Harga Engsel Pintu Solid, Besi, Koboi, Dekson, Dll

Posted on

Engsel Pintu – Pintu memegang peran yang cukup penting di dalam sebuah rumah. Supaya pintu bisa selalu awet dan bisa berfungsi sebagaimana mestinya tentu Anda harus memilih engsel pintu secara tepat. Selain itu tanpa adanya engsel maka pintu tidak akan bisa difungsikan sebagai akses masuk dan keluar.



Nah, pada pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai harga engsel pintu solid secara lengkap mulai dari pengenalan engsel pintu, jenis-jenis engsel, daftar harga, sampai dengan tips dalam memilih engsel pintu. Untuk lebih jelasnya, mari simak  penjelasan selengkapnya berikut ini.

Engsel Pintu

Mengenal Engsel Pintu

Seperti yang sudah kami jelaskan diatas bahwa tanpa adanya engsel maka sebuah pintu tidak akan bisa difungsikan sebagai akses keluar masuk. Engsel pintu sendiri didalamnya terdapat poros mekanin yang dapat menghubungkan pintu serta membuat perputaran sudut yang terbatas. Meskipun engsel pintu sendiri hampir tidak terlihat jelas, namun memiliki fungsi yang benar-benar penting bagi pintu.

Selain digunakan untuk pintu, engsel juga bisa digunakan pada jendela. Untuk menemukan engsel sangat mudah sekali, Anda bisa membelinya di toko-toko bangunan terdekat di kota Anda. Disana bisa Anda temui banyak sekali jenis engsel pintu dengan harga dan model yang sangat beragam.

Jenis-Jenis Engsel Pintu

  1. Engsel Pintu Model Bubut

Engsel Pintu Model Bubut



Jenis engsel yang pertama adalah model bubut yang memiliki bentuk seperti tabung dan berlubang pada bagian tengahnya. Lubang ini memiliki fungsi untuk menempatkan besi engsel supaya engsel bisa berputar. Model engsel pintu ini umumnya dibuat dari bahan besi  dan memiliki fungsi untuk dapat merekatkan pintu dengan ukuran cukup berat seperti pintu kayu jati.

  1. Engsel Pintu Model Sendok

Engsel Pintu Model Sendok

Engsel pintu model sendok biasa digunakan pada pintu perabotan rumah tangga seperti lemari dan laci meja. Model engsel pintu yang satu ini masih terbagi lagi menjadi dua macam, yakni model lurus dan bengkok. Untuk model lurus biasanya digunakan pada pintu bagian luar. Sedangkan untuk engsel bekok biasa digunakan pada pintu rumah bagian dalam.

  1. Engsel Pintu Model Kupu-Kupu

engsel pintu kupu kupu



Sesuai dengan namanya, model engsel pintu ini memiliki bentuk yang hampir sama seperti kupu-kupu, dengan tabung silinder di bagian tengah serta besi pipih pada sisi kiri dan kanan. Pada masing-masing sisi saya engsel pintu ini terdapat lubang yang memiliki ukuran kecil sebagai tempat untuk menempatkan sekrup. Engsel pintu model kupu-kupu pada umumnya digunakan untuk pintu dengan berat yang cukup ringan.

Baca Juga: Model Pintu Rumah Minimalis

  1. Engsel Pintu Model Patrom

Engsel Pintu Model Patrom

Jika Anda memiliki rencana untuk melakukan perluasan rumah pada masa mendatang, sebaiknya Anda menggunakan engsel pintu model patrom. Hal ini karena jenis engsel yang satu ini cocok untu diaplikasikan pada rumah bergaya minimalis yang mempunyai kecenderungan untuk direnovasi pada masa mendatang. Engsel pintu model patrom tersedia dalam banyak ukuran sehingga bisa Anda pilih sendiri sesuai dengan kebutuhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *