Harga Kawat Bronjong Per Kg Dan Per Meter

Kawat Bronjong – Jika Anda sekarang ini tinggal di suatu wilayah yang rawan di daerah tebing yang kemiringannya selalu membuat Anda khawatir dan resah, karena bisa saja terjadi longsor sewaktu-waktu. Ataupun di wilayah pesisir garis pantai yang seringkali terjadi erosi pantai karena pengkisian maka kini Anda tidak perlu khawatir lagi.

Kami disini memiliki solusi paling tepat untuk melakukan pencegahan, yaitu dengan penggunakan kawat bronjong yang diisi tumpukan batu.

kawat bronjong

Memang penting sekali melakukan persiapan  dan siasat sebelum pengerjaan konstruksi bangunan, sehingga Anda bisa mencegah berbagai hal yang tidak diinginkan. Salah satu hal penting yang harus disiapkan adalah solusi tepat seperti penahan tebing, penahan longsor, dan lain sebagainya.

Dalam dunia konstruksi, memang ada sebuah istilah bronjong. Bronjong atau gabion adalah konstruksi dasar untuk suatu bangunan atau tanggul. Bahan bangunan ini sering dijumpai penggunaannya di area tepi sungai. Bahkan bisa jadi hunian yang Anda tempati sekarang ini juga menggunakan bronjong.

Mengenal Kawat Bronjong

Mengenal Jauh Kawat Bronjong

Bronjong merupakan sebuah kawat baja yang dilapisi dengan bahan seng atau galvanis. Bentuk anyaman kawat baja ini adalah kotak atau balok. Bagian dalam kawat bronjong diisi dengan batu-batu yang memiliki ukuran besar untuk dapat mencegah erosi.

Kawat bronjong banyak diaplikasikan di sekitar tebing atau tepi sungai yang sedang dalam pengerjaan normalisasi dan untuk dapat mengatasi gerusan yang disebabkan oleh arus sungai. Jenis kawat ini memiliki kekuatan yang sangat tinggi sehingga dalam proses pembentukannya dibutuhkan tenaga mesin.

Anyaman kawat bronjong dibuat dengan menggunakan teknik lilitan ganda yang membentuk lubang-lubang dengan bentuk segi enam. Anyaman kawat diikat dengan sangat kuat diantara sisi-sisinya sehingga tidak akan mudah terurai.

Ikatan dari anyaman inilah yang membuat kawat bronjong dapat menahan beban tanah sehingga nantinya dipastikan tidak akan terjadi longsor ataupun erosi. Kawat yang digunakan terbuat dari bahan dasar baja berlapis galvanis sehingga tidak akan mudah berkarat.

Baca Juga: Harga Batu Kali Per Kubik

Fungsi Kawat Bronjong

fungsi kawat bronjong

Kawat bronjong memiliki fungsi untuk dapat melindungi dan memperkuat struktur tanah yang berada di daerah tebing dengan tujuan untuk mencegah terjadinya longsor. Selain itu, kawat bronjong juga dapat digunakan untuk pembentukan bendungan agar volume air sungai meningkat.

Bagian tepi sungai akan mengalami erosi yang disebabkan oleh arus sungai yang sangat deras dan terjadi secara terus menerus. Dalam hal ini kawat bronjong memiliki fungsi untuk menjaga bagian tepi sungai dari arus sungai sehingga nantinya bantaran sungai dipastikan tidak gampang hancur.

Kelebihan Kawat Bronjong

kelebihan kawat bronjong

Kawat bronjong yang digunakan dalam konstruksi bangunan memiliki banyak sekali kelebihan. Adapun kelebihan yang dimiliki oleh kawat bronjong adalah sebagai berikut ini:

  • Bersifat fleksibel, dapat mengikuti gerakan tanah yang berada di bagian bawahnya tanpa perlu takut merusak konstruksi.
  • Tembus air, dapat mengurangi tekanan tanah aktif akibat air yang bisa mengalir dengan melalui sela-sela bebatuan isi gabion.
  • Konstruksinya sangat mudah, Anda bisa melakukannya sendiri tanpa perlu menggunakan mesin yang memiliki teknologi tinggi.
  • Mempunyai bobot yang cukup ringan dan mudah sekali untuk direlokasi.
  • Bisa diproduksi berdasarkan ukuran dan kebutuhan yang sudah disesuaikan.

Kekurangan Kawat Bronjong

Kekurangan Kawat Bronjong

  • Kawat bronjong terbuat dari kawat dengan lapisan galvanis sangat tebal yang tidak memiliki ketahanan cukup baik terhadap kondisi air yang memiliki kandungan kadar garam tinggi atau kadar asam tinggi.
  • Konstruksi bronjong membutuhkan lahan sangat luas karena memiliki ukuran yang besar.

Jenis Varian Kawat Bronjong

Kawat bronjong sekarang ini terdiri dari dua macam jenis yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Setiap jenis kawat bronjong sudah pasti mempunyai kelebihan dan kegunaan tersendiri. Adapun jenis varian kawat bronjong adalah sebagai berikut:

  • Kawat bronjong (Gabion)

Kawat bronjong (Gabion)

Seperti yang sudah kami jelaskan diatas bahwa kawat bronjong atau gabion adalah suatu kotak yang dibuat dari anyaman kawat baja dengan lapisan seng yang dalam pengaplikasiannya diisi dengan banyak batu pada area tebing atau tepi sungai untuk dapat mencegah erosi. Proses pembuatan kawat bronjong yang satu ini memang menggunakan mesin khusus.

Kawat bronjong atau gabion ini adalah susunan dari bahan dasar kawat baja lunak galvanis dengan ketebalan tensile strength atau kuat tarik 41 sampai dengan 53 kg per mm2 yang selalu berperdoman pada SNI atau Standar Nasional Indonesia.

  • Kawat Bronjong Hexagonal

Kawat Bronjong Hexagonal

Kawat bronjong hexagonal atau yang bisa disebut sebagai kawat anyam ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan kawat bronjol gabion. Namun pada kawat bronjong hexagonal mempunyai konfigurasi bentuk yang beruba lubang kotak. Sedangkan pada kawat bronjong gabion mempunyai bentuk beberapa lubang segi enam.

Fungsinya pun hampir sama dengan kawat bronjong gabion. Adapun fungsi kawat bronjong hexagonal adalah untuk mencegah terjadinya erosi pada tanah longsor, dapat memperkuat tiang jembatan dari aliran air sungai yang sangat deras, bagian konstruksi dinding sebagai penahan tanah, sebagai penguat dinding tebing yang memiliki permukaan miring, dan lainnya.

Cara Pembuatan Kawat Bronjong

Cara Pembuatan Kawat Beronjong

Pembuatan kawat bronjong dapat dilakukan dengan menggunakan dua macam cara, yaitu secara manual dan pabrikasi. Kawat bronjong yang dibuat secara pabrikasi ini menggunakan mesin pabrik. Kebanyakan kawat bronjong yang tersedia di pasaran telah memenuhi SNI atau Standar Nasional Indonesia.

Harga kawat bronjong di pasaran sekarang ini memang sangat bervariasi. Harganya tergantung pada ukuran dan diameter yang dimiliki oleh kawat itu sendiri. Pada intinya, setiap ukuran kawat bronjong digunakan untuk fungsi yang tidak sama.

Hal-Hal yang Harus Dilakukan dalam Pembuatan Kawat Bronjong

Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam membuat kawat bronjong, hal ini karena akan sangat berpengaruh terhadap hasil akhir dan kekuatan dari kawat tersebut.

  • Memeriksa lokasi. Pemeriksaan lokasi meliputi perhitungan area yang ingin dibuat bronjong, tingkat kemiringan, dan struktur area.
  • Pemilihan jenis bahan dasar kawat yang pas dan sesuai untuk bronjong yang ingin dibuat.
  • Penentuan ukuran anyaman kawat secara menyeluruh, kawat sisi dimensi, ukuran kawat ikat, dan diaphragm.
  • Menyusun batu.
  • Menempatkan kawat bronjong sesuai dengan tempat yang sudah direncanakan sebelumnya.

Keberadaan kawat bronjong memang mampu mencegah terjadinya longsor dan banjir. Hal ini karena air yang telah masuk dengan melalui celah-celah akan diteruskan oleh peresapan air. Atau bisa dibilang bahwa air yang datang tidak akan ditolak namun diteruskan.

Harga Kawat Bronjong Per Kg dan Per Meter

Harga Kawat Bronjong Per Meter Galvanis

Harga Kawat Bronjong Per Meter Galvanis

1. Kawat berukuran 2 x 1 x 0,5 m, dengan diameter 2,7, RAM 25 X 25 Rp 190.000,-

2. Kawat berukuran 2 x 1 x 0,5 m, dengan diameter 2,7, RAM 15 X 17 Rp 230.000,-

3. Kawat berukuran 2 x 1 x 0,5 m, dengan diameter 3,4, RAM 25 X 25 Rp 230.000,-

4. Kawat berukuran 2 x 1 x 0,5 m, dengan diameter 3,4, RAM 15 X 17 Rp 280.000,-

5. Kawat berukuran 2 x 1 x 0,5 m dengan diameter 2,7, RAM 8 X 10 Rp 315.000,-

Harga Kawat Bronjong Per Meter PVC dengan Diameter 2,7 mm

Harga Kawat Bronjong Per Meter PVC dengan Diameter 2,7 mm

1. Kawat berukuran 2 x 1 x 0,5 m dengan RAM 8 x 10 Rp 569.000,-

2. Kawat berukuran 2 x 1 x 1 m dengan RAM 8 x10, Rp 762.000,-

3. Kawat berukuran 3 x 1 x 0,5 m dengan RAM 8 x 10, Rp 780.000,-

4. Kawat berukuran 3 x 1,5 x 0,5 m dengan RAM 8 x 10, Rp 1.065.000,-

5. Kawat berukuran 3 x 1 x 1 m dengan RAM 8 x 10, Rp 1.100.000,-

6. Kawat berukuran 4 x 1.5 x 1 m dengan RAM 8×10, Rp 1.435.000,-

Baca Juga: Harga Kawat Harmonika Per Meter

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan kali ini mengenai harga kawat bronjong beserta fungsi, macam jenis, kelebihan, dan proses pembuatanya. Semoga informasi yang telah kami sampaikan ini dapat bermanfaat bagi Anda semua atau setidaknya menambah wawasan Anda mengenai kawat bronjong. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment