Harga Gypsum Board Per Lembar Terbaru


Harga Gypsum Board Per Lembar – Kehadiran papan gypsum atau gypsum board untuk memperindah tampilan rumah sudah banyak digunakan. Pada umumnya papan jenis ini digunakan sebagai plafon atap rumah. Papan ini memiliki sifat yang sangat mudah untuk dibentuk dan dipasang sehingga banyak dipilih oleh kebanyakan orang.



Selain digunakan sebagai plafon rumah, gypsum board juga bisa digunakan sebagai bahan pelapis untuk dinding dalam rumah. Dulunya masyarakat memang hanya mengetahui cara konvensional atau pleseteran batu bata saja untuk pembuatan dinding, ternyata sekarang ini sudah ada cara baru yang jauh lebih efisien dan praktis.

 Gypsum Board

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai gypsum board atau papan gypsum secara lengkap mulai dari keunggulan, kekurangan, jenis-jenisnya, sampai dengan daftar harga gypsum board terbaru. Berikut dibawah ini ulasan selengkapnya.

Kelebihan Menggunakan Papan Gypsum

R. Krisma Hadianto, Strategy & Product Manager PT Petorjaya Boral Plasterboard yang merupakan seorang produsen papan gypsum menjelaskan bahwa dengan menggunakan bahan ini sebagai partisi interior rumah ternyata memiliki banyak sekali kelebihan daripada dinding beton. Adapun keunggulan papan gypsum adalah sebagai berikut :

Kelebihan Menggunakan Papan Gypsum



  1. Lebih Ringan

Apabila dibandingkan dengan dinding beton, tentu bobot papan gypsum jauh lebih ringan. Inilah yang menjadi keunggulan pertama dari penggunaan bahan yang satu ini. Hal ini karena akan membuat para penghuni rumah menjadi lebih aman, terutama pada saat terjadi gempa.

  1. Mudah Dipasang

Pemasangan gypsum board untuk dinding interior bisa dibilang sangat mudah. Tinggal Anda siapkan rangka dinding kemudian bahan ini bisa Anda tempel secara langsung. Proses pengerjaannya juga sangat cepat. Berbeda halnya dengan dinding beton, karena Anda harus menyiapkan batu bata dan semen terlebih dahulu. Belum lagi proses pembuatannya yang sangat lama.

  1. Mudah Diperbaiki

Selain mudah untuk dipasang, gypsum board juga mudah diperbaiki. Misalnya saja jika dinding rumah mengalmi kerusakan seperti berlubang atau lecet, cukup Anda dempul bagian tersebut. Atau bisa juga dengan memotong pada bagian yang sudah rusak lalu menempelkannya kembali dengan gypsum board yang baru.

  1. Ramah Lingkungan

Gypsum board juga sangat ramah terhadap lingkungan, sebab jika bahan material ini sudah tidak digunakan lagi maka dipastikan tidak akan mencemari lingkungan karena akan melebur ke dalam tanah secara langsung.



Bahkan papan ini juga akan menghemat energi pada rumah, misalnya saja jika ruangan rumah Anda ber-AC, maka papan gypsum bisa membuat ruangan terasa lebih dingin karena memang sifat materialnya yang tidak menyerap hawa dingin.

  1. Harga Terjangkau

Dengan menggunakan papan gypsum, maka Anda juga lebih menghemat biaya pengeluaran pada saat membangun rumah. Hal ini karena sifat gypsum yang sangat ringan sehingga Anda tidak perlu lagi untuk membuat pondasi rumah yang cukup kuat.

Menariknya lagi Anda bisa memasang sendiri papan ini untuk dinding, hal ini tentunya akan membuat Anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk tukang bangunan.

Baca Juga: Model Desain Plafon Gypsum

Kekurangan Papan Gypsum

Kekurangan Papan Gypsum

  1. Tidak Tahan Terhadap Air

Meskipun memiliki banyak kelebihan, papan gypsum juga mempunyai kekurangan yaitu tidak tahan terhadap air. Maka dari itu, pada saat musim hujan tiba maka kemungkinan untuk terjadi kebocoran pada rumah pun ada. Selain tidak tahan terhadap air, air yang telah merembes pada plafon akan meninggalkan noda bercak yang secara perlahan dapat merusak plafon gypsum tersebut.

  1. Tidak Tahan Terhadap Benturan

Kekurangan papan gypsum selanjutnya adalah tidak tahan terhadap benturan. Maka dari itu, Anda harus sangat berhati-hati ketika melakukan proses pemasangan supaya panel gypsum nantinya tidak rusak.



Jenis-Jenis Gypsum Berdasarkan Bentuknya

Jenis-Jenis Gypsum Berdasarkan Bentuknya

  1. Gypsum Selenite

Gypsum selenite adalah gypsum yang memiliki bentuk pipih. Beberapa gypsum selenite juga ada yang sudah dilengkapi dengan kristal ganda dan kembar. Ciri khas yang dimiliki oleh jenis papan gypsum ini yaitu adanya serabut yang lembut dan memiliki butiran yang halus.

  1. Gypsum Alabaster

Gypsum alabaster merupakan gypsum yang mempunyai jaring-jaring serat cukup halus. Warna gypsum ini adalah putih secara merata sehingga terkesan sangat bersih. Inilah yang menjadi alasan mengapa gypsum alabaster paling banyak diminati sebagai pembuatan ornamen-ornamen hias yang menarik.

  1. Gypsum Dessert

Gypsum yang memiliki bentuk sangat mirip dengan kembang mekar biasa disebut dengan gypsum dessert. Pada dasarnya, jenis gypsum ini mempunyai sifat seperti pasir yaitu berbentuk butiran dengan tekstur yang kasar. Jenis gypsum dessert banyak dijumpai di beberapa daerah yang berpasir atau daerah yang cenderung gersang.

Jenis-Jenis Gypsum Berdasarkan Penerapannya

  1. Gypsum Reguler (Biasa)

Gypsum Reguler

Gypsum reguler adalah sebutan bagi papan gypsum yang dibungkus dalam sebuah kertas. Pada umumnya gypsum reguler digunakan sebagai penutup langit-langit dalam ruangan yang dimana bisa dicet atau bisa juga dipelitur. Cara memasangnya cukup sederhana, gypsum reguler cukup direkatkan dengan menggunakan paku, lem, atau sekrup.

  1. Gypsum Tahan Air (Gypsum Waterproof)

Gypsum Tahan Air (Gypsum Waterproof)

Gypsum yang biasanya digunakan untuk ubin adalah gypsum yang memiliki ketahanan terhadap air. Adapun zat pelapis yang memiliki fungsi sebagai waterproof adalah berupa lilin atau silikon. Namun gypsum ini hanya bisa diaplikasikan pada dinding partisi saja dan tidak akan cocok untuk digunakan sebagai plafon.

Gypsum tahan air umumnya dipasang pada ruangan-ruangan dalam rumah yang mempunyai tingkat kelembaban cukup tinggi, yaitu kamar mandi, dapur, dan juga toilet.



Leave a Comment