Harga Batu Split Per Meter Kubik Terbaru

Posted on

Harga Batu Split – Dalam pembangunan suatu bangunan, baik itu gedung ataupun rumah sudah pasti akan membutuhkan banyak bahan baku. Beberapa bahan baku yang dibutuhkan adalah semen, pasir, besi, dan bahan bangunan yang lainnya.



Salah satu bahan bangunan yang memiliki peran penting dalam proses pembangunan adalah batu split.

batu split

Batu split ini menjadi bahan material yang paling penting dalam pembangunan pondasi, terutama untuk pondasi rumah ataupun bangunan lainnya yang tidak terdiri dari dua lantai. Maka tak heran jika batu split tidak pernah absen untuk dalam konstruksi bangunan.

Mengenal Batu Split

Mengenal Batu Kali

Batuan split adalah bahan bangunan yang dihasilkan dengan cara membelah batu yang memiliki ukuran besar menjadi bebatuan berukuran kecil-kecil. Batu split juga biasa disebut dengan batu belah. Hal ini karena proses mendapatkannya memang dengan cara membelah batu.

Membelahnya dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa metode, baik itu dengan metode manual ataupun dengan mesin industri. Umumnya batu tersebut menggunakan bongkahan batu kali yang memiliki ukuran super besar. Selanjutnya batu tersebut dibelah atau dipecahkan secara manual oleh para pekerja lokal sampai ukurannya menjadi sesuai dengan yang diinginkan.

Sedangkan untuk beberapa industri yang besar, biasanya mereka akan menggunakan mesin yang digunakan secara khusus sebagai penghancur batu. Selain jauh lebih cepat, kualitas yang dihasilkan juga akan jauh lebih baik jika menggunakan mesin.

Kegunaan Batu Split

Kegunaan Batu Split

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa bebatuan merupakan faktor yang paling penting dalam pembangunan suatu konstruksi. Sama halnya dengan batuan split yang memiliki fungsi yang sama, yakni sebagai bahan campuran antara batu, semen, dengan pasir atau campuran bahan adukan bangunan yang lainnya.

Bahan bangunan ini banyak digunakan di berbagai bangunan seperti pembuatan pondasi rumah, bantalan rel kereta api, pengecoran jalan tol, jembatan, dermaga, dan bangunan yang lainnya. Bangunan yang menggunakan bahan baku batu split dapat dipastikan akan berdiri dengan sangat kokoh dan kuat.

Disamping itu, apabila komposisi yang digunakan sebagai bahan adukan tepat maka bangunan tersebut mampu tahan lama dan tidak akan cepat rapuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published.