Harga Kalsiplank Per Lembar Dan Meteran


Harga Kalsiplank Per Lembar – Saat ingin membangun sebuah rumah tentunya bahan bangunan menjadi hal penting yang harus dipertimbangkan pertama kali. Ini karena bahan bangunan bisa membuat rumah menjadi sangat kuat dan kokoh. Adapun salah satu bahan bangunan yang sudah diakui oleh para kontraktor karena kekuatannya adalah kalsiplank.



Kalsiplank merupakan bagian rumah yang memiliki fungsi untuk menutupi bagian bangunan sehingga terlihat rapi jika dilihat dari bawah. Selain itu, kalsiplank juga bisa menciptakan nilai lebih pada bangunan.  Selain itu, papan fiber kalsiplank ini bisa digunakan untuk fasad atau secondary skin rumah.

Kalsiplank di produksi dengan menggunakan teknologi khusus oleh sebuah perusahaan Internasional di bawah Etex Group Belgia yang tersebar hingga ke seluruh belahan dunia. Proses produksi kalsiplank dibuat dari bahan baku pilihan dan sudah melalui proses Autoclave (proses pengeringan yang memiliki temperatur tinggi) agar bisa mendapatkan hasil produk yang lebih stabil dan mampu tahan lama.

Baca juga: Harga Kalsiboard Dinding Dan Plafon

Ukuran Standard Kalsiplank

Berikut ini adalah ukuran standard produk kalsiplank yang umum digunakan:

Tebal (mm) Lebar (mm) Panjang (mm) Berat (kg)
KalsiPlank 8 8.0 200 3000 7.01
KalsiPlank 8 8.0 300 3000 10.51
KalsiPlank 8 Jati 8.0 200 3000 7.01
KalsiPlank 8 Jati 8.0 300 3000 10.51
KalsiPlank 9 9.0 200 4000 11.2
KalsiPlank 9 Cedar 9.0 200 4000 11.2
KalsiPlank 10 IL 10.0 200 3000 8.75
KalsiPlank 10 Jati IL 10.0 200 3000 8.75
KalsiPlank 10 Meranti IL 10.0 200 3000 8.75

Jenis-Jenis Kalsiplank

Material kalsiplank yang dijual di pasaran tersedia dalam berbagai jenis yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Adapun jenis-jenis kalsiplank tersebut adalah sebagai berikut:



  1. Kalsiplank 8

 

Kalsiplank merupakan papan untuk aplikasi dinding papan sirip (siding plank) dan lisplang yang memiliki ukuran ketebalan 8 mm. Biasanya digunakan sebagai dekorasi dan pelindung bangunan bagian luar dan bagian dinding dalam. Sedangkan untuk penyelesaian akhir, konsumen disarankan untuk menggunakan produk cat yang sesuai (seperti misalnya cat dari bahan dasar air dan minyak yang penggunaannya khusus untuk bagian luar).

Pemasangan kalsiplank 8 pada rangka metal atau rangka kayu bisa dibilang cukup mudah. Namun untuk mencegah supaya air tidak masuk ke bagian belakang papan maka Anda harus mengikuti petunjuk pemasangan yang benar.



Agar terhindar dari karat, Anda bisa menggunakan rangka metal galvanis. Jika menggunakan rangka kayu, Anda bisa melindungi kayu dengan menggunakan cat atau bisa juga lapisan pelindung supaya kayu nantinya tidak dimakan rayap ataupun lapuk. Untuk mendapatkan produk yang asli bisa dilihat dengan memeriksa label printing di setiap sisinya.

  1. Kalsiplank 8 Jati

Kalsiplank 8 jati ini memiliki spesifikasi yang tidak berbeda jauh dengan kalsiplank 8.  Namun model ini didesain secara khusus dengan guratan kayu jati yang sangat otentik di bagian permukaannya sehingga dapat menambah keindahan eksterior bangunan.

Sedangkan untuk penyelesaian akhir, konsumen juga disarankan untuk menggunakan produk cat yang sesuai seperti misalnya cat dari bahan dasar air dan minyak khusus untuk bagian luar.

  1. Kalsiplank 9

Sesuai namanya, kalsiplank 9 adalah papan dengan ukuran ketebalan 9 mm dan panjang 4 m yang memiliki fungsi sebagai siding plank atau papan sirip. Papan yang satu ini juga dapat dipasang secara lebih mudah pada rangka metal dan rangka kayu, baik itu untuk bagian luar maupun dalam rumah.

  1. Kalsiplank 9 Cedar

Jika dilihat dari spesifikasi dan ukurannya, kalsiplank 9 cedar dan kalsiplank 9 juga hampir sama. Namun produk yang satu ini mempunyai guratan kayu cedar otentik pada bagian permukaannya yang dapat memperindah tampilan rumah.



  1. Kalsiplank 10-IL

Kalsiplank 10 IL adalah dinding papan dengan ukuran ketebalan 10 mm yang biasa digunakan untuk bagian luar maupun dalam rumah. Produk kalsiplank ini sudah dilengkapi dengan fitur interlocking (IL) yang artistik dan memiliki kemampuan dalam menahan air dengan baik.

Pengapliasikan kalsiplank 10-IL adalah dengan memasang sekrup kalsiscrew pc pada rangka metal. Produk ini memiliki banyak keunggulan jika dibandingkan dengan jenis lainnya, yaitu kuat, andal, cara pemasangan yang cukup mudah, bersih, fleksibel dan 10% bebas asbes.

  1. Kalsiplank 10 Jati-IL

Jika dilihat secara menyeluruh, kalsiplank ini sama daengan model kalsiplank 10-IL yang biasa.  Keduanya sudah dilengkapi dengan fitur interlocking sehingga membuatnya memiliki ketahanan yang cukup baik terhadap rembesan air. Namun juga memiliki sedikit perbedaan yang terletak di bagian permukaannya. Produk kalsiplank ini mempunyai guratan kayu jati yang cukup kokoh.

  1. Kalsiplank 10-Meranti-IL

Begitu pula dengan kalsiplank 10-Meranti-IL, produk ini tidak berbeda jauh dengan jenis kalsiplank yang memiliki ukuran ketebalan 10 mm dan bisa digunakan sebagai pelapis dinding luar. Hanya saja model yang satu ini didesain dengan guratan kayu meranti yang memiliki karakter pada bagian permukaannya sehingga dapat menimbah keindahan eksterior bangunan.

Kelebihan Kalsiplank

Sama halnya dengan produk bangunan lainnya, material kalsiplank juga menawarkan banyak keunggulan. Adapun beberapa keunggulan atau kelebihan dari kalsiplank yang perlu Anda ketahui adalah sebagai berikut:

  1. Bobot yang Ringan

Jika dibandingkan dengan material lain yang sejenis seperti papan gypsum atau papan multiplek, kalsiplank memiliki bobot yang jauh lebih ringan. Dengan bobot yang cukup ringan maka material ini mudah untuk dibawa ataupun dipindah-pindahkan ketika proses konstruksi.

  1. Daya Tahan Terhadap Api dan Air

Salah satu kelebihan utama yang dimiliki oleh papan kalsiplank adalah memiliki daya tahan yang cukup baik terhadap api dan air. Inilah yang menjadikannya sebagai material bangunan favorit. Material ini bahkan sangat sulit terbakar sehingga bisa memberikan tingkat keamanan yang lebih untuk bangunan Anda.

  1. Anti Rayap dan Anti Lapuk

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya bahwa material kalsiplank  akan membuat bangunan rumah menjadi lebih awet dan aman dari serangan rayap karena memang material ini anti terhadap serangan rayap. Hal inilah yang membuat papan kalsiplank tidak mudah mengalami lapuk ataupun rapuk.

  1. Mudah dan Praktis dalam Pengerjaan

Selain memiliki bobot yang ringan, material kalsiplank sangat praktis untuk digunakan. Material ini mudah untuk dipotong dan diolah sehingga kepraktisan yang dimiliki oleh bahan bangunan ini akan bisa lebih menghemat dan mempercepat waktu pengerjaan dari bangunan rumah.

  1. Cocok Untuk Indoor dan Outdoor

Papan kalsiplank memiliki daya tahan yang sangat baik terhadap cuaca-cuaca yang eksterim. Dengan demikian maka material ini bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan, baik indoor ataupun outdoor. Penggunaan bahan yang satu ini juga cukup populer sebagai fasad bangunan dan plafon untuk interior bangunan.

Video Pemasangan Kalsiplank

Harga Kalsiplank Terbaru 2021



Leave a Comment