Harga Dan Ukuran Metal Stud Per Batang


Harga Dan Ukuran Metal Stud – Rangka partisi sekarang ini sudah menjadi salah satu alternatif yang tepat sebagai penyekat ruangan yang terlalu besar menjadi dua atau beberapa bagian. Hal ini tentunya berbeda jauh jika dibandingkan dengan tembok biasa.



Baik tembok biasa ataupun partisi sebenarnya bisa digunakan sebagai penyekat ruangan. Namun tembok bersifat permanen dan mempuyai fungsi struktural sebagai penopang bangunan. Berbeda dengan partisi yang tidak begitu signifikan dalam menahan beban bangunan. Sifatnya jauh lebih fleksibel karena bisa dipindah dengan mudah. Bahkan keberadaannya bisa memperindah tampilan ruangan. Ada banyak sekali bahan yang bisa digunakan sebagai rangka partisi, salah satunya adalah metal stud.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai harga metal stud terbaru yang bisa Anda jadikan sebagai referensi. Namun sebelum membahas daftar harganya, mari simak terlebih dahulu beberapa pembahasan mengenai metal stud berikut ini.

Baca juga: Cara Menghitung Kebutuhan Rangka Plafon

Apa Itu Metal Stud?

Metal stud merupakan baja ringan yang biasa digunakan sebagai rangka partisi. Rangka baja ringan ini bisa dikombinasikan dengan papan gypsum, papan semen, dan triple untuk membentuk partisi-partisi ruangan. Penggunaan metal stud akan membuat beban struktur menjadi lebih ringan. Selain itu, ruangan akan menjadi flexible terhadap perubahan fungsi dan bentuk.



Bahan dasar yang digunakan untuk pembuatan metal stud adalah baja lapis yang memiliki kandungan logam campuran 55% alumunium dan 45% zinc. Kandungan inilah yang membuat metal stud tahan terhadap korosi ataupun rayap.

Sedangkan untuk masalah proses pemasangan metal stud bisa dibilang sangat sederhana dan mudah di aplikasikan. Jika proses pemasangannya sudah dilakukan dengan benar maka strukturnya akan menjadi rigid dan kaku. Metal stud dapat diaplikasikan pada konstruksi rumah, kantor, gudang, atau bangunan yang lainnnya.

Ukuran Metal Stud

Metal stud yang dijual di pasaran tersedia dalam berbagai macam ukuran. Ukuran tersebut tentunya bisa dipilih sendiri sesuai dengan keinginan. Berikut ini adalah standard ukuran metal stud:



Kelebihan Metal Stud

Jika dibandingkan dengan partisi konvesional yang menggunakan bahan dasar kayu, metal stud mempunyai keunggulan yang jauh lebih baik. Berikut ini adalah beberapa keunggulan yang ditawarkan oleh metal stud:

  1. Kuat dan Ringan

Metal stud dibuat dari bahan dasar baja ringan yang mempunyai daya tarik sangat besar sehingga mampu metal stud menopang gypsum yang tebal. Selain itu, metal stud memiliki bobot yang terbilang sangat ringan. Inilah yang menjadi perbedaan yang sangat jelas antara metal stud dengan partisi konvesional dari bahan kayu, dimana rangka konvesional tersebut memiliki bobot yang sangat berat.

  1. Anti Api

Jika Anda lebih memilih untuk menggunakan partisi konvesional, maka sudah pasti partisi tersebut tidak tahan terhadap api. Hal ini karena bahan dasar kayu memang menjadi salah satu bahan yang sangat mudah untuk terbakar. Bahkan juga memiliki ketahanan yang kurang baik terhadap rayap. Sedangkan daya tahan yang dimiliki oleh metal stud terbilang sangat tinggi karena dibuat dari bahan dasar baja. Sehingga Anda tidak perlu khawatir lagi dengan api.

Karena keunggulannya tersebut, metal stud tentu akan sangat bemanfaat jika digunakan pada bangunan yang berdiri di daerah yang rawan badai tinggi. Dimana pada daerah tersebut, aktivitas seismik dan konsleting yang menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya kebakaran sangat rawan terjadi.

  1. Anti Rayap dan Tahan Karat

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa bahan dasar baja yang digunakan dalam pembuatan metal stud memang memiliki kandungan alumunium zic. Kandungan ini berfungsi sebagai penahan karat dan dapat dipastikan bahwa nantinya tidak akan ada rayap yang bisa menyerang ataupun menggerogoti rangka partisi tersebut.



  1. Awet dan Hemat

Baja ringan selama ini dikenal sebagai material yang sangat awet dan mampu tahan lama. Dengan menggunakan metal stud maka Anda tidak perlu mengganti material dalam jangka waktu yang depat. Sehingga secara tidak langsung juga akan lebih menghemat biaya yang dikeluarkan untuk mengganti material.

  1. Pemasangan Praktis dan Cepat

Metal stud memang sangat ringan dan sudah didesain hingga sedemikian rupa untuk memudahkan pekerjaan dalam memasag rangka partisi. Selain itu, metal stud juga sangat pratis dan proses pemasagannya jauh lebih cepat daripada cara konvensional.

Metal Stud Baja Ringan yang Bagus

Metal stud bisa dibilang merupakan baja bermutu tinggi karena mempunyai sifat ringan dan tipis. Namun untuk masalah fungsi tidak berbeda jauh dengan baja konvesional. Baja ringan yang satu ini termasuk dalam jenis baja yang dibentuk ketika sudah dingin atau yang biasa disebut dengan cold form steel.

Metal stud dibuat secara khusus untuk memudahkan dalam perakitan dan konstruksi. Meskipun baja ringan ini mempunyai derajat kekuatan tarik yang sangat tinggi, yakni mencapai sekitar 550 MPa (MegaPascal). Hal ini tentunya berbeda jauh dengan baja biasa yang hanya mempunyai kekuatan tarik sebesar 300 MPa (MegaPascal). Kekuatan tarik dan tegangan yang dimiliki metal stud dapat mengkompensasi bentuknya yang tipis.

Untuk perhitungan kuda-kuda baja ringan juga tidak sama dengan kayu, yang dimana cenderung lebih rapat (equipment kitchen). Jika beban yang harus dipikul semakin besar, jarak kuda-kuda akan semakin pendek. Seperti misalnya untuk genteng yang memiliki bobot 40 kg/m2 maka jarak kuda-kuda dapat dibuat setiap 1,4 m. Namun jika bobot genteng mencapai 75kg/m2, untuk jarak kuda-kudanya adalah 1,2m

Spesifikasi dan Harga Metal Stud



Leave a Comment