Harga Glasswool Per Meter Persegi Dan Roll

Harga Glasswool per m2 – Material peredam suara dan panas sekarang menjadi salah satu bahan bangunan yang sangat dibutuhukan oleh masyarakat di perkotaan yang membutuhkan privasi ataupun kebutuhan untuk dapat mengurangi kebocoran suara di sebuah ruangan. Bahan peredam suara dan panas yang digunakan oleh masyarakat sangat bervariasi, mulai dari gabus, karet busa, busa telur, rockwool dan bahkan glasswool.

Namun yang paling banyak digunakan oleh masyarakat adalah glasswool. Glasswool sendiri merupakan sebuah material insulasi yang dibuat dari serat fiber yang sudah melalui proses sedemikian rupa sehingga memiliki tekstur seperti wol atau bulu domba.

Glasswool

Glasswool memang masih banyak digunakan karena merupakan salah satu insulasi atau peredam suara dan peredam panas yang sangat baik jika dibandingkan dengan insulasi yang lainnya.

Selain itu, glasswool juga sangat mudah untuk digunakan dan elastis sehingga nantinya bisa dipasang dengan mudah sesuai kebutuhan. Saat ini, kebutuhan akan peredam panas dan suara memang sangat banyak diminati, maka tak heran apabila banyak pula para pengembang perumahan yang akhirnya lebih memilih glasswool sebagai nilai tambah.

Di Indonesia, terdapat dua jenis glasswool yang dijual di pasaran, yaitu glasswool tanpa branded dan juga glasswool yang menggunakan branded. Kebanyakan jenis glasswool yang paling banyak dijual adalah glasswool tanpa brand.

Jenis glasswool ini tidak mempunyai  sertifikasi untuk keamanan terhadap api dan keamanannya bagi lingkungan. Glasswool-glasswool ini umumnya digunakan untuk beberapa proyek yang anggarannya rendah dan harga yang ditawarkan juga sangat terjangkau.

Baca Juga: Harga Aluminium Foil Per Meter

Manfaat Penggunaan Glasswool

Penggunaan glasswool untuk meredam panas ataupun udara ini bisa dibilang sangat bermaanfaat. Adapun berbagai macam manfaat menggunakan glasswool sebagai peredam panas dan udara di dalam rumah adalah sebagai berikut ini:

manfaat glasswool

  1. Mampu Menjaga Suhu Udara dengan Tepat

Manfaat yang satu ini akan membuat suhu di dalam ruangan Anda menjadi selalu terjaga. Selain itu juga akan terhindar dari suhu udara yang terlalu dingin ataupun suhu udara yang terlalu panas sehingga suhu udara dalam ruangan akan selalu stabil.

  1. Lebih Hemat Listrik

Salah satu manfaat glasswool yang paling utama adalah untuk meredam panas. Dengan menggunakan glasswool maka dijamin akan lebih menghemat listrik. Hal ini dikarenakan penggunaan AC ataupun kipas angin dapat diminimalisir.

  1. Aman dan Tidak Bau

Dengan menggunakan glasswool tidak akan menimbulkan bau yang cukup berbahaya bagi kesehatan. Selain itu, kenyamanan juga akan selalu terjaga sehingga suasana dalam ruangan nantinya tidak akan terganggu oleh bau-bauan yang aneh.

Kelebihan Menggunakan Glasswool

penggunaan glasswool

Glasswool adalah sebuah bahan peredam panas yang terdiri dari lembaran-lembaran yang memiliki bentuk mirip seperti selimut dan berwarna kuning. Penggunaannya terbukti dapat memberikan banyak sekali keuntungan bagi Anda yang sudah menggunakannya. Berikut ini adalah keuntungan yang bisa Anda dapatkan saat menggunakan glasswool:

  1. Hemat Energi

Penggunaan glasswool sebagai peredam panas sudah pasti akan menghemat energi di rumah Anda dan membuat rumah menjadi sejuk. Memang dapat menghemat energi karena Anda tidak perlu lagi untuk memasang AC yang tentunya bisa membuat biaya tagihan listrik Anda menjadi melonjak dalam setiap bulannya.

  1. Hemat Biaya

Glasswool yang digunakan sebagai peredam panas memiliki harga yang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan penggunaan alat pendingin ruangan seperti kipas angin dan AC. Selain bisa membuat tagihan listrik yang sangat melonjak, untuk membeli peralatan pendingin ruangan ini dibutuhkan biaya yang cukup mahal dan sangat tidak efektif karena tidak bisa mencakup satu ruangan.

  1. Memberikan Kenyamanan Bagi Penghuni Ruangan

Glasswool bisa membuat ruangan terasa lebih sejuk dan adem karena sifat dasarnya yang dapat menyerap panas. Dengan begitu maka pera penghuni rumah akan merasa semakin nyaman karena mereka dapat melakukan berbagai aktivitasnya dengan lancar tanpa terganggu oleh panas.

  1. Memberikan Daya Tahan Bangunan Semakin Meningkat

Keuntungan terakhir yang bisa Anda dapatkan saat menggunakan glasswool adalah memberikan daya tahan bangunan semakin meningkat. Penggunaan material glasswool di setiap banguan dapat meningkatkan ketahanan dari bangunan itu sendiri seperti misalnya ketahanan terhadap api.

Cara Kerja Glasswool

Glasswool

Serat-serat halus yang sudah dipress untuk menjadi satu lembaran ini nantinya akan membentuk banyak sekali rongga-ronga yang ukurannya sangat kecil. Rongga-rongga kecil atau sel tersebut akan menjadi kantong udara yang terpisah antara satu sama lain.

Kantong udara yang terpisah ini memiliki sifat untuk dapat memperlambat transfer panas dan juga suara. Jika sel-sel kecil yang ada dalam lembaran glasswool semakin banyak maka untuk transfer panas dan juga udara dari 1 sisi permukaan ke sisi permukaan yang lainnya akan menjadi berkurang atau melemah.

Ilustrasi Cara Kerja Sel Udara

 ILUSTRASI KERJA SEL UDARA

Cara Penanganan

Pada umumnya ukuran serat produk glasswool adalah sekitar 5 sampai 10 micron ( 1 micron 1/1000 milimeter).  Sebagai ilustrasi : Partikel serat glasswool yang memiliki ukuran lebih kecil dari 3 micron sangat berpotensi untuk terhirup masuk ke dalam sistem pernafasan manusia. Dalam jangka panjang hal tersebut akan sangat merugikan kesehatan.

Debu halus yang telaterlepas glasswool akan menyebabkan timbulnya rasa gatal sampai iritasi yang terjadi pada mata, kulit dan sistem pernasan pada aplikator atau para pekerja yang tidak menggunakan alat bantu yang cukup memadai ketika melakukan pemasangan.

Maka dari itu, selalu usahakan untuk menggunakan masker untuk dapat melindungi sistem pernafasan, kacamata sebagai pelindung mata, sarung tangan atau bahkan pakaian untuk dapat menutupi sebanyak mungkin bagian permukaan kulit agar terhindar dari debu glasswool.

Baca Juga: Rockwool Peredam Suara

Tips Pemasangan Glasswool untuk dapat Meminimalisir Efek Debu Glasswool Terhadap Kesehatan:

  • Tutupi bagian permukaan glasswool dengan menggunakan lapisan woven foil laminasi untuk dapat mengurangi pertikel debu yang bisa saja terlepas ataupun terhirup.
  • Hindari pemasangan glasswool pada bagian yang biasa mendapatkan getaran secara kontinu atau berkelanjutan. Hal ini dikarenakan getaran tersebut dapat membuat partikel debu menjadi terlepas dan kemudian terhirup.

CARA PENANGANAN Glasswool

CARA Kerja Glasswool

Ketebalan Ukuran GlassWool

Ketebalan ukuran glasswool terbagi menjadi dua macam yaitu 255 mm dan 50 mm. Untuk lebih jelasnya mari simak ukuran selengkapnya berikut ini:

Ukuran Glasswool

Ketebalan 25 mm (2,5 cm)

  1. Glasswool Density 16kg/m3, Ukuran Roll adalah 1,2 m x 30 m
  2. Glasswool Density 24kg/m3, Ukuran Roll adalah 1,2 m x 30 m
  3. Glasswool Density 32kg/m3, Ukuran Roll adalah 1,2 m x 30 m

Ketebalan 50 mm (5 cm)

  1. Glasswool Density 16kg/m3, Ukuran Roll adalah 1,2 m x 15 m
  2. Glasswool Density 24kg/m3, Ukuran Roll adalah 1,2 m x 15 m
  3. Glasswool Density 32kg/m3, Ukuran Roll adalah 1,2 m x 15 m

Daftar Harga Glasswool

Jual Glasswool

UKURAN 
(Roll)
TEBAL 
(cm)
DENSITY (kg/m3) HARGA
 (Rp.)
1,2 x 30 m 2,5 16
     250.000,-
1,2 x 15 m 5,0 16 250.000,-
1,2 x 30 m 2,5 24 430.000,-
1,2 x 15 m  5,0 24 430.000,-
1,2 x 15 m 5,0 32 515.000,-

Demikian sedikit ulasan yang dapat kami sampaikan mengenai glasswool yang sudah kami sampaikan secara lengkap mulai dari manfaat, kelebihan, cara kerja, sampai dengan daftar harga glasswool.

Semoga informasi yang telah kami sampaikan pada pembahasan kali ini bisa bermanfaat terutama bagi Anda yang sedang ingin membeli glasswool sehingga informasi ini bisa dijadikan sebagai referensi.

Leave a Comment