hari. Akan tetapi, sebenarnya hal ini tidak wajib dilakukan karena memang sudah ada lampu penerang dalam aquarium yang memiliki sinar untuk dapat menggantikan sinar matahari.



Leave a Comment