Harga Kawat Bronjong Per Kg Dan Per Meter

Posted on

Kawat Bronjong – Jika Anda sekarang ini tinggal di suatu wilayah yang rawan di daerah tebing yang kemiringannya selalu membuat Anda khawatir dan resah, karena bisa saja terjadi longsor sewaktu-waktu. Ataupun di wilayah pesisir garis pantai yang seringkali terjadi erosi pantai karena pengkisian maka kini Anda tidak perlu khawatir lagi.



Kami disini memiliki solusi paling tepat untuk melakukan pencegahan, yaitu dengan penggunakan kawat bronjong yang diisi tumpukan batu.

kawat bronjong

Memang penting sekali melakukan persiapan  dan siasat sebelum pengerjaan konstruksi bangunan, sehingga Anda bisa mencegah berbagai hal yang tidak diinginkan. Salah satu hal penting yang harus disiapkan adalah solusi tepat seperti penahan tebing, penahan longsor, dan lain sebagainya.

Dalam dunia konstruksi, memang ada sebuah istilah bronjong. Bronjong atau gabion adalah konstruksi dasar untuk suatu bangunan atau tanggul. Bahan bangunan ini sering dijumpai penggunaannya di area tepi sungai. Bahkan bisa jadi hunian yang Anda tempati sekarang ini juga menggunakan bronjong.

Mengenal Kawat Bronjong

Mengenal Jauh Kawat Bronjong



Bronjong merupakan sebuah kawat baja yang dilapisi dengan bahan seng atau galvanis. Bentuk anyaman kawat baja ini adalah kotak atau balok. Bagian dalam kawat bronjong diisi dengan batu-batu yang memiliki ukuran besar untuk dapat mencegah erosi.

Kawat bronjong banyak diaplikasikan di sekitar tebing atau tepi sungai yang sedang dalam pengerjaan normalisasi dan untuk dapat mengatasi gerusan yang disebabkan oleh arus sungai. Jenis kawat ini memiliki kekuatan yang sangat tinggi sehingga dalam proses pembentukannya dibutuhkan tenaga mesin.

Anyaman kawat bronjong dibuat dengan menggunakan teknik lilitan ganda yang membentuk lubang-lubang dengan bentuk segi enam. Anyaman kawat diikat dengan sangat kuat diantara sisi-sisinya sehingga tidak akan mudah terurai.

Ikatan dari anyaman inilah yang membuat kawat bronjong dapat menahan beban tanah sehingga nantinya dipastikan tidak akan terjadi longsor ataupun erosi. Kawat yang digunakan terbuat dari bahan dasar baja berlapis galvanis sehingga tidak akan mudah berkarat.



Baca Juga: Harga Batu Kali Per Kubik

Fungsi Kawat Bronjong

fungsi kawat bronjong

Kawat bronjong memiliki fungsi untuk dapat melindungi dan memperkuat struktur tanah yang berada di daerah tebing dengan tujuan untuk mencegah terjadinya longsor. Selain itu, kawat bronjong juga dapat digunakan untuk pembentukan bendungan agar volume air sungai meningkat.

Bagian tepi sungai akan mengalami erosi yang disebabkan oleh arus sungai yang sangat deras dan terjadi secara terus menerus. Dalam hal ini kawat bronjong memiliki fungsi untuk menjaga bagian tepi sungai dari arus sungai sehingga nantinya bantaran sungai dipastikan tidak gampang hancur.

Kelebihan Kawat Bronjong

kelebihan kawat bronjong

Kawat bronjong yang digunakan dalam konstruksi bangunan memiliki banyak sekali kelebihan. Adapun kelebihan yang dimiliki oleh kawat bronjong adalah sebagai berikut ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *