Harga Cooker Hood Modena Dan Merk Lainnya

Penghisap Asap Dapur – Cooker hood adalah sebuah alat penghisap asap yang digunakan untuk menghilangkan uap, asap, dan bau yang timbul karena kegiatan masak-memasak di dalam dapur.

Alat ini nantinya akan menghisap kemudian membuang asap kotor dalam dapur tersebut atau memprosesnya kembali supaya ruangan dapur tetap sehat dan segar.

Cooker Hoods

Seperti yang kita tahu bahwa asap dapur yang bau, kotor, panas, dan pengap dari proses memasakan akan mengakibatkan polusi udara sehingga tidak baik untuk kesehatan. Jika Anda hirup secara terus-menerus maka asap kotor tersebut bisa mengakibatkan infeksi saluran pernapasan.

Maka dari itu, cooker hood memiliki peran yang sangat penting dalam hal ini. Dengan menggunakan alat ini maka asap tidak akan menyebar kemana-mana dan diserap secara langsung untuk dibuang keluar.

Fungsi Cooker Hoood

Alat penghisap asap dapur yang satu ini memang penting untuk digunakan dalam ruang dapur karena memiliki banyak sekali fungsi, yaitu:

alat penghisap asap dapur

  • Menjaga Udara Ruang Dapur

Fungsi cooker hood yang pertama adalah menjaga udara di dalam ruang dapur agar selalu dalam keadaan bersih dan sehat. Cerobong asap dapur nantinya dapat menghisap udara bau dan kotor, yang dimana jika terhirup sudah pasti akan sangat berbahaya untuk kesehatan.

Hanya dengan menekan sebuah tombol saja, maka cooker hood mampu untuk menghisap udara kotor di dalam ruang dapur Anda. Hal ini berarti juga akan menekan pertumbuhan bakteri, kuman dan dapat mengurangi jumlah karbon monoksida.

  • Mengurangi Hawa Panas

Semakin lama kita melakukan aktivitas memasak di ruang dapur, maka udara akan terasa sangat panas. Hawa panas ini bisa berasal dari kompor atau bisa juga dari uap masakan. Dengan menggunakan cooker hood maka hawa panas ini akan langsung terhisap, sehingga suhu akan menjadi turun. Anda pun bisa lebih fokus dalam kegiatan memasak dan tidak perlu bingung lagi akan hawa panas di ruang dapur.

  • Mempercantik Ruang Dapur

Sekarang ini cooker sudah memiliki banyak model dan jenis yang sangat bervarias. Sehingga dengan banyaknya variasi ini akan memudahkan Anda untuk memilih cooker hood yang sesuai dengan tema interior dapur dan kebutuhan ruang.

Jika Anda memilih model dan desain cooker hood yang tepat, maka dapat dipastikan bahwa ruang dapur Anda nantinya akan terlihat lebih cantik. Kehadiran cooker hood bisa meningkatkan nilai jual nantinya ketika Anda ingin menjual rumah tersebut.

Baca Juga: Desain Dapur Minimalis

Memilih Cooker Hood Ekstraksi atau Resirkulasi?

Memilih Cooker Hood Ekstraksi atau Resirkulasi

Perlu Anda ketahui bahwa cooker hood bekerja dengan dua cara. Yang pertama adalah dengan cara ekstrasi yang dimana bekerja dengan menghisap asap panas dan kemudian membuangnya keluar melalui saluran pembuangan. Dan yang kedua adalah resirkulasi, yaitu menghisap asap dalam dapur lalu memprosesnya sampai benar-benar bersih kemudian mengalirkannya kembali ke dalam ruang dapur tersebut.

Ekstraksi

Cara Kerja : Model ekstraksi akan menyaring udara bau dan kotor dengan menggunakan filternya yang kemudian melepaskannya melalui ventilasi keluar di ruang dapur.

Kelebihan : Paling efektif dalam menghilangkan asap yang panas, bau, kotor, dan kelembaban udara.

Kekurangan : Dibutuhkan ventilasi ke dinding luar yang dimana untuk biasa pemasangannya sangat mahal.

Re-Sirkulasi

Cara Kerja : Menghisap udara secara langsung kedalam alat melalui filter dengan tujuan untuk dapat menghilangkan bau dan partikel lemak. Selanjutnya udara akan dibersihkan kemudian dikembalikan lagi ke dalam dapur. Alat penghisap asap yang satu ini membutuhkan filter karbon (re-circulating kit) untuk melalukan pemrosesan kembali udara bersih ke dapur.

Kelebihan : Biaya pemasangan cukup murah dan cocok untuk digunakan pada semua jenis dapur rumah.

Kekurangan : Filter arang harus diganti secara rutin dan tidak bisa menghilangkan uap air dari udara.

Jenis-Jenis Cooker Hood

Setiap jenis cooker hood mempunyai sistem sirkulasi, keunggulan dan kelebihan tersendiri. Berikut ini adalah beberapa jenis cooker hood yang bisa membuat dapur Anda menjadi lebih sehat:

  1. Visor Hood

Visor Hood

Visor hood sangat cocok untuk digunakan bagi Anda yang menginginkan cooker hood dengan bentuk praktis dengan pemasangan yang sangat mudah. Jenis cooker hood ini tidak mempunyai cerobong pada body-nya sehingga Anda bisa menempatkannya di dinding terbuka maupun dibawah kabinet dinding dapur Anda. Karena tidak mempunyai cerobong, maka visor hood ini hanya tersedia dengan menggunakan sistem resirkulasi.

  1. Chimney Hood

Chimney Hood

Chimney hood cocok sekali untuk Anda yang menginginkan dapur dengan tampilan elegan dan stylish. Hal ini karena memang desain dari chimney hood sangat mewah dan bervariasi.  Disamping itu, cooker hood ini mempunyai daya hisap yang cukup baik sehingga banyak juga restoran yang menggunakannya.

  1. Intergreated Hood

Intergreated Hood

Intergrated hood adalah sebuah cooker hood yang dimana penempatannya menyatu secara langsung dengan kabinet dinding.  Permukaan penghisap hood dirancang secara khusus untuk ditempatkan dibawah kabinet, sedangkan untuk bagian cerobongnya terdapat di bagian dalam kabinet.

Apabila Anda menggunakanya maka keuntungan yang bisa didapatkan adalah menghemat tempat karena memiliki ukuran compact yang menyatu langsung dengan kabinet dapur.

  1. Island Hood

Island Hood

Berbeda halnya dengan jenis hood yang lainnya, posisi island hood dirancang secara khusus dengan menggantung di plafon dapur. Harganya memang sangat mahal, tetapi setiap sisi pada hood ini sudah didesain sedemikian rupa sehingga hood akan terlihat cantik dan menawan jika dilihat dari posisi mana saja.

  1. Downdraft Hood

Downdraft Hood

Downdraft hood dirancang secara khusus untuk bisa menyatu dengan meja kabinet dapur. Cooker hood ini dilengkapi dengan filter dan penghisap yang tertanam langsung dalam kabinet atau countertop. Namun downdraft hood memiliki harga yang paling mahal jika dibandingkan dengan cooker hood yang lainnya.

Baca Juga:  Harga Rak Piring Aluminium

Harga Cooker Hood Modena dan Merk Lain

Model Harga Termurah
Rinnai RH-S116 Rp 845.000
Rinnai RH-60ER Rp 1.200.000
Modena SX-9501V FRESCO Rp 1.260.000
Modena SX-7511L FRESCO Rp 1.015.000
Modena PX-6001 ESILE Rp 681.000
Modena PX-9002 ESILE Rp 1.022.000
Modena PX-7001 ESILE Rp 675.000
Modena PX-6011V ESILE Rp 630.000
Modena RX-7632 MODERNO Rp 1.764.000
Modena SX-6001S FORTE Rp 901.000
Delizia DCD-9C7 Rp 4.150.000

tips memilih cooker hood

Tips Memilih Cooker Hood

Selanjutnya kami akan memberikan tips dalam memilih cooker hood. Tujuannya adalah supaya nanti Anda bisa memilih jenis dan model yang bisa berfungsi secara optimal. Adapun tips dalam memilih cooker hood adalah sebagai berikut:

  • Sesuaikan dengan ukuran kompor dan ukuran dapur.
  • Cooker hood yang dipilih juga harus disesuaikan dengan kegiatan memasak sehari-hari. Jika aktivitasnya lumayan tinggi maka pilih cooker hood dengan menggunakan 3 kipas penghisap.
  • Pilih cooker hood yang memiliki daya listrik tidak terlalu tinggi. Yang sesuai untuk kondisi listrik di Indonesia adalah yang membutuhkan daya mulai dari 200 sampai dengan 350 watt.
  • Pilihlah yang memiliki bunyi kipas tidak terlalu berisik, yang apabila dihitung dalam satuan dBA, pada umumnya berkisar mulai dari 60 sampai dengan 70 dBA. Semakin kecil satuannya maka akan semakin senyap pula suara kipas yang akan ditimbulkan.

Demikian informasi dari kami mengenai “Harga Cooker Hood” yang sudah kami ulas secara lengkap beserta fungsi, cara bekerja, jenis sampai dengan tips dalam memilihnya. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment