Harga Bondek Cor Dan Plat Per Meter / Lembaran


Harga Bondek Cor –  Apabila Anda ingin membangun sebuah bangunan yang sudah terjamin kekohannya, tentu floor deck tidak boleh Anda boleh Anda lewatkan. Hal ini karena bondek floor bisa membuat kontruksi bangunan agar lebih kuat dan lebih efisien sehingga seringkali dijadikan sebagai pilihan utama.



Lalu sebenarnya apa kegunaan bondek? Bondek biasa digunakan sebagai material pengganti triplek pada pengecoran dak beton. Ada banyak sekali keunggulan yang bisa Anda dapatkan jika menggunakan bondek daripada triplek. Salah satunya adalah jauh lebih efisien karena tidak akan ada material yang terbuang.

bondek

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan mengenai bondek, mulai dari pengertian, keunggulan, cara pemasangan, dan daftar harga bondek terbaru. Untuk lebih jelasnya mari langsung saja simak ulasan selengkapnya berikut ini..

Pengertian Bondek

Material Bondek

Bondek dalam istilah lain biasa disebut dengan steel deck ataupun floor deck. Bondek merupakan salah satu bahan material bangunan yang dibuat dari bahan galvanis dan galvalum yang dimana mempunyai struktur yang sangat kokoh terlebih jika Anda aplikasikan untuk plat lantai. Selain untuk plat lantai, bondek juga dapat diaplikasikan untuk dak beton.



Bondek selalu menjadi pilihan yang paling tepat untuk membangun sebuah bangunan yang bertingkat. Banyak sekali konstruktor bangunan yang lebih memilih bondek dak beton karena memang fungsi utamanya bisa membuat kontruksi suatu bangunan menjadi lebih kuat dan kokoh.

Baca Juga: Cara Pemasangan Bondek Yang Presisi

Spesifikasi Bondek

Spesifikasi Bondek

Sebagian orang berpikir bahwa spesifikasi bondek sama seperti spandek. Meskipun terlihat sama, tetapi spesifikasi yang dimiliki oleh kedua bahan material ini benar-benar berbeda. Spandek terbuat dari bahan dasar kain garment. Sedangkan bondek terbuat dari dua macam bahan pelapis yaitu galvanis dan galvalum. Untuk lebih jelasnya bisa Anda perhatikan spesifikasi lengkap bondek berikut ini:

MATERIAL DASAR BONDEK Baja berlapis Galvanis, minimum tegangan leleh 5.500 kg/cm2 dengan proses hot dip Galvanized
KETEBALAN 0.7 mm – 1.00 mm (BMT)
BERAT LAPISAN GALVANIS Z-22 (220 GRAM/M2
LEBAR EFEKTIF 1000 MM
TINGGI GELOMBANG 50 MM
PANJANG Max 12.00 mm (atau disesuaikan dengan panjang pengangkut

Keunggulan dan Kekurangan Menggunakan Bondek

Untuk memudahkan Anda dalam mengenal bondek, pembahasan berikutnya kami akan menjelaskan mengenai kelebihan dan kekurangan menggunakan bondek. Adapun keunggulan dan kekurangan bondek dalam kontruksi bangunan adalah sebagai berikut:



Keunggulan Bondek

Keunggulan Bondek

  • Bondek memiliki bentuk berupa lembaran bergelombang sehingga mudah dan cepat sekali untuk dipasang.
  • Tenaga kerja yang dibutuhkan dalam pemasangan bondek jauh lebih sedikit daripada bekisting kayu (triplek). Bisa dibilang jauh lebih efisien dan ekonomis.
  • Hasil akhir cor beton akan menjadi rapi dan terhindar dari cor beton keropos akibat dari bekisting yang bocor.
  • Bondek dapat menjadi platform kerja yang sangat nyaman.
  • Sangat awet dan mampu tahan lama.
  • Mempunyai ketahanan terhadap api.
  • Memiliki desain yang sangat canggih dan terlihat lebih modern.
  • Bekurangnya volume cor beton sekitar 15% hingga sampai 25%.

Itulah beberapa keunggulan dari bondek sebagai salah satu bahan konstruksi yang sekarang ini banyak digunakan di Indonesia ataupun negar lain dengan tujuan utama untuk menyederhanakan pengerjaan kontruksi. Meskipun memiliki banyak keunggulan, bondek juga mempunyai beberapa kelemahan dalam pengaplikasiannya.

Kekurangan Menggunakan Bondek

Kekurangan Menggunakan Bondek

  • Bondek harus dipotong menggunakan alat khusus. Agar lebih memudahkan Anda dalam pemasangan nantinya, maka pemesanan bondek bisa Anda sesuaikan dengan pengukuran bidang cor yang ingin diaplikasikan bondek pada bagian atasnya sebagai pelindung. Apabila masih kurang sesuai dan harus dipotong, untuk pemotongannya harus menggunakan alat khusus, yaitu angel grinder. Alat yang satu ini sangat diperlukan karena baja ringan bondek bukan termasuk material yang mudah untuk dipotong.
  • Dibutuhkan ahli atau tanaga kerja yang berpengalaman untuk memasang bondek. Tujuannya adalah untuk mencegah terjadinya kesalahan ketika melakukan pemasangan. Karena bisa berakibat pada pemborosan material.
  • Pemasangan bondek yang maksimal fungsinya adalah pada cor dak yang mempunyai balok dan juga plat pet.
  • Untuk melakukan penyambungan juga diperlukan alat khusus dan harus dilakukan oleh tenaga ahli yang sudah berpengalaman. Pemasangan ini menggunakan las listrik sehingga akan mengeluarkan lebih banyak biaya untuk las listrik.

Itulah beberapa keunggulan dan kekurangan dari bondek. Meskipun bondek merupakan material bangunan yang modern dan canggih, tetapi pemasangannya harus dilakukan dengan hati-hati dan teliti. Dengan begitu Anda bisa mendapatkan hasil akhir yang sesuai dengan harapan.



Cara Pemasangan Bondek (Floor Deck)

Cara Pemasangan Bondek (Floor Deck)

  1. Pedoman Pemasangan

Pada umumnya bondek dapat diaplikasikan di atas tumpuan portal konstruksi beton, baja, ataupun batu bata. Panjang bondek yang akan digunakan setidaknya harus bisa menutupi dua bagian bangunan dan mempunyai jarak bentang yang efisien.

Sambungan yang berada diantara dua panjang panel krisdek juga harus Anda usahakan seminimal mungin. Walaupun panel deck bisa menjadi bekisting yang cukup aman pada saat kondisi beton masih basah, sebaiknya Anda menggunakan papan sebagai lintasi pekerja dan usahakan untuk menghindari pemutusan beban.

  1. Pemasangan Pada Kontruksi Baja

Pemasangan Pada Kontruksi Baja

Pemasangan bondek diatas tumpuan baja bisa Anda lakukan jika pekerjaan kontruksi portal baja sudah selesai diukur dengan lot dan juga waterpass. Pemasangan dilakukan dengan cara membentangkan bondek secara menerus, kemudian bisa Anda ikat menggunakan las listrik atau bisa juga paku tembak. Setelah itu jarak pemikul akhir bisa ditentukan berdasarkan gaya geser, biasanya sekitar 5 cm.



Leave a Comment