Harga Kusen Pintu Dan Jendela Aluminium


Harga Kusen Pintu Aluminium – Pada awalnya kusen hanya terbuat dari kayu, tetapi sekarang ini sudah tersedia jenis kusen alumunium yang lebih dipilih oleh masyarakat. Kusen alumunium biasa digunakan pada tempat-tempat dengan tampilan yang modern seperti cafe, kantor, karaoke, dan lainnya.



Memang kusen kayu mempunyai sifat yang mampu menahan dingin dan panas. Namun sebenarnya kusen alumunium mempunyai nilai estetika yang jauh lebih baik. Disamping itu, kusen jenis ini sangat tahan terhadap air, anti hewan pengerat, dan pastinya jauh lebih awet.

Harga Kusen Aluminium Per Meter Untuk Pintu Dan Jendela

Sedangkan untuk masalah harga kusen alumunium lebih mahal jika dibandingkan dengan harga kusen kayu. Tetapi kusen alumunium mempunyai harga yang selalu stabil dalam setiap tahunnya.

Nah, apabila Anda ingin membeli kusen alumunium, berikut ini kami akan memberikan informasi secara lengkap mengenai kusen alumunium. Mungkin dapat dijadikan sebagai referensi apakah sesuai dengan kebutuhan Anda atau tidak.

Keunggulan Kusen Alumunium

Ada beberapa keunggulan yang dimiliki oleh kusen alumunium jika dibandingkan dengan jenis kusen yang lainnya. Adapun keunggulan dari kusen alumunium adalah sebagai berikut:



Keunggulan Kusen Alumunium

  1. Lebih Awet

Keunggulan kusen alumunium yang pertama adalah lebih awet. Dengan menggunakan kusen alumunium ini Anda akan terhindari dari masalah keroposnya kusen. Hal ini karena memang kusen alumunium berbeda dengan kusen kayu yang sangat tidak mungkin dimakan oleh rayap.

  1. Tahan Terhadap Cuaca

Jika Anda menggunakan kusen kayu tentunya semakin lama akan mengalami kelapukan. Namun hal ini tidak akan terjadi jika Anda menggunakan kusen alumunium karena mempunyai sifat utama yang anti air sehingga sudah pasti akan lebih tahan terhadap cuaca.

Selain itu, penggunaan kusen kayu yang sering diterpa cuaca panas akan semakin menyusut, tentunya hal ini tidak akan berlaku bagi kusen pintu dan jendela yang berbahan alumunium.



pintu aluminium geser

  1. Dapat Dimodifikasi

Tampilan dari kusen alumunium ternyata dapat dimodifikasi. Anda pun dapat mengubah penampilan kusen alumunium tersebut sesuai dengan keinginan Anda sendiri, seperti misalnya diberikan cat warna ataupun motif.

  1. Memiliki Sifat yang Ringan

Apabila dibandingkan dengan kusen kayu, tentunya kusen yang terbuat dari bahan dasar alumunium akan jauh lebih ringan. Dengan demikian akan lebih memudahkan Anda dalam melakukan pemasangan ataupun pemindahkan kusen. Selain memiliki sifat yang ringan, kusen alumunium juga sangat kokoh dan kuat.

  1. Perawatannya Mudah

Penggunaan kusen alumunium biasanya akan sering terkena debu saja. Tentunya hanya dengan melakukan pengelapan saja maka kusen alumunium Anda akan menjadi bersih seperti semula. Berbeda dengan kusen yang terbuat dari bahan kayu karena membutuhkan perawatan secara ekstra supaya terhindar dari kekeroposan.

Baca Juga: Model Desain Pintu Minimalis

Kekurangan Kusen Alumunium

Selain memiliki banyak keunggulan, kusen alumunium juga memiliki kekurangan daripada jenis kusen lainnya, yaitu:

Kekurangan Kusen Alumunium



  1. Harga Lebih Mahal

Seperti yang sudah kami singgung diatas bahwa harga kusen alumununium memang mahal. Mungkin karena proses pembuatannya yang lebih rumit dan sulit, menjadi harga kusen alumunium lebih mahal daripada kusen kayu.

Meskipun demikian, baik itu kusen alumunium ataupun kusen kayu memiliki banyak sekali variasi yang bisa dipilih sendiri atau sesuai kebutuhan. Jadi, dilihat dari segi harga sebenarnya tergantung dari variasi dan merek yang dipilih.

  1. Sedikit Model

Model kusen alumunium pada umumnya hanya memiliki bentuk kotak saja. Tetapi daripada kusen kayu, kusen kayu bisa dibuat dengan warna dan motif yang jauh lebih menarik seperti ukiran ataupun tambahan komponen yang lainnya. Sementara untuk jenis kusen alumunium hanya mempunyai variasi warna saja.

Langkah Mudah Memasang Kusen Alumunium

Langkah Mudah Memasang Kusen Alumunium

Pemasangan kusen alumunium pada pintu atau jendela rumah bisa dibilang sangat mudah. Berikut ini adalah langkah mudah memasang kusen alumunium:

  • Langkah 1

Siapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk pemasangan seperti kusen alumunium, sealant, hardboard, sekrup fisher, baut dynabolt, dan juga bingkai alumunium. Jangan sampai lupa untuk menyiapkan juga peralatan untuk pengerjaan seperti gerinda, gergaji, waterpass, meteran, dan cutter.

  • Langkah 2

mengukur dinding rumah untuk memasang kusen

Ukur terlebih dahulu bagian dinding rumah, sesuaikan dengan ukuran dari kusen alumunium. Dalam hal ini Anda harus pastikan bahwa posisinya tepat dan lurus. Anda bisa menggunakan sekrup galvanis untuk dapat menyambung kusen dan bingkai alumunium. Supaya mempermudah saat pengepasan maka gunakan isolasi biru. Tujuannya adalah untuk melindungi alumunium yang telah dirangkai tadi.

  • Langkah 3

Langkah berikut adalah melakukan proses penghalusan pada dinding bagian dalam dengan menggunakan plester. Supaya bisa lebih halus maka bisa Anda tambahkan dengan adukan aci. Untuk mempermudah dalam pemasangan kusen ke dinding, berikan kelonggaran sekitar 10 mm pada bagian lubang dinding.

  • Langkah 4

pemasangan kusen alumunium yang telah dirangkai

Melakukan pemasangan kusen alumunium yang telah dirangkai ke dalam dinding. Jika benar-benar sudah pas, maka bor kusen sampai bisa tembus ke dindingnya. Masukkan sekrup lalu kencangkan. Lakukan bor kembali dan pasang sekitar 6 sampai 7 sekrup dalam satu kusen alumunium.

  • Langkah 5

Lakukan penutupan pada garis antara dinding dan kusen alumunium dengan silen untuk memberikan kekuatan serta nampak jauh lebih rapi.



Leave a Comment