Harga Besi Siku Berbagai Ukuran 4×4, 5×5, Dll


Harga Besi Siku – Bahan material yang akan kita ulas ini adalah sebuah besi yang mempunyai bentuk siku. Jenis besi ini terdiri dari dua bentuk sudut, yaitu besi dengan sudut 90 derajat dan besi dengan sudut 45 derajat.



Besi siku yang memiliki sudut 45 derajat biasa disebut dengan “Besi L-Bracket” atau besi angle bar.

besi siku

Selain dibedakan menurut derajat sudutnya, besi siku juga dibedakan berdasarkan bentuknya. Besi siku ada yang polos dan ada juga yang berlubang, keduanya bisa diandalkan untuk menjadi penopang struktur kontruksi, tetapi berbeda wilayah penggunaan.

Besi siku ini terbuat dari bahan dasar skrap dan billet. Billet adalah sejenis baja batangan yang dihasilkan melalaui proses pengecoran biji besi atau pig iron. Sementara itu, skrap adalah besi bekas yang telah dipanaskan dalam suhu panas tertentu sehingga bisa dicetak ulang menjadi besi yang baru.

Jenis-Jenis Besi Siku

Besi siku mempunyai banyak jenis yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan, seperti misalnya bahan konstruksi ataupun pembuatan barang-barang yang tertentu. Berikut ini adalah jenis-jenis besi siku lengkap beserta ukurannya:



jenis-jenis besi siku

  1. Besi Siku Sama Sisi

Jenis besi siku pertama yang banyak ditemui di pasaran adalah besi siku sama sisi. Sesuai dengan namanya, besi siku sama sisi mempunyai sisi yang sama panjang, baik itu sisi bawah ataupun sisi atas.

Ukuran yang sama dari besi siku sama sisi adalah untuk sisi panjang dan juga lebarnya. Tetapi untuk dimensi yang lainnya seperti berat besi siku sama sisi dapat disesuakan dengan tebal dari besi tersebut.

  1. Besi Siku Tidak Sama Sisi

Jika besi siku memiliki spesifikasi ukuran dimensi yang sisinya sama, maka jenis besi siku tidak sama sisi ini adalah kebalikannya. Pada besi siku tidak sama sisi ini, bagian sisi-sisi yang membentuk sudut siku-sikunya mempunyai dimensi yang tidak sama panjang.



Seperti misalnya besi yang memiliki ukuran 100 x 75 mm, yang mana besi siku ini mempunyai dimensi panjang 100 mm dengan lebar 75 mm. Tentu berbeda dengan jenis yang sebelumnya.

  1. Besi Siku Berlubang

Jenis besi siku ini mempunyai karakteristik yang khusus dengan adanya bagian lubang dalam setiap sisinya. Lubang tersebut memiliki fungsi sebagai tempat untuk pemasangan baut. Besi berlubang ini biasnya memiliki dimensi sama sisi. Namun ciri khas dimiliknya yaitu adanya lubang membuatnya berbeda dengan jenis besi siku sama sisi.

Kelebihan atau Keunggulan Besi Siku

Besi siku yang digunakan sebagai material bangunan memiliki banyak kelebihan atau keunggulan. Adapun kelebihan yang dimiliki oleh besi siku adalah sebagai berikut:

Kelebihan atau Keunggulan Besi Siku

  1. Kuat dan Kokoh

Keunggulan pertama dari besi siku adalah memiliki sifat yang kuat dan kokoh. Jika dibandingkan dengan jenis yang lainnya, besi sikut memiliki sifat yang kuat dan kokoh. Maka tak heran jenis besi ini banyak digunakan untuk pembuatan barang-barang furniture seperti lemari besi dan juga tiang penyangga penyimpanan air.

  1. Tahan Karat

Kelebihan lainnya dari besi siku adalah memiliki ketahanan terhadap segala macam cuaca, terutama hujan. Keunggulan ini bisa didapatkan jika besi siku digunakan sebagai tower penyimpanan air. Tower untuk penyimpanan air sudah pasti ditempatkan diluar rumah yang hampir terkena paparan cuaca panas ataupun dingin setiap harinya.



Hal tersebut tentunya akan mengakibatkan terjadinya karat pada besi. Namun Anda tidak perlu khawatir jika menggunakan besi siku sebagai bahan bangunan atau industri karena besi ini anti karat.

  1. Anti Rayap

Banyak sekali yang memanfaatkan besi siku dalam kehidupan sehari-hari seperti untuk pembuatan kerangka pintu, dan lemari penyimpanan. Besi ini memang sangat cocok untuk pembuatan bahan-bahan tersebut karena selain kuat dan awet, besi sikut juga memiliki sifat anti rayap sehingga bisa memperpanjang daya tahan perabotan rumah yang dibuat dari bahan besi  ini.

Baca Juga: Harga Besi WF Per Batang

Fungsi dan Kegunaan Besi Siku

Bagi Anda yang ingin mengenal besi siku lebih dalam lagi, kali ini kami akan menjelaskan mengenai fungsi dan kegunaan besi siku:

  1. Untuk Rak Besi

Untuk Rak Besi

Mungkin Anda sering melihat rak besi yang umumnya digunakan di lingkungan pertokoan maupun perkantoran? Jika itu, rak besi tersebut telah dikonstruksi dengan menggunakan besi siku yang memang terkenal sangat kuat dan kukuh sehingga mampu menahan benda berat. Anda pun bisa meletakkan lebih banyak barang pada rak tersebut tanpa takut ambruk.

  1. Struktur Menara Tangki Air

Struktur Menara Tangki Air

Hampir setiap hunian membutuhkan tangki air sebagai tempat penyimpanan pasokan air. Tangki air sendiri mempunyai bobot yang cukup berat. Tetapi pembuatan menara tangki air ini menggunakan besi siku yang sangat kokoh sehingga tangki air bisa berdiri secara stabil walaupun ditempatkan jauh di atas permukaan tanah.

  1. Sebagai Kerangka Pintu

Sebagai Kerangka Pintu

Jika Anda ingin memasang pintu rumah yang kuat dan kokoh maka pemasangan pintu yang menggunakan kerangka dari susunan besi siku merupakan pilihan yang tepat. Hal ini karena besi siku mempunyai durabilitas yang sangat baik, kerangka pintu dari besi siku sangat cocok digunakan untuk menahan daun pintu yang terbuat dari bahan besi, kayu ataupun kaca.



Leave a Comment