Jenis Jenis Dan Harga Kabel Listrik Per Meter


Harga Kabel Listrik Per Meter – Kabel listrik merupakan sebuah kabel yang memiliki banyak sekali jenisnya. Dari banyaknya jenis tersebut seringkali membuat para teknisi mengalami kebingungan karena memiliki nama yang hampir mirip seperti NYY, NYM, NYA, NYYHY dan lain sebagainya.



Dalam dunia kelistrikan ada banyak jenis kabel listrik yang sesuai dengan fungsi, manfaat, dan penggunaannya. Bagi seorang teknisi diwajibkan untuk memahami jenis-jenis kabel listrik supaya penggunakan setiap jenis kabel bisa tepat serta sesuai dengan kapasitasnya.

Kabel Listrik

Nah, pada artikel ini kami akan mengulas secara lengkap mengenai kabel listrik mulai dari ukura, karakteristik, penggunaan bahkan sampai daftar harga kebel listrik terbaru. Untuk selengkapnya mari langsung saja simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

Kabel Listrik

Pengertian kabel listrik adalah suatu kawat yang berfungsi sebagai penghantar listrik atau alat untuk menghantarkan arus listrik menuju ke perangkat pengguna listrik, sehingga perangkat tersebut nantinya bisa bekerja sesuai dengan fungsinya.

Untuk kemampuan dalam menghantarkan listrik sangat ditentukan oleh Kemampuan Hantar Arus atau KHA yang dimilikinya dinyatakan dalam satuan Ampere (A). Kemampuan dalam menghantarkan arus litrik tersebut ditentukan dari luas penampang pada konduktor yang terdapat dalam kabel listrik. Tegangan listrik dinyatakan dalam satuan Volt (V), sedangkan untuk besar daya yang diterima dinyatakan dalam satuan Watt (P).



Pengelompokkan Kabel Listrik

Berdasarkan dari tegangannya, kabel listrik bisa dikelompokkan menjadi 3 macam yaitu:

  1. Kabel listrik dengan tegangan rendah
  2. Kabel listrik dengan tegangan menengah
  3. Kabel listrik dengan tegangan tinggi

Bagian-Bagian Kabel Listrik

Bagian-Bagian Kabel Listrik

Bentuk fisik yang dimiliki oleh kabel listrik terdiri dari dua bagian, yaitu:

  1. Konduktor

Bagian inti inilah yang memiliki fungsi untuk menghantarkan arus listrik. Perlu Anda ketahui bahwa kapasitas dari masing-masing jenis konduktor untuk menghantarkan listrik sangat ditentukan oleh jenis dan juga ukuran konduktor itu sendiri.



Bagian ini pada umumnya dibuat dari bahan alumunium, tembaga, logam yang berupa serabut. Selain itu, ada juga yang terbuat dari bahan lainnya seperti emas dan perak, tetapi ini hanya untuk penggunaan khusus dan harganya pun cukup mahal.

  1. Isolator

Isolator adalah bagian yang membungkus konduktor dan tidak dapat menghantarkan arus listrik Isolator memiliki fungsi untuk dapat melindungi kabel listrik agar tidak terpapar langsung oleh pengaruh alam sekitar, melindungi perangkat supaya terhindar dari hubungan pendek atau konslet, dan juga melindungi manusia dari sengatan arus listrik.

Bagian isolator ini pada umumnya dibuat dari bahan karet, pastik, dan ada juga dari bahan polymer. Semakin baik kemampuan isolator untuk menghambat lisrik serta menahan panas maka akan semakin baik juga kualitas dari isolator ini.

Baca Juga: Harga MCB Listrik Semua Ampere

Jenis-Jenis Kabel Listrik

  1. Kabel Listrik NYA

Kabel Listrik NYA

Jenis kabel listrik NYA pada umumnya digunakan dalam instalasi rumah tangga dan sistem tenaga. Ukuran kabel listrik ini adalah 1,5 mm2 dan 2,5 mm2 dengan inti tunggal yang dilapisi oleh bahan dasar PVC yang berwarna birum, merah, kuning, dan juga hitam khusus untuk instalasi luar. Jenis kabel ini cocok digunakan sebagai kabel udara karena cukup tipsi, mudah sekali robek dan tidak anti air.

  1. Kabel Listrik NYM

Kabel Listrik NYM



Jenis kabel listrik NYM biasa digunakan dalam instalasi listrik pada hunian rumah ataupun gedung. Kabal ini memiliki dua, tiga, dan empat inti yang sudah dilengkapi dengan isolasi PVC hingga dua lapis sehingga dapat dipastikan akan jauh lebih aman daripada kabel listrik NYA. Jenis kabel ini juga bisa digunakan pada lingkungan yang basah ataupun kering, tetapi tidak bisa ditanam.

  1. Kabel Listrik NYY

Kabel Listrik NYY

Kabel listrik NYY memiliki dua, tiga, dan empat inti dengan bahan tembaga yang telah diisolasi dengan PVC. Jenis kabel listrik yang satu ini akan aman sekali untuk ditanam secara langsung di dalam tanan karena memang isolatornya yang sangat kuat dan tebal.

Selain itu, kabel listrik yang berwarna hitam ini juga memiliki ketahanan terhadap air. Tetapi sebaiknya Anda tetap melapisi kabel ini dengan pipa tambahan, terutama untuk aliran listrik yang memiliki tegangan tinggi.

  1. Kabel Listrik NYAF

Kabel Listrik NYAF

Kabel listrik NYAF biasanya digunakan pada instalasi listrik rumah dalam panel yang membutuhkan fleksibilitas tinggi dan sangat cocok sekali untuk ditempatkan pada wilayah yang mempunyai belokan tajam.

Jenis kabel listrik NYAF mempunyai material tembaga dengan isolasi PVC dan lebih baik digunakan pada lingkungan kering yang tidak terkena pengaruh cuaca secara langsung.

  1. Kabel Listrik NYFGbY/NYRGbY/NYBY

Kabel Listrik NYFGbY/NYRGbY/NYBY

Kabel listrik Kabel Listrik NYFGbY/NYRGbY/NYBY biasa digunakan pada instalasi di dalam tanah serta tidak membutuhkan perlindungan tambahan apabila tidak menyebrang jalan Sebaiknya, kabel listrik dipasang pada kedalaman 0,8 meter di dalam tanah.

  1. Kabel Listrik NYCY

Kabel Listrik NYCY

Kabel listrik NYCY ini mempunyai ketahanan yang cukup bagus dalam segala cuaca sehingga cocok untuk digunakan di dalam tanah, ruangan, dan bahkan di alam terbuka. Kabel NYCY terdiri atas penghantar konsentris yang sudah dilapisi dengan pita CU kabel dan harga jualnya sangat tinggi.

  1. Kabel Listrik NYMHYO

Kabel Listrik NYMHYO

Kabel listrik NYMHYO memiliki dua inti serabut. Jenis kabel listrik yang satu ini banyak digunakan pada bebeberapa peralatan elektronik rumah tangga yang membutuhkan arus rndah seperti kabel audio video, soundsystem, dan lain sebagainya.



Leave a Comment