Harga Pipa AC Tembaga Berbagai Ukuran


Harga Pipa AC Tembaga – AC saat ini sudah menjadi kebutuhan yang bisa dibilang cukup penting dan banyak digunakan di Indonesia. Bahkan bagi pengguna AC, hampir setiap hari mereka menggunakan AC. AC yang terlalu sering untuk digunakan maka bukan tidak mungkin bisa terjadi kerusakan sewaktu-waktu. Perlu Anda ketahui bahwa masalah yang seringkali terjadi pada AC adalah terjadinya kebocoran.



Maka dari itu, Anda harus mengetahui bagaimana cara yang tepat untuk menangani AC.

Pipa AC Tembaga

Namun akan lebih baik jika Anda mengetahui cara mencegah AC bocor untuk menghindari terjadinya kebocoran tersebut. Salah cara yang dapat dilakukan untuk mencegah kebocoran AC adalah dengan menggunakan material AC yang memiliki kualitas terbaik, yaitu pipa AC.

Dalam pemilihan pipa AC sendiri  tentu tidak boleh sembarangan, bisa Anda bandingkan antara merk satu dengan merk yang lainnya. Jika sudah Anda bandingkan maka tinggal Anda pilih manakah merk yang terbaik.

Rekomendasi Merk Pipa AC Terbaik

  1. Hoda

Pipa AC Hoda



Pipa AC merk Hoda ini banyak digunakan di Indonesia karena memiliki harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan merk pipa AC yang lainnya. Pipa AC Hoda ini mempunyai ketebalan mulai dari 0,5 mm sampai dengan 0,6 mm. Dengan ukuran ketebalan tersebut membuat pipa AC yang satu ini banyak dijadikan sebagai bahan pertimbangan oleh para teknisi AC.

Hoda sendiri menawarkan pipa AC khusus digunakan untuk AC dengan kapasitas mulai 1/2 PK sampai 5 PK. Produsen pipa AC terserbut juga menawarkan produknya berupa roll sepanjang 15 sampai 30 meter pipa AC.

  1. Tateyama

Pipa AC Tateyama

Tateyama merupakan merk pipa AC yang terbukti memiliki kualitas terbaik dan sudah tidak diragukan lagi. Hal ini karena pipa AC yang satu ini sudah diproses sedemikian rupa berdasarkan JIS H3300 C1220T dan standard ASMT B280.



Jadi memang produsen AC ternama ini tidak sembarangan dalam memproduksinya. Karena memiliki kualitas terbaik maka pipa AC Tateyama ini dapat digunakan pad jenis R4074A dan R410A.

Sama halnya dengan merk Hoda, Tateyama juga menyediakan produk pipa AC berupa roll, untuk 1 roll pipa AC merk Tateyama ini mempunyai panjang hingga mencapai 30 meter.

  1. Artic

Pipa AC Artic

Pipa AC berikutnya yang memiliki kualitas terbaik adalah pipa AC Artic, pipa AC yang satu ini merupakan salah satu merk pipa AC yang paling banyak digunakan di Indonesia, dan pada umumnya digunakan untuk AC jenis split.

Dengan banyaknya pengguna merk pipa AC yang satu ini di Indonesia pastinya bukan tanpa alasan, hal ini karena memang pipa AC merk Artic sangat berkualitas.

Terlebih lagi dalam prosesnya diberi dengan tambahan insulasi yang akan membuat AC di rumah Anda terhindari proses terjadinya kondensasi selama AC tersebut sedang beroperasi.



  1. Saeki

Pipa AC Saeki

Pipa AC Saeki ini biasa digunakan pada proyek-proyek besar seperti rumah sakit, perkantoran, dan lainnya. Pipa AC Saeki memiliki sifat, bisa Anda lihat bahwa pipa AC Saeki akan mudah sekali untuk ditekuk pada saat dilakukan instalasi. Ketebalan yang dimiliki oleh pipa AC Saeki juga cukup baik sehingga dapat menambah kenyamanan serta keamanan para penggunanya.

  1. Pipa AC Nippon Steel

Pipa AC Nippon Steel

Pipa AC Nippon Steel sangat disarankan untuk AC yang sudah menggunakan teknologi inverter dan juga jenis freon R32. Pipa AC ini mempunyai ketebalan kurang lebih 0,7 mm dengan busa yang cukup tebal. Sehingga sudah pasti sudah bisa mencegah terjadinya kondensasi.

Selain itu, pemasangan pipa AC Nippon Steel juga sangat mudah sekali. Jika misalnya lokasi untuk penginstalan memiliki banyak belokan maka pipa AC ini muda di tekuk-tekuk dan tidak mudah patah. Sedangkan untuk masalah harganya lebih tinggi daripada jenis pipa AC yang lainnya tetapi sebanding dengan kelebihan yang dimilikinya.

Baca Juga: Desain Plafon Gypsum Minimalis

Jenis-Jenis Pipa AC

Pipa AC atau pipa tembaga terbagi dalam dua macam jenis, yaitu:

Jenis-Jenis Pipa AC

  • Jenis Pipa AC Tembaga Soft (Annealed)

Jenis pipa AC tembaga yang paling direkomendasikan adalah pipa AC tembaga soft. Harganya memang cukup mahal, tetapi kualitas yang diberikan sangat bagus. Bahkan pipa soft ini memiliki kelenturan yang cukup bagus sehingga mudah sekali untuk di tekuk.

Dengan sifatnya yang lentur membuat pipa AC tembaga soft ini tidak gampang bocor dan pemasangannya juga cukup mudah. Selain itu, jika Anda menggunakan pipa AC tembaga jenis ini maka dapat dipastikan bahwa pipa akan sangat awet dan tidak akan mengalami kerusakan seperti robekkan pada bagian pipa.

  • Jenis Pipa AC Tembaga Kaku

Jenis pipa AC yang lainnya adalah pipa AC tembaga kaku yang memiliki harga jauh lebih murah. Namun pipa tembaga ini sangat kaku dan tidak elastis. Harganya memang jauh lebih murah tetapi dalam pengunaannya juga akan lebih beresiko.

Hal tersebut dikarenakan pipa AC tembaga jenis kaku ini tidak dapat dilenturkan pada saat proses pemasangan. Sehingga pada saat proses pemasangan akan dibutuhkan tiang penyangga tambahan untuk dapat memasangnya.

Meskipun harga pipa AC tembaga kaku lebih murah tetapi untuk masalah pemasangannya akan sangat sulit sehingga akan membutuhkan biaya dalam jumlah yang cukup besar. Jika dibandingkan dengan pipa tembaga soft yang mempunyai harga jauh lebih mahal, tetapi untuk masalah biaya perawatan atau penggantiannya akan lebih hemat. Selain itu, penggunaan pipa AC tembaga jenis soft juga akan lebih aman.



Leave a Comment