Harga Hebel / Batu Bata Ringan Per Kubik

Posted on

Harga Batu Bata Ringan –  Saat ini harga batu bata merah sudah semakin mahal dan langka. Hal inilah yang kemudian membuat banyak orang lebih beralih untuk menggunakan batu bata ringan. Kualitas batu bata yang satu ini sudah tidak perlu diragukan lagi.



Harga Hebel / Batu Bata Ringan Per Kubik

Bata ringan merupakan salah satu material yang cukup kuat dan awet. Selain itu, jenis batu bata ini memiliki sifat yang tidak menghantarkan api dan anti rembas air. Bahkan batu bata ringan memiliki bobot yang jauh lebih ringan jika dibandingkan dengan jenis batu bata lainnya seperti bata merah.

Apabila pengerjaan pasang dinding bangunan menggunakan jenis bata ringan maka sudah bisa dipastikan akan lebih cepat selesai. Biaya pasang dinding pun jauh lebih hemat karena tidak terlalu membutuhkan semen perekat. Jenis batu bata ringan sudah dapat terpasang hanya dengan menggunakan lem mortar.

Jenis-Jenis Batu Bata Ringan

Di Indonesia, ada dua macam jenis batu bata ringan yang dapat digunakan untuk membuat dinding sebuah bangunan. Kedua jenis tersebut adalah AAC atau Autoclaved Aerated Concrete dan batu bata ringan CLC atau Cellular Lightweight Concrete.

  • Batu Bata Ringan AAC atau Autoclaved Aerated Concrete

Bata Ringan AAC (Autoclaved Aerated Concrete)

Batu bata ringan dengan jenis AAC ini dibuat dari beberapa bahan seperti pasir silika, kapur, semen, dan air. Bahan-bahan tersebut kemudian dicampur secara merata dan dimasukkan ke dalam sebuah mesin autoclaved.

Pemrosesan dalam mesin ini dilakukan menggunakan uap yang memiliki tekanan tinggi dengan suhu 200 derajat celcius sehingga akan memicu terjadinya reaksi antara kapur dan pasir silika. Hasil akhirnya adalah berupa bata yang mempunyai pori-pori udara di bagian dalamnya sehingga bobotnya sangat ringan.

Berat batu bata ringan AAC atau Cellular Lightweight Concrete ini kurang lebih 650 kg/m3. Meskipun memiliki pori-pori di bagian dalamnya, tetapi material ini tidak akan menyerap air. Ini karena pori-porinya tersebut tidak saling berhubungan. Bahkan bisa dibilang jenis bata ringan yang satu ini merupakan bahan bangunan yang mempunyai daya serap air yang rendah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.