Harga Besi Kolom Praktis / Kolom Jadi Terbaru

Besi Kolom Praktis – Dalam pembangunan suatu gedung pastinya Anda sudah tidak asing lagi jika mendengar istilah kolom praktis.

Kolom praktis adalah sebuah kolom yang pada umumnya digunakan untuk membuat dinding bangunan menjadi kuat dan kokoh.

kolom praktis

Disamping itu, kolom praktis sangat dibutuhkan supaya dinding bangunan nantinya tidak akan roboh pada saat terjadi gempa. Pada artikel kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai kolom praktis mulai dari pengertian, fungsi, cara menghitung kebutuhan, dan harga besi kolom praktis terbaru.

Pengertian Kolom Praktis

Pengertian Kolom Praktis

Besi kolom praktis adalah sebuah istilah yang biasa digunakan dalam dunia konstruksi untuk menyebutkan struktur kolom pada rancangan suatu bangunan, baik itu bangunan rumah ataupun gedung. Pada umumnya besi kolom praktis terbuat dari bahan dasar beton sehingga sudah pasti kokoh dan memiliki ketahanan terhadap segala macam goncangan.

Besi kolom praktis mempunyai fungsi sebagai rangka struktur bangunan supaya terhindar dari resiko keruntuhan. Besi kolom praktis ini biasanya dibuat dalam posisi vertikal dengan tujuan untuk dapat menahan beban balok supaya tidak mengalami keruntuhan pada saat terjadi getaran ataupun goncangan.

Perbedaan Kolom Praktis dan Kolom Struktur

Perbedaan Kolom Praktis dan Kolom Struktur

Supaya Anda tidak mengalami kesulitan dalam mengenal kolom praktis, berikut ini kami akan menjelaskan mengenai perbedaan antara kolom praktis dengan kolom struktur utama pada suatu bangunan.

  • Kolom struktur utama mempunyai fungsi untuk menahan keseluruhan bangunan secara vertikal. Sedangkan kolom praktis memiliki fungsi untuk dapat menahan dinding tembok dari gaya melintang supaya tidak roboh.
  • Kolom struktur menahan balok dan plat lantai pada suatu bangunan. Sedangkan untuk kolom praktis tidak diperhitungkan untuk menahan beban balok maupun lantai walaupun dalam kenyataanya peletakan kolom praktis ini bisa membantu kolom stuktur utama untuk menahan balok.
  • Kolom stuktur umumnya memiliki ukuran yang bisa dibilang cukup besar dengan pondasi yang sangat dalam. Sedangkan kolom praktis umumnya hanya tersembunyi di bagian dalam dinding sehingga tidak akan nampak jika dilihat dari luar dan biasanya menggunakan pondasi menerus seperti dinding.

Baca Juga: Detail Pondasi Rumah

Kelebihan Besi Kolom Praktis

Kelebihan Besi Kolom Praktis

Sebagai rangka bangunan, besi kolom praktis mempunyai banyak sekali kelebihan. Adapun kelebihan besi kolom praktis adalah sebagai berikut:

  • Mempunyai struktur yang sangat kuat dan kokoh.
  • Mempunyai daya tekan yang jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan jenis material konstruksi yang lainnya.
  • Awet dan bisa tahan lama untuk digunakan dalam jangka panjang karena mampu menopang beban bangunan.
  • Anti air dan anti api sehingga tidak akan mudah terbakar jika terkena api. Sedangkan jika terkena air tidak akan mudah berkarat.
  • Biaya perawatannya yang terbilang cukup murah.

Kekurangan Besi Kolom Praktis

Kekurangan kolom praktis

Selain memiliki banyak kelebihan, besi kolom praktis ternyata juga mempunyai beberapa kekurangan, yaitu:

  • Biasanya dibutuhkan cukup banyak besi kolom praktis untuk digunakan pada bangunan rumah secara keseluruhan, dengan demikian maka biaya yang harus dikelurkan pun juga cukup mahal.
  • Untuk masalah kualitasnya sangat tergantung dari produsen kolom praktis itu sendiri. Jika misalnya Anda kurang teliti maka bisa salah pilih dan harus membuang banyak waktu hanya untuk menukar dengan besi kolom praktis yang bagus.
  • Diharuskan untuk membuat perhitungan ukuran dan jumlah besi kolom praktis yang akan dibutuhkan secara menyeluruh. Jika Anda salah dalam perhitungan maka dapat dipastikan tidak akan efisien dan efektif, baik itu dari segi biaya ataupun waktu.

Penggunaan Besi Kolom yang Sudah Jadi Sebagai Pondasi

Penggunaan Besi Kolom

Apabila Anda ingin menggunakan besi kolom praktis sebagai pondasi rumah, maka hal pertama kali yang harus Anda lakukan adalah membuat desain rumah yang simple dan simetris. Perbandingan yang digunakan antar panjang dengan lebarnya adalah 2 : 1.

Selain harus mempertimbangkan desain rumah yang simple dan simeteris, penting juga untuk memperhatikan kondisi tanah. Tanah yang akan digunakan untuk menempatkan pondasi harus keras dan jangan sampai lembek sehingga dapat memberikan hasil yang kokoh dan tahan terhadap segala macam goncangan ataupun getaran.

Penggunaan besi kolom praktis ang sudah jadi untuk dijadikan sebagai pondasi mempunyai tujuan supaya bobot bangunan menyebar. Besi kolom praktis yang digunakan pada umumnya berasal dari tulangan beton yang kuat sehingga sudah pasti akan membuatnya kokoh dan kuat.

Baca juga: Harga Besi WF Per Kg

Cara Menghitung Kebutuhan Beton / Besi Kolom Praktis

Cara Menghitung Kebutuhan Beton / Besi Kolom Praktis

Untuk melakukan perhitungan kebutuhan besi kolom praktis, Anda bisa menggunakan cara perhitungan sebagai berikut ini:

  1. Buatlah perkiraan mengenai tinggi tiang, ukuran dari kolom tiang, diameter besi pokok, besi cincin dan juga jarak untuk pemasangan besi cincin atau sengkak.
  2. Sebagai contoh: panjang total adalah 50 cm, ukuran dari besi kolom praktis adalah 10 cm x 15 cm, besi pokok sebanyak 6 buah dengan diameter 5 mm, dan jarak pemasangan besi sengkak 10 cm dengan menggunakan besi 5 mm. Maka cara yang digunakan untuk melakukan perhitungan besi kolom yang diperlukan adalah sebagai berikut:
  3. Besi pokok memiliki diameter 5 mm yang dibutuhkan adalah 50 m x 6 buah : 12 (ukuran dari besi kolom untuk setiap batang di toko material adalah 25 batang). Maka sebaiknya Anda membeli 30 batang dan jangan sampai kurang (bisa Anda lebihkan sampai 5 batang untuk digunakan stek penguat sambungan).
  4. Besi cincin atau sengkang berdiameter 5 mm yang diperlukan adalah 100 m : 0,1 m = 100 buah besi cincin.
  5. Rangkaian besi kolom praktis yang akan dilapisi dengan beton cor pada bagian semua sisinya setebal 2 cm. Apabila ukuran dari besi kolom praktis adalah 10 cm x 15 cm, untuk dua sisi beton memiliki lebar 10 cm = 10 – 4 = 6 cm dan juga 15 – 4 = 11. Jadi untuk panjang dari besi cincin atau sengkang apabila dibentangkan adalah (6×2) + (11×2) + 4 = 38 cm.
  6. Besi cincin atau sengkang dengan ukuran diameter 5 mm yang perlu Anda beli adalah 38 cm x 1000 = 38000 cm > 380 m : 12 (ukuran besi kolom praktis untuk per batang di toko material bangunan adalah 31,6 batang). Jadi setidaknya Anda haru membeli 32 sampai 35 batang.
  7. Sedangkan untuk pembelian kawat beton yang akan digunakan sebagai pengikat maka Anda bisa membeli 2 kg atau 2 gulung.

Harga Besi Kolom Praktis

harga kolom praktis

Harga Kolom Praktis Jadi :

No Ukuran(Meter) Harga
1 Kolom mm 6,4 (8sd) 8/12 O 6.35 x 3m Rp. 42.450/3m
2 Kolom mm 6,4 (8sd) 8/12 O 6.35 x4m Rp. 54.450/4m
3 Kolom mm 8 Full 8/15 O 6.20 x 3m Rp. 62.450/3m
4 Kolom mm 8 Full 8/15 O 6.20 x 4m Rp. 81.450/4m
5 Kolom mm 10 Full 8/15 O 6.20 x 3m Rp. 93.450/3m
6 Kolom mm 10 Full 8/15 O 6.20 x 4m Rp. 126.450/4m

Harga Besi Tulangan/ Sloof :

No Jenis Besi Ukuran Harga
1 Pondasi cakar ayam 50 x 50 cm Rp 42.450/buah
40 x 40 cm Rp 37.450/buah
2 Kolom, balok, sloof 3 meter Rp 27.450/buah
3,5 meter Rp 37.450/buah
4 meter Rp 52.450/buah
3 Beugel Ø 6 mm Rp 17.450/Kg
Ø 8 mm Rp 59.450/Kg
Ø 10 mm Rp 123.450/Kg

Harga besi kolom praktis tergantung dari spesifikasi dan juga ukurannya. Panjang besi kolom yang biasanya dijual di toko material bangunan adalah 3 sampai 4 m dengan harga sekitar 40 ribuan sampai 120 ribuan.

Baca Juga: Harga Pasir Bangunan Per Kubik

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan di website udhargabangunan.com mengenai besi kolom praktis secara lengkap beserta harga dan cara menghitung kebutuhannya. Untuk harga yang kami sampaikan diatas bisa saja mengalami perubahan sewaktu-waktu menyesuaikan dengan lokasi dan juga produsennya.

Leave a Comment