Harga Kawat Harmonika Galvanis Per Meter

Kawat Harmonika Galvanis – Kawat harmonika adalah sebuah kawat yang dianyam dari bahan dasar galvanis, sekarang ini kawat harmonika sudah tersedia dalam banyak ukuran yang dapat disesuaikan berdasarkan kegunaannya seperti untuk lapangan olahraga, taman, dan masih banyak lainnya.

Proses pembuatan kawat harmonika adalah menggunakan mesin dengan teknologi tinggi sehingga mendapatkan hasil material kawat yang memiliki kualitas tinggi dan kuat. Ciri khas dari produk kawat yang satu ini adalah mempunyai lubang dengan bentuk hexagonal.

Kawat Harmonika

Lubang tersebut memiliki ukuran yang sangat bervariasi. Semakin rapat lubang yang telah dibuat, maka akan semakin mahal juga harga kawat harmonika tersebut.  Produk kawat ini sudah sejak dulu digunakan oleh masyarakat kita untuk berbagai keperluan.

Dulunya banyak sekali masyarakat yang memanfaatkan kawat harmonika sebagai pagar halaman rumah ataupun pembuatan kandang ternak. Dan pada saat itu, kawat harmonika yang digunakan hanyalah kawat dari bahan dasar alumunium tanpa ada lapisan tamabahan. Hal ini tentunya berbeda dengan jaman sekarang, kawat harmonika sudah dilapisi dengan lapisan anti karat dan beberapa bahan yang lainnya.

Maka dari itu, karena telah mengalami banyak perubahan kini harga kawat harmonika bisa dibilang cukup mahal. Apabila Anda ingin menggunakan produk kawat ini, Anda bisa membaca artikel ini sampai akhir.

Kami akan mengulas secara lengkap mengenai kawat harmonika beserta daftar harganya sehingga bisa Anda jadikan sebagai referensi sebelum membeli kawat harmonika yang pas. Untuk lebih jelasnya mari langsung saja simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Kegunaan Kawat Harmonika

Kegunaan Kawat Harmonika

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya bahwa kawat harmonika memiliki banyak sekali kegunaan misalnya untuk sekolah, lapangan  olahraga,  dan taman. Namun selain itu masih banyak penggunaan kawat harmonika yang lainnya, yaitu :

  • Dapat digunakan sebagai pagar tanaman
  • Dapat digunakan sebagai partisi
  • Dapat digunakan sebagai screener
  • Dapat digunakan sebagai pengaman pengaman barang atau property
  • Dapat digunakan sebagai kebun
  • Dapat digunakan sebagai pagar rumah
  • Dapat digunakan sebagai pagar di area pabrik atau industri

Jadi, pada umumnya jenis kawat yang satu ini banyak digunakan sebagai pagar dengan tambahan tiang. Harganya memang telah mengalami kenaikan, tetapi masih cukup terjangkau jika dibandingkan dengan jenis kawat yang lainnya. Dengan demikian maka kawat harmonika bisa menjadi pilihan yang paling tepat bagi Anda yang memiliki budget pas dan proses pengerjaannya lebih cepat terselesaikan.

Baca Juga: Harga Batu Kali Texture

Kelebihan Kawat Harmonika

Kelebihan Kawat Harmonika

Kawat harmonika selain lebih murah ternyata juga memiliki banyak kelebihan jika dibandingkan dengan jenis kawat yang lainnya. Adapun kelebihan yang dimiliki oleh kawat harmonika adalah sebagai berikut:

  • Lebih aman dan fleksibel, kawat harmonika dapat dibentuk dengan sangat mudah untuk menyesuaikan area yang ingin diaplikasikan kawat harmonika.
  • Ekonomis, kawat harmonika yang digunakan sebagai pagar jauh lebih murah daripada pagar jenis yang lainnya seperti pagar batu bata, pagar BRC, pagar kayu, dan pagar yang lainnya.
  • Pemasangan sangat mudah, proses dalam pemasangan kawat harmonika sangat mudah dan bahkan tidak diperlukan alat khusus.
  • Kuat, kawat harmonika ini memang terkenal kuat dan dapat menahan pengganggu yang ingin masuk ke dalam area yang telah dikelillinginya.
  • Panjang kawat dapat disesuaikan berdasarkan kebutuhan di lapangan.

Jenis-Jenis Kawat Harmonika

Saat ini kawat harmonika tersedia dalam dua macam jenis, setiap kawat harmonika sudah pasti mempunyai keunggulan dan manfaatnya masing-masing. Berikut ini adalah beberapa jenis kawat harmonika yang perlu Anda ketahui:

  1. Kawat Harmonika PVC

Kawat Harmonika PVC

Kawat harmonika PVC merupakan kawat besi yang dilapisi oleh pipa kecil berwarna hijau atau yang biasa disebut dengan pipa PVC. Apabila kawat besi sudah dilapisi oleh PVC kemudian di bentuk di proses kembali dengan menggunakan sebuah mesin yang berkualitas sehingga terbentuklah kawat harmonika PVC.

Kawat harmonika yang dilapisi dengan PVC memiliki kegunaan atau fungsi sebagai pelindung dasar kawat besi supaya tahan terhadap korosi, anti karat, dan juga anti panas.

  1. Kawat Harmonika Galvanis

Kawat Harmonika Galvanis

Kawat harmonika galvanis merupakan sebuah kawat besi yang dilapisi oleh timas panas atau zinc iron alloy dengan cara mencelupkan kawat besi secara langsung ke dalam bakseng timah dengan temperature mencapai 450 derajat.

Jika proses galvanis sudah terjadi, barulah kawat besi mulai dibentuk dan dilakukan pemrosesan kembali dengan menggunakan mesin khusus yang berkualitas sehingga terbentuklah kawat harmonika galvanis.

Kawat harmonika yang dilapisi oleh galvanis ini memiliki fungsi atau kegunaan yang tidak jauh berbeda dengan kawat harmonikan PVC. Perbedaannya hanyalah kawat Galvanis tidak dilapisi dengan pipa kecil berwarna hijau atau yang biasa disebut dengan PVC.

Ukuran Kawat Harmonika 

Ukuran Kawat Harmonika Galvanis

Kawat harmonika memang tersedia dalam banyak ukuran mulai dari diameter 1,5 mm hingga 4 mm, untuk ukuran lubang kawatnya mulai dari 20 mm sampai 70 mm. Selain ukuran tersebut, kawat harmonika juga dapat dipesan sesuai dengan kebutuhan.

Namun untuk lebar maksimum yang bisa dipesan adalah 3 meter, sedangkan untuk ukuran panjangnya tidak ada batasan. Panjang seng gelombang gelombang memiliki pengaruh dalam tingkat kemudahan serta waktu yang diperlukan, semakin panjang ukuran seng yang telah digunakan maka akan semakin cepat pula proses pemasangannya.

  Diameter Kawat                 Ukuran Lubang
– 1.6 mm ( BWG 16 )                   25 x 25 mm

– 1.6 mm ( BWG 16 )                   30 x 30 mm

– 1.6 mm ( BWG 16 )                   40 x 40 mm

– 1.6 mm ( BWG 16 )                   50 x 50 mm

– 2.1 mm ( BWG 14 )                   25 x 25 mm

– 2.1 mm ( BWG 14 )                   30 x 30 mm

– 2.1 mm ( BWG 14 )                   40 x 40 mm

– 3.4 mm ( BWG 10 )                   43 x 43 mm

– 3.4 mm ( BWG 10 )                   53 x 53 mm

– 3.4 mm ( BWG 10 )                   60 x 60 mm

– 4 mm ( BWG 08 )                      53 x 53 mm

– 4 mm ( BWG 08 )                      60 x 60 mm

– 5 mm ( BWG 06 )                      52 x 52 mm

Harga Kawat Harmonika Galvanis Per Meter

Harga Kawat Harmonika Galvanis

Daftar harga kawat harmonika galvanis permeter persegi/M2

Spesifikasi Kotak Kawat Harmonika Galvanis Ukuran Diameter (Ketebalan Besi) Harga Kawat Harmonika Galvanis Per meter per segi (m2)
Spasi Kotak 50 x 50 mm Tebal 2 mm Rp. 65.000 / m2
Spasi Kotak 50 x 50 mm Tebal 2,7 mm Rp. 75.000 / m2
Spasi Kotak 50 x 50 mm Tebal 3 mm Rp. 85.000 / m2
Spasi Kotak 50 x 50 mm Tebal 4 mm Rp. 130.000 / m2

Daftar harga kawat harmonika galvanis perroll/pergulung

Spesifikasi Kotak Kawat Harmonika Galvanis VOLUME Harga Kawat Harmonika Galvanis per rol / per gulung
Spasi Kotak 50 x 50 mm Diameter Besi / Tebal Besi 2 mm Tinggi 1 Meter x Panjang 20 Meter Rp. 1.300.000 / rol
Spasi Kotak 50 x 50 mm Diameter Besi / Tebal Besi 2,7 mm Tinggi 1 Meter x Panjang 20 Meter Rp. 1.500.000 / rol
Spasi Kotak 50 x 50 mm Diameter Besi / Tebal Besi 3 mm Tinggi 1 Meter x Panjang 20 Meter Rp. 1.700.000 / rol
Spasi Kotak 50 x 50 mm Diameter Besi / Tebal Besi 4 mm Tinggi 1 Meter x Panjang 20 Meter Rp. 2.600.000 / rol

Tips Merawat Kawat Harmonika

Tips Merawat Kawat Harmonika

Perawatan kawat harmonika ini penting dilakukan supaya kawat harmonika nantinya tidak mudah rusak. Adapun tips dalam merawat kawat harmonika adalah sebagai berikut:

  1. Pengecetan Ulang

Kawat harmonika yang dilapisi oleh dua macam lapisan, yaitu PV dan galvanis hanya mampu bertahan selama bebeerapa tahun saja. Jika lapisan bagian luar sudah mulai terkikis maka lapisan dalam tentu akan terkena udara secara langsung.

Hal ini bisa mengakibatkan terjadinya pengakaratan, untuk melakukan pencegahan bisa dilakukan dengan mengecatnya ulang. Pengecatan kawat harmonika secara rutin sangat efetif dalam mencegah kerusakan.

  1. Menggunakan Minyak Khusus

Kawat harmonika dapat dilindungi dengan penggunaan minyak khusus seperti oli. Minyak ini memiliki fungsi untuk dapat mencegah terjadinya karat di pagar kawat harmonika tersebut. Supaya pagar kawat harmonika bisa awet dan tahan lama maka lakukan pelapisan secara rutin.

  1. Mengganti Bagian Kawat yang Berkarat

Apabila ada bagian kawat harmonika yang sudah mulai mengalami perubahan bentuk atau warna maka bisa langsung diganti dengan kawat yang masih baru. Hal ini karena karat mudah sekali menyebar ke bagian yang lainnya.

Untuk menggantinya bisa dilakukan dengan cara memotong atau bisa juga ditambal dengan kawat harmonika yang masih terbaru. Meskipun tampilannya tidak cantik seperti semula tetapi setidaknya pagar kawat harmonika Anda awet dan bisa tahan lama.

Baca Juga: Harga Kawat Bronjong Per Kg

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai kawat harmonika secara lengkap dan jelas. Semoga informasi yang kami sampaikan ini dapat Anda jadikan sebagai referensi agar mendapatkan kawat harmonika yang sesuai kebutuhan. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment