Harga Buis Beton Kotak Dan U Terbaru 2020

Buis Beton Kotak Dan U – Buis beton atau yang biasa disebut dengan gorong-gorong merupakan bahan bangunan yang biasa digunakan sebagai pelapis dinding tanah dalam pembuatan sumur dan pengerjaan untuk saluran pembuangan limbah.

Bahan bangunan ini memiliki fungsi sebagai material pembuangan air yang dimana penggunaannya bisa memudahkan pengerjaan karena tidak perlu dilakukan pengecoran.

buis beton

Pengertian buis beton beserta fungsi, manfaat, dan harganya penting untuk diketahui supaya saat melakukan pembelian kita bisa memilih buis beton yang memiliki kualitas paling bagus. Nah, kali ini kami akan menjelaskan mengenai buis beton secara lengkap dan jelas yang dapat Anda jadikan sebagai referensi sebelum membeli beton.

Untuk lebih jelasnya mari langsung saja simak ulasan berikut ini.

Pengertian Buis Beton

Pengertian Buis Beton

Buis beton adalah bahan bangunan yang terbuat dari bahan dasar beton dan telah dibentuk hingga sedemikian rupa sehingga penampangnya menjadi bentuk seperti pipa. Buis beton ini juga biasa disebut dengan hong atau gorong-gorong beton.

Bahan bangunan ini dibuat dengan menggunakan besi tulangan maupun tidak dengan besi tulangan. Tulangan dalam hal ini adalah serangkaian besi baja yang dibntuk untuk menjadi suatu jaring-jaring dan ditanam langsung ke dalam cetakan sehingga memiliki fungsi sebagai penguat dari bahan adukan mortar.

Namun harga jual buis beton bertulang jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan buis beton yang tanpa menggunakan tulang.

Fungsi Buis Beton

Fungsi Buis Beton

Seperti yang sudah kami singgung sebelumnya, fungsi utama buis beton adalah sebagai saluran air. Fungsi inti dari material buis beton bisa dibilang sangat sederhana, yakni untuk dapat membantu proses pengaliran air.

Untuk lebih jelasnya berikut ini kami akan menjelaskan mengenai fungsi buis beton.

  1. Buis Beton untuk Sumur Resapan

Buis Beton untuk Sumur Resapan

Fungsi penggunaan buis beton yang pertama adalah sebagai sumur resapan. Dalam hal ini buis beton dimanfaatkan sebagai pelapis dinding tanah ketika membuat sumur resapan. Dulunya sumur resapan dibuat dari bahan dasar batu kali dan tanah dengan cara di cor. Namun sekarang ini sudah ada buis beton yang berfungsi untuk memudahkan dalam pengerjaan sumur tanah dan bahkan bisa lebih menghemat biaya.

Khusus untuk sumur resapan, dimensi buis beton yang digunakan umumnya memiliki bentuk bulat atau lingkaran. Buis beton jenis ini disebt dengan buis beton model pipe concrete. Sumur resapan yang memanfaatkan buis beton diketahui mempunyai kelebihan seperti daya tahan yang lebih lama. Hal ini tentunya tergantung dari jenis buis beton yang ingin digunakan.

  1. Buis Beton untuk Gorong-gorong

Buis Beton untuk Gorong-gorong

Tipe buis beton yang digunakan untuk gorong-gorong ini sama seperti untuk sumur resapan. Namun untuk gorong-gorong lebih sering menggunakan buis beton dengan tipe setengah lingkaran. Sedangkan untuk dimensi dan spesifikasi buis beton dapat disesuaikan dengan kebutuhan di lapangan.

Fungsi buis beton memang sebagai pelapis dinding tanah yang sangat baik. Disamping itu, pengerjaannya bisa dibilang sangat cepat dan bahan materialnya cukup kuat. Maka dari itu, untuk pembuatan gorong-gorong atau drainase usahakan untuk menggunakan buis beton daripada teknik cor maupun teknik yang lainnya.

Baca juga: Harga Box Culvert Berbagai Ukuran

  1. Buis Beton untuk Pengairan

Buis Beton untuk Pengairan

Fungsi buis beton yang terakhir adalah untuk pengairan. Sebenarnya fungsi ini juga sama saja dengan buis beton untuk gorong-gorong atau drainase. Dimana dalam hal ini buis beton yang digunakan adalah tipe buis beton bulat maupun buis beton belah.

Proses pengerjaan dengan menggunakan buis beton jauh lebih cepat dan murah jika dibandingkan dengan beberapa material saluran yang lainnya. Selain itu, penggunaan material buis beton untuk pengairan diketahui jauh lebih unggul jika dibandingkan material batu kali.

Hal tersebut dikarenakan buis betoon yang digunakan untuk pengairan lebih baik dalam melindungi air jika dibandingkan dengan menggunakan bahan yang lainnya. Bisa dibilang bahwa buis beton merupakan bahan bangunan yang sangat kuat, setidaknya dengan tipe buis beton yang kuat.

Tipe-tipe Buis Beton

Setelah mengetahui fungsi buis beton, dapat diambil kesimpulan bahwa ada beberapa tipe dan jenis berbeda dalam penggunaan buis beton. Berikut ini kami akan menjelaskan tipe-tipe buis beton secara detail:

Tipe-tipe Buis Beton

  1. Tipe Buis Beton Berdasarkan Bentuk

Sekarang ini sudah banyak sekali pabrikan buis beton yang memproduksi precast dalam 2 pilihan bentuk. Bentuk yang pertama adalah lingkaran penuh dan yang kedua ½ lingkaran. Kedua bentuk ini mempunyai fungsi yang berbeda-beda.

Buis beton dengan bentuk lingkaran penuh umumnya digunakan sebagai sumur resapan. Sementara buis beton setengah lingkaran umumnya digunakan sebagai pengairan air. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa buis beton sebagai pengairan air menggunakan bentuk lingkaran penuh dalam skala penggunaan yang lebih besar.

  1. Tipe Buis Beton Berdasarkan Bahan yang Digunakan

Semua jenis buis beton dibuat dari semen yang dicetak (concrete).  Perbedaan berdasarkan bahan dasar  untuk material ini ada pada penggunaan pasir pada buis beton ataukah tidak Sekarang ini terdapat dua macam buis beton yang beredar di pasaran, yaitu menggunakan pasir dan tidak menggunakan pasir.

Buis beton tanpa penggunaan pasir terkenal jauh lebih kuat daripada buis beton yang menggunakan pasir. Hal ini dikarenakan tidak ada sama sekali air yang akan masuk ke dalam. Maka tak heran jika buis beton jenis ini banyak digunakan sebagai pengairan maupun untuk gorong-gorong. Sementara jenis beton yang menggunakan pasir umumnya digunakan sebagai sumur resapan.

  1. Tipe Buis Beton Berdasarkan Penggunaan Rangka atau Tulangan

Selain kedua tipe diatas, ada juga buis beton yang menggunakan rangka baja yang dimana daya tahan tipe ini sudah pasti jauh lebih kuat. Sementara itu, ada pula buis beton yang tidak menggunakan rangka baja dan sudah pasti lebih mudah rapuh.

Untuk pembuatan gorong-gorong pada umumnya menggunakan buis beton dengan rangka ini. Istilah lain yang digunakan khusus untuk buis beton yang menggunakan rangka adalah buis beton bertulang.

Daftar Harga Buis Beton Terbaru 2020

Daftar Harga Buis Beton

Harga buis beton sangat bervariasi tergantung dari ukuran, jenis, bentuk buis beton itu sendiri. Berikut ini kami akan memberikan informasi mengenai daftar harga buis beton terlengkap dan terbaru 2020:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan kali ini mengenai buis beton dan sudah kami ulas secara lengkap beserta daftar harga terbarunya. Perlu Anda ketahui bahwa daftar harga yang kami sampaikan diatas bisa saja berbeda-beda antara satu kota dengan kota yang lainnya.

Baca juga: Harga U Ditch Beton

Ada banyak sekali faktor yang bisa menyebabkan harga buis beton menjadi berbeda-beda. Maka dari kami sarankan untuk melakukan survey terlebih dahulu dengan cara menanyakan harga buis beton di kota Anda.

Namun sebenarnya Anda tidak perlu khawatir karena daftar harga yang kami sampaikan tidak berbeda jauh dengan harga umumnya sehingga dapat dijadikan sebagai acuan dalam membeli buis beton.

Leave a Comment