Harga Buis Beton Kotak Dan U Terbaru 2022

Posted on

Buis Beton Kotak Dan U – Buis beton atau yang biasa disebut dengan gorong-gorong merupakan bahan bangunan yang biasa digunakan sebagai pelapis dinding tanah dalam pembuatan sumur dan pengerjaan untuk saluran pembuangan limbah.



Bahan bangunan ini memiliki fungsi sebagai material pembuangan air yang dimana penggunaannya bisa memudahkan pengerjaan karena tidak perlu dilakukan pengecoran.

buis beton

Pengertian buis beton beserta fungsi, manfaat, dan harganya penting untuk diketahui supaya saat melakukan pembelian kita bisa memilih buis beton yang memiliki kualitas paling bagus. Nah, kali ini kami akan menjelaskan mengenai buis beton secara lengkap dan jelas yang dapat Anda jadikan sebagai referensi sebelum membeli beton.

Untuk lebih jelasnya mari langsung saja simak ulasan berikut ini.

Pengertian Buis Beton

Pengertian Buis Beton



Buis beton adalah bahan bangunan yang terbuat dari bahan dasar beton dan telah dibentuk hingga sedemikian rupa sehingga penampangnya menjadi bentuk seperti pipa. Buis beton ini juga biasa disebut dengan hong atau gorong-gorong beton.

Bahan bangunan ini dibuat dengan menggunakan besi tulangan maupun tidak dengan besi tulangan. Tulangan dalam hal ini adalah serangkaian besi baja yang dibntuk untuk menjadi suatu jaring-jaring dan ditanam langsung ke dalam cetakan sehingga memiliki fungsi sebagai penguat dari bahan adukan mortar.

Namun harga jual buis beton bertulang jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan buis beton yang tanpa menggunakan tulang.

Fungsi Buis Beton

Fungsi Buis Beton



Seperti yang sudah kami singgung sebelumnya, fungsi utama buis beton adalah sebagai saluran air. Fungsi inti dari material buis beton bisa dibilang sangat sederhana, yakni untuk dapat membantu proses pengaliran air.

Untuk lebih jelasnya berikut ini kami akan menjelaskan mengenai fungsi buis beton.

  1. Buis Beton untuk Sumur Resapan

Buis Beton untuk Sumur Resapan

Fungsi penggunaan buis beton yang pertama adalah sebagai sumur resapan. Dalam hal ini buis beton dimanfaatkan sebagai pelapis dinding tanah ketika membuat sumur resapan. Dulunya sumur resapan dibuat dari bahan dasar batu kali dan tanah dengan cara di cor. Namun sekarang ini sudah ada buis beton yang berfungsi untuk memudahkan dalam pengerjaan sumur tanah dan bahkan bisa lebih menghemat biaya.

Khusus untuk sumur resapan, dimensi buis beton yang digunakan umumnya memiliki bentuk bulat atau lingkaran. Buis beton jenis ini disebt dengan buis beton model pipe concrete. Sumur resapan yang memanfaatkan buis beton diketahui mempunyai kelebihan seperti daya tahan yang lebih lama. Hal ini tentunya tergantung dari jenis buis beton yang ingin digunakan.

  1. Buis Beton untuk Gorong-gorong

Buis Beton untuk Gorong-gorong



Tipe buis beton yang digunakan untuk gorong-gorong ini sama seperti untuk sumur resapan. Namun untuk gorong-gorong lebih sering menggunakan buis beton dengan tipe setengah lingkaran. Sedangkan untuk dimensi dan spesifikasi buis beton dapat disesuaikan dengan kebutuhan di lapangan.

Fungsi buis beton memang sebagai pelapis dinding tanah yang sangat baik. Disamping itu, pengerjaannya bisa dibilang sangat cepat dan bahan materialnya cukup kuat. Maka dari itu, untuk pembuatan gorong-gorong atau drainase usahakan untuk menggunakan buis beton daripada teknik cor maupun teknik yang lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.