Harga Batu Koral Hitam Putih Untuk Taman


Batu Koral Hitam Dan Putih – Jika membahas mengenai batu alam, ada banyak sekali jenis batu alam yang memiliki nilai estetika lebih. Biasanya batu-batu tersebut mempunyai tingkat kehalusan yang berbeda dengan jenis bebatuan pada umumnya.



Salah satu jenis batu alam yang memiliki nilai estetika lebih dan banyak digunakan sebagai material penghias taman adalah batu koral.

Batu Koral

Dengan mengaplikasikan batu koral ditaman maka dapat dipastikan tampilan taman Anda akan terlihat semakin menarik dan nantinya akan membuat Anda semakin betah untuk duduk ditaman. Batu koral memang merupakan material bangunan dari alam yang sangat populer untuk digunakan dalam berbagai desain taman.

Mengenal Batu Koral untuk Aplikasi Taman

Mengenal Batu Koral untuk Aplikasi Taman

Batu koral atau yang biasa disebut dengan batu kerikil merupakan salah satu jenis batu alam yang mempunyai beragam variasi bentuk, warna, dan juga ukuran. Pesona yang dimiliki oleh jenis batu alam ini terdapat pada wujudnya yang berwarna-warni dan memiliki tekstur permukaan yang polos dan tidak begitu kasar.



Jenis-jenis batu koral biasanya dikategorikan berdasarkan warnanya seperti misalnya warna hitam, putih, marun dan lainnya.

Batu ini memiliki bentuk yang lonjong pipih dan dapat ditemukan dengan sangat mudah di sepanjang daerah aliran sungai.

Bebatuan ini sering digunakan untuk fungsi dekoratif, Anda bisa menata batu koral di taman, pagar kolam, lantai dan area landscape yang lainnya.

Baca juga: Berat Jenis Bahan Bangunan

Kelebihan Batu Koral

Batu koral memiliki banyak sekali kelebihan jika dibandingkan dengan batu alam yang lainnya. Adapun kelebihan yang dimiliki oleh batu koral adalah sebagai berikut:



Kelebihan Batu Koral

  1. Memiliki Warna dan Ukuran yang Beragam

Batu koral mempunyai ukuran dan warna yang beragam, tergantung dari jenisnya. Biasanya batu koral yang berasal dari setiap daerah akan menghasilkan warna yang berbeda. Seperti misalnya batu koral alor dan Bengkulu yang memiliki warna hitam, batu koral Sukabumi bewarna abu-abu, batu koral Flores warnanya hijau, dan lainnya.

Selain itu, ukuran batu koral juga sangat beragam dengan diameter mulai dari 1 cm sampai dengan 7 cm. Banyak sekali pilihan ukuran dan warna yang tersedia sehingga membuat Anda bebas memilih sesuai dengan kebutuhan.

  1. Indah dan Menarik

Bukan rahasia lagi bahwa batu koral terkenal dengan fisiknya yang sangat indah dan menarik. Inilah yang menjadi alasan mengapa batu koral lebih banyak digunakan sebagai material penghias daripada material utama.

Batu koral bisa digunakan pada interior atau eksterior rumah baik itu pada bagian dinding maupun lantai. Tetapi masyarakat lebih sering menggunakan batu koral sebagai penghias lantai taman dan juga carport.

  1. Keras dan Padat

Batu koral memiliki karakteristik yang keras dan padat. Hal ini akan membuat batu koral tidak mudah ditumbuhi oleh jamur ataupun lumut meskipun digunakan pada tempat dengan kondisi cukup lembab.



  1. Mudah dalam Perawatan

Sama seperti bebatuan alam yang lainnya, batu koral juga mudah dalam hal perawatannya. Jika kotor maka tinggal Anda siram dengan air lalu disikat. Jika kotoran masih tetap menempel maka Anda bisa menyiraminya dengan menggunakan air sabun.

Jenis-Jenis Batu Koral

Batu koral pada umumnya dibedakan melalui warna, ukuran dan juga tekstur permukaannya. Berdasarkan kriteria tersebut maka jenis-jenis batu koral adalah sebagai berikut:

  1. Koral Bengkulu

Koral Bengkulu

Batu koral bengkulu  memiliki warna keabu-abuan dengan ukuran yang sangat kecil seperti batu kerikil. Dilihat sekilas memang tidak ada perbedaan antara batu kali dengan batu Bengkulu. Namun jika Anda perhatikan secara teliti batu Bengkulu mempunyai tekstur yang jauh lebih halus. Jenis batu koral ini menjadi favorit masyarakat karena harganya sangat terjangkau dan cocok untuk desain eksterior.

  1. Koral Sikat Alor

Batu koral sikat alor mempunyai warna hitam yang mengkilat. Jenis batu koral ini mempunyai tampilan yang jauh lebih menarik dan elegan jika dibandingkan dengan batu koral Bengkulu. Maka tak heran jika harganya juga relatif lebih mahal. Sedangkan untuk masalah ukuran memiliki ukuran yang hampir sama yaitu sebesar batu kerikil.

  1. Koral Sikat Flores

Koral Sikat Flores

Ketika berjalan-jalan di area taman biasanya kita akan menjumpai batu putih yang terlihat cantik. Batu putih inilah yang disebut dengan batu sikal flores. Warna putih susu yang menyala yang dimiliki oleh batu koral sikat Flores membuatnya menjadi primadona diantara jenis lainnya. Batu koral sikal flores memiliki ukuran yang jauh lebih besar daripada dua jenis batu koral sebelumnya sehingga akan mudah untuk diaplikasikan.

  1. Koral Bali

Batu koral Bali memiliki warna yang sangat menarik dan bervariasi. Beberapa warna cantik yang dimiliki oleh batu koral Bali adalah putih kekuningan, abu-abu, merah, dan juga pink. Jenis batu koral yang satu ini mempunyai ukuran yang kecil dan halus sehingga cocok digunakan untuk menambah motif pada lantai.

  1. Batu Kupang

Jika dilihat sekilas, batu Kupang memang terlihat sangat mirip dengan batu koral sikaf Flores. Perbedaan dari kedua jenis batu koral ini hanya pada bintik-bintik warnanya saja. Batu sikat flores memiliki warna putih bersih, sedangkan batu Kupang mempunyai bintik merah, kuning, dan juga coklat pada bagian permukaannya.



Leave a Comment