Harga Besi Kolom Praktis / Kolom Jadi Terbaru

Posted on

Besi Kolom Praktis – Dalam pembangunan suatu gedung pastinya Anda sudah tidak asing lagi jika mendengar istilah kolom praktis.



Kolom praktis adalah sebuah kolom yang pada umumnya digunakan untuk membuat dinding bangunan menjadi kuat dan kokoh.

kolom praktis

Disamping itu, kolom praktis sangat dibutuhkan supaya dinding bangunan nantinya tidak akan roboh pada saat terjadi gempa. Pada artikel kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai kolom praktis mulai dari pengertian, fungsi, cara menghitung kebutuhan, dan harga besi kolom praktis terbaru.

Pengertian Kolom Praktis

Pengertian Kolom Praktis

Besi kolom praktis adalah sebuah istilah yang biasa digunakan dalam dunia konstruksi untuk menyebutkan struktur kolom pada rancangan suatu bangunan, baik itu bangunan rumah ataupun gedung. Pada umumnya besi kolom praktis terbuat dari bahan dasar beton sehingga sudah pasti kokoh dan memiliki ketahanan terhadap segala macam goncangan.



Besi kolom praktis mempunyai fungsi sebagai rangka struktur bangunan supaya terhindar dari resiko keruntuhan. Besi kolom praktis ini biasanya dibuat dalam posisi vertikal dengan tujuan untuk dapat menahan beban balok supaya tidak mengalami keruntuhan pada saat terjadi getaran ataupun goncangan.

Perbedaan Kolom Praktis dan Kolom Struktur

Perbedaan Kolom Praktis dan Kolom Struktur

Supaya Anda tidak mengalami kesulitan dalam mengenal kolom praktis, berikut ini kami akan menjelaskan mengenai perbedaan antara kolom praktis dengan kolom struktur utama pada suatu bangunan.

  • Kolom struktur utama mempunyai fungsi untuk menahan keseluruhan bangunan secara vertikal. Sedangkan kolom praktis memiliki fungsi untuk dapat menahan dinding tembok dari gaya melintang supaya tidak roboh.
  • Kolom struktur menahan balok dan plat lantai pada suatu bangunan. Sedangkan untuk kolom praktis tidak diperhitungkan untuk menahan beban balok maupun lantai walaupun dalam kenyataanya peletakan kolom praktis ini bisa membantu kolom stuktur utama untuk menahan balok.
  • Kolom stuktur umumnya memiliki ukuran yang bisa dibilang cukup besar dengan pondasi yang sangat dalam. Sedangkan kolom praktis umumnya hanya tersembunyi di bagian dalam dinding sehingga tidak akan nampak jika dilihat dari luar dan biasanya menggunakan pondasi menerus seperti dinding.

Baca Juga: Detail Pondasi Rumah

Kelebihan Besi Kolom Praktis

Kelebihan Besi Kolom Praktis



Sebagai rangka bangunan, besi kolom praktis mempunyai banyak sekali kelebihan. Adapun kelebihan besi kolom praktis adalah sebagai berikut:

  • Mempunyai struktur yang sangat kuat dan kokoh.
  • Mempunyai daya tekan yang jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan jenis material konstruksi yang lainnya.
  • Awet dan bisa tahan lama untuk digunakan dalam jangka panjang karena mampu menopang beban bangunan.
  • Anti air dan anti api sehingga tidak akan mudah terbakar jika terkena api. Sedangkan jika terkena air tidak akan mudah berkarat.
  • Biaya perawatannya yang terbilang cukup murah.

Kekurangan Besi Kolom Praktis

Kekurangan kolom praktis

Selain memiliki banyak kelebihan, besi kolom praktis ternyata juga mempunyai beberapa kekurangan, yaitu:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *