Harga Baut Dynabolt Lengkap Berbagai Ukuran


Harga Baut Dynabolt Berbagai Ukuran – Jika membahas mengenai material bangunan, tentunya ada banyak sekali komponen yang diperlukan. Salah satu komponen yang memiliki peran cukup penting adalah dynabolt. Anda bisa menemukan komponen ini di beberapa toko bangunan terdekat yang berada di kota Anda. Untuk masalah harganya sendiri juga sangat bervariasi tergantung dari jenis dynabolt itu sendiri.



Baut Dynabolt

Nah, jika Anda sedang mencari informasi mengenai daftar harga baut dynabolt secara lengkap maka Anda bisa simak ulasan ini. Kami akan sajikan daftar harganya lengkap beserta sedikit penjelasan mengenai baut dynabolt. Untuk lebih jelasnya mari langsung saja simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

Apa Itu Dynabolt?

pengertian Baut Dynabolt

Dynabolt atau anchor atau baut tanam merupakan salah satu komponen bangunan yang mempunyai selongsong silinder dan bisa mengembang jika baut sudah di kencangkan. Komponen ini pada umumnya digunakan untuk menyatukan antara dua elemen yang berada pada sebuah bangunan, seperti misalnya instalasi pengencangan objek ke beton, batu, ataupun material yang lainnya.

Berbeda halnya dengan paku atau mur baut biasa, dynabolt memiliki sistem yang selalu berbeda. Perbedaan antara baut dynabolt dengan mur baut yang biasa terdapat pada sebuah elemen yang memiliki fungsi sebagai silinder dengan bentuk mirip seperti selongsong peluru tetapi bisa membesar, mekar ataupun mengembang pada saat baut mulai dikencangkan. Hal ini tentu berbeda dengan mur yang sudah pasti bentuknya akan selalu tetap walaupun sudah dikencangkan.



Disamping itu, silinder yang memiliki fungsi sebagai mur tersebut akan selalu ditanamkan pada sebuah media seperti misalnya dinding, beton, ataupun media yang lainnya. Inilah yang menjadi alasan utama mengapa baut tanam sekarang ini biasa disebut dengan dynalbolt.

Dynabolt mempunyai 3 elemen yang cukup penting. Elemen yang pertama adalah baut berulir yang memiliki bentuk seperti mur tetapi sedikit lancip mirip dengan paku. Semakin ke ujung maka ulirnya juga akan semakin mengecil. Eelemen yang kedua ada selongsong silinder yang dimana selongsong tersebut bisa membesar jika baut berulir mulai dimasukkan ke dalamnya. Dan yang terakhir adalah ring atau cincin  yang biasa sebagai penahan.

Baca juga: Harga Besi Siku Lubang Dan Polos

Berbagai Jenis Dynabolt dan Fungsinya

Jenis-jenis dynabolt

Dynabolt memiliki jenis yang sangat beragam dengan fungsi yang berbeda. Anda bisa memilihnya sendiri sesuai dengan kebutuhan bangunan Anda. Adapun jenis-jenis dynabolt adalah sebagai berikut ini:



  1. Dynabolt Chemical Anchor

Dynabolt Chemical Anchor

Sesuai dengan namanya, dynabolt ini biasa memanfaatkan zat kimia dalam pembuatan komponen campuran. Hal ini bertujuan untuk dapat menambah kekuatan, dan bahkan mempunyai daya tahan yang sangat kuat jika digunakan di laut. Chemical anchor sendiri terdiri dari dua macam komponen, yaitu bahan kimia sebagai pengikat dan juga steel anchor.

Cara kerjanya adalah anchor dimasukkan langsung ke dinding atau beton yang tentunya sudah dilubangi sebelumnya. Lubang tersebut harus dibersihkan lebih dahulu, kemudian bisa disuntik dengan zat kimia dan steel anchor bisa dimasukkan. Zat kimia yang digunakan sebaiknya yang memiliki bentuk seperti kapsul.

  1. Dynabolt Tanpa Bahan Kimia

Jenis dynabolt yang selanjutnya adalah dynabolt tanpa menggunakan bahan kimia. Sumber kekuatan dynabolt ini berasal dari media tanamnya, baik itu berupa beton ataupun dinding batu biasa dan juga spesifikasi dari kekuatan dynabolt itu sendiri. Untuk masalah sistem kerja dan modelnya bisa dibilang cukup banyak, sesuai dengan media atau material yang digunakan untuk penanaman anchor.

Namu salah satu sistem yang biasa digunakan adalah sistem kembang. Setelah dimasukkan, achor yang berada di dalam lubang akan menjadi semakin kuat apabila ditarik. Sama halnya dengan chemical ancor, untuk membuat lubang maka media tanam harus di lakukan bor terlebih dahulu agar bisa memasukkan anchor.

Untuk ukuran dan juga kedalaman lubang harus disesuaikan dengan jenis spesifikasi yang diperlukan. Pada umumnya ukuran kedalaman ataupun besar lubang sudah tertera pada kertas petunjuk atau analog yang Anda dapatkan ketika membeli jenis dynabolt.



  1. Dynabolt Klasik

Dynabolt Klasik

Dyanabolt klasik adalah anchor yang ditanam terlebih dahulu. Anchor harus dipasang ke dalam secara bersamaan dengan proses mengecor struktur bangunan. Jika ingin segera Anda gunakan maka dynabolt klasik sudah tidak perlu pengeboran untuk dapat membuat lubang. Jenis dynabolt ini sangat mudah untuk dijumpai di Indonesia, karena memang banyak digunakan di berbagai tempat.

  1. Dynabolt dalam Baja Ringan

Penggunaan dynabolt ini juga melalui berbagai langkah. Pertama, pada bagian media tanam harus dilubangi terlebih dahulu, ukurannya harus sesuai dengan selongsong silinder.  Untuk kedalamannya harus mencapai ring penahan atau cincin.

Setelah itu lubang bisa langsung dibersihkan, kemudian silinder bisa segera dimasukkan dan penempelan benda bisa dilekatkan di dinding. Apabila proses ini sudah selesai maka tinggal Anda masukkan anchor ke bagian selongsong silinder dan dikencangkan.

Cara Memasang Dynabolt

Cara Memasang Dynabolt

Supaya Anda bisa memasang dynabolt dengan baik dan benar maka Anda bisa mempelajari panduan cara yang akan kami sampaikan di bawah ini. Namun sebelum itu ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika memasang dynabolt, yaitu:



Leave a Comment