Harga Bondek Cor Dan Plat Per Meter / Lembaran

Posted on
  • Bondek memiliki bentuk berupa lembaran bergelombang sehingga mudah dan cepat sekali untuk dipasang.
  • Tenaga kerja yang dibutuhkan dalam pemasangan bondek jauh lebih sedikit daripada bekisting kayu (triplek). Bisa dibilang jauh lebih efisien dan ekonomis.
  • Hasil akhir cor beton akan menjadi rapi dan terhindar dari cor beton keropos akibat dari bekisting yang bocor.
  • Bondek dapat menjadi platform kerja yang sangat nyaman.
  • Sangat awet dan mampu tahan lama.
  • Mempunyai ketahanan terhadap api.
  • Memiliki desain yang sangat canggih dan terlihat lebih modern.
  • Bekurangnya volume cor beton sekitar 15% hingga sampai 25%.

Itulah beberapa keunggulan dari bondek sebagai salah satu bahan konstruksi yang sekarang ini banyak digunakan di Indonesia ataupun negar lain dengan tujuan utama untuk menyederhanakan pengerjaan kontruksi. Meskipun memiliki banyak keunggulan, bondek juga mempunyai beberapa kelemahan dalam pengaplikasiannya.



Kekurangan Menggunakan Bondek

Kekurangan Menggunakan Bondek

  • Bondek harus dipotong menggunakan alat khusus. Agar lebih memudahkan Anda dalam pemasangan nantinya, maka pemesanan bondek bisa Anda sesuaikan dengan pengukuran bidang cor yang ingin diaplikasikan bondek pada bagian atasnya sebagai pelindung. Apabila masih kurang sesuai dan harus dipotong, untuk pemotongannya harus menggunakan alat khusus, yaitu angel grinder. Alat yang satu ini sangat diperlukan karena baja ringan bondek bukan termasuk material yang mudah untuk dipotong.
  • Dibutuhkan ahli atau tanaga kerja yang berpengalaman untuk memasang bondek. Tujuannya adalah untuk mencegah terjadinya kesalahan ketika melakukan pemasangan. Karena bisa berakibat pada pemborosan material.
  • Pemasangan bondek yang maksimal fungsinya adalah pada cor dak yang mempunyai balok dan juga plat pet.
  • Untuk melakukan penyambungan juga diperlukan alat khusus dan harus dilakukan oleh tenaga ahli yang sudah berpengalaman. Pemasangan ini menggunakan las listrik sehingga akan mengeluarkan lebih banyak biaya untuk las listrik.

Itulah beberapa keunggulan dan kekurangan dari bondek. Meskipun bondek merupakan material bangunan yang modern dan canggih, tetapi pemasangannya harus dilakukan dengan hati-hati dan teliti. Dengan begitu Anda bisa mendapatkan hasil akhir yang sesuai dengan harapan.

Cara Pemasangan Bondek (Floor Deck)

Cara Pemasangan Bondek (Floor Deck)

  1. Pedoman Pemasangan

Pada umumnya bondek dapat diaplikasikan di atas tumpuan portal konstruksi beton, baja, ataupun batu bata. Panjang bondek yang akan digunakan setidaknya harus bisa menutupi dua bagian bangunan dan mempunyai jarak bentang yang efisien.

Sambungan yang berada diantara dua panjang panel krisdek juga harus Anda usahakan seminimal mungin. Walaupun panel deck bisa menjadi bekisting yang cukup aman pada saat kondisi beton masih basah, sebaiknya Anda menggunakan papan sebagai lintasi pekerja dan usahakan untuk menghindari pemutusan beban.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *