Harga Roster Beton Minimalis Per m2


Roster Beton Minimalis – Sekarang ini ada banyak sekali bahan bangunan yang dapat menunjang keindahan suatu bangunan, salah satunya adalah roster beton. Roster beton merupakan material yang dapat memberikan tampilan menarik secara alami tanpa perlu melakukan banyak polesan.

Roster beton tersedia dalam berbagai macam bentuk dan ukuran yang bisa dipilih sesuai dengan keinginan. Harganya juga terbilang jauh lebih murah dibandingkan material lainnya. Sebelum memilih bahan ini untuk diaplikasikan pada bangunan, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu informasi mengenai roster beton. Lebih jelasnya, silahkan simak ulasan di bawah ini!

Pengertian Roster Beton

Roster beton merupakan bahan bangunan yang dibuat dari campuran pasir, semen, tanah liat, logam, batu alam dan beton. Jika dilihat secara sekilas, bentuknya sangat mirip seperti bata merah. Hanya saja pada roster beton terdapat sebuah lubang di bagian tengahnya yang disebut dengan hollow.

Lubang pada roster beton minimalis ini memiliki fungsi sebagai tempat pergantian sirkulasi udara (ventilasi) dalam bangunan. Tanpa adanya ventilasi maka sudah dipastikan udara di dalam bangunan akan terasa sangat pengap dan lembab.

Selain itu, roster beton juga dapat  memberikan nilai estetika yang lebih pada suatu bangunan. Roster tersedia dalam beragam bentuk dan model menarik yang bisa dijadikan sebagai inspirasi untuk dekorasi bangunan rumah.

Baca juga: Desain Interior Rumah Minimalis

Fungsi Roster Beton

Roster beton memiliki fungsi utama sebagai ventilasi udara, namun sebenarnya masih banyak sekali fungsi roster beton yang lainnya, yaitu:

  1. Sebagai Material Pagar

Roster beton banyak digunakan sebagai bahan material dalam pembuatan pagar bangunan. Hal ini karena roster beton mempunyai karakteristik yang sangat kuat dan kokoh. Desain yang dimiliki juga terlihat sangat minimalis dengan nuansa yang berwarna abu-abu. Sehingga dapat memberikan kesan yang elegan pada pagar rumah Anda nantinya.

  1. Sebagai Filter Cahaya (Secondary Skin)

Jika Anda tinggal di wilayah tropis maka kemungkinan akan memperoleh cahaya matahari yang melimpah. Hal ini tentunya akan terasa menyengat dan membuat cuaca dalam bangunan menjadi panas. Maka dari itu, penggunaan roster beton sebagai secondary skin dapat dijadikan sebagai solusi yang tepat.

Secondary skin merupakan penyaring cahaya matahari sehingga cahaya matahari nantinya tidak masuk sepenuhnya ke dalam rumah. Roster beton memiliki lubang yang memungkinkan udara bisa masuk, sehingga suasana dalam bangunan akan terasa sejuk.

  1. Sebagai Furniture Rumah dan Dekorasi Taman


Penggunaan roster beton sebagai furniture bangunan bisa dibilang masih sangat baru dalam dunia desain interior. Namun sekarang ini sudah banyak sekali orang yang mengaplikasikan roster beton sebagai furniture rumah mereka.

Dengan beragam modifikasi dan rencana yang tepat maka roster beton bisa dijadikan sebagai funritur menarik. Salah satu contoh furniture tersebut adalah berupa kursi tanaman. Roster beton kota dan berlubang  juga sangat memungkinkan untuk dijadikan sebagai pot yang menarik.

  1. Membuat Fasad Bangunan

Jika roster beton diaplikasikan untuk fasad bangunan maka dapat dipastikan akan membuat bangunan terlihat lebih elegan. Roster juga memiliki pola dengan beragam variasi yang bisa membuat bangunan memiliki nuansa yang berbeda. Cara pemasangannya juga sangat mudah sehingga Anda bisa berkreasi dengan beragam pola.

  1. Sebagai Dinding Rumah

Dalam pengaplikasiannya, roster benton memang banyak digunakan sebagai dinding utama rumah sehingga nantinya bisa lebih menghemat kebutuhan jendela. Bentuk roster beton yang sangat artistik akan membuat bangunan terlihat lebih elegan dan menyenangkan saat dilihat.

Kelebihan Roster Beton

Roster beton memiliki banyak kelebihan sehingga akan sangat menguntungkan bagi penggunanya. Adapun kelebihan-kelebihan dari roster beton adalah sebagai berikut:

  1. Jauh Lebih Kuat

Karena dibuat dari bahan campuran semen, pasir dan kerikil maka roster beton memiliki ketahanan yang jauh lebih kuat jika dibandingkan dengan roster yang dibuat dari kayu, tanah liat, ataupun semen. Selain itu, material ini juga tahan terhadap pelapukan yang diakibatkan oleh perubahan cuaca.

Meskipun demikian, penggunaan roster beton sangat tidak disarankan sebagai penahan struktur bangunan. Rongga yang ada di bagian tengah roster beton membuatnya menjadi tidak seimbang dalam menahan beban yang berat.

  1. Lebih Hemat Energi

Penggunaan roster beton bisa memberikan dampak yang positif untuk kelestarian lingkungan. Dengan memanfaatkan potensi cahaya yang alami, udara dan angin semaksimal mungkin maka secara tidak langsung Anda sudah menghemat energi.

Ruangan dalam bangunan yang memiliki cahaya alami secara optimal dan pertukaran udara yang lancar maka dapat meminimalisir penggunaan listrik dan pendingin ruangan. Roster beton bisa dijadikan sebagai cara yang paling tepat untuk membuat hunian rumah menjadi nyaman secara alami.

  1. Memberikan Nuansa Berbeda di Fasad Rumah

Material roster beton yang dipasang sebagai tabir surya di fasad rumah tentu akan menjadi pelindung bagi bangunan rumah. Selain itu, pola menarik yang ada di bagian rongganya juga bisa menghasilkan bayangan yang atraktif. Dengan demikian maka tampilan fasad bangunan akan terasa lebih ekspresif.

  1. Dekorasi Interior yang Menarik

Sama halnya dengan jenis roster yang lainnya, roster beton juga bisa difungsikan sebagai elemen hias interior. Beberapa gaya interior rumah yang cocok dengan penggunaan roster beton adalah interior industrialis dan modern.

Roster beton bisa dipasang secara vertikal yang digunakan untuk menjadi penyekat antara dua ruangan atai sebagai transisi antara area indoor dan outdoor. Jika material roster beton dikombinasikan dengan material lain seperti tembok, kayu, dan lainnya dapat menghasilkan perpaduan tekstur yang apik.

Kekurangan Roster Beton

Selain memiliki banyak kelebihan, material roster beton juga tak luput dari kekurangan. Adapun kekurangan-kekurangan dari material roster beton adalah sebagai berikut:

  1. Rongga yang ada pada material roster beton ternyata bisa menganggu privasi pada penghuni rumah.
  2. Pemasangan roster beton harus sesuai presisi karena tidak memiliki sistem pengait. Hal ini akan membuat proses pemasangannya sulit untuk dilakukan jika dibuat secara bersusun.
  3. Sangat tidak cocok jika digunakan sebagai dinding utama bangunan, karena memang materialnya tidak begitu kuat dalam menahan beban.
  4. Material roster beton memang kalah kuat jika dibandingkan dengan batu bata, sehingga kurang cocok jika digunakan sebagai dinding utama. Sebaiknya menggunakan dinding roster beton sebagai dekorasi saja yang bisa membuat rumah nampak lebih artistik.

Harga Roster Beton Berdasarkan Modelnya

Roster beton yang dijual di pasaran memang sudah tersedia dalam bebagai macam model. Mulai dari model kota biasa, datar, dan model yang bisa Anda pilih dengan harga menarik. Berikut ini adalah daftar harga roster beton berdasarkan modelnya:

MODEL HARGA GAMBAR
ROSTER BETON VARIASI 20 X 20 X 8 CM RP. 15.000
ROSTER BETON TRAPESIUM 20 X 20 X 8 CM RP. 15.000
ROSTER BETON SILANG BULAT TENGAH 20 X 20 X 8 CM RP. 15.000
ROSTER BETON KOTAK VARIASI 20 X 20 X 8 CM RP. 15.000
ROSTER BETON SEGI LIST 26,5 X 9 X 7,5 CM RP. 8.000
ROSTER BETON SILANG 20 X 20 X 7,5 CM RP. 12.000
ROSTER BETON MANGGIS 20 X 20 X 7,5 CM RP. 12.000
ROSTER BETON MERCY 20 X 20 X 7,5 CM RP. 12.000
ROSTER BETON KOTAK 9 20 X 20 X 7,5 CM RP. 12.000
ROSTER BETON KISI – KISI 25 X 15 X 8 CM RP. 12.000
ROSTER BETON DADU 1 20 X 20 X 9 CM RP. 15.000
ROSTER BETON DADU 2 20 X 20 X 9 CM RP. 15.000
ROSTER BETON DADU 2 SILANG 20 X 20 X 9 CM RP. 15.000
ROSTER BETON DADU 3 20 X 20 X 9 CM RP. 15.000
ROSTER BETON DADU 4 20 X 20 X 9 CM RP. 15.000
ROSTER BETON KOTAK POLOS 20 X 20 X 7,5 CM RP. 12.000

Tips Memilih Roster Beton

Ada beberapa tips yang harus diperhatikan supaya nantinya Anda mendapatkan produk yang berkualitas. Adapun tips dalam memilih roster beton adalah sebagai berikut:

  1. Menentukan Motifnya

Tips pertama yang penting untuk diperhatikan adalah motif roster beton. Motifnya sangat bervariasi, mulai dari yang biasa saja sampai yang terlihat sangat ramai. Dengan memilih motif yang tepat maka bisa menambah nilai estetika bangunan.

  1. Memilih Ukuran yang Tepat

Ketika memilih ukuran, Anda harus memperhatikan kebutuhan bangunan. Pemilihan ukuran ini juga harus diperhatikan supaya Anda nantinya tidak membuang-buang uang secara percuma. Namun jika ingin lebih aman, Anda bisa memilih ukuran standard, yaitu 20×20 cm.

Baca juga: Desain Dapur Minimalis Ukuran Sempit

Nah, itulah beberapa informasi menarik tentang roster beton yang harus Anda ketahui. Mulai dari fungsi, kelebihan, dan kekurangan yang kami sampaikan di atas bisa Anda jadikan sebagai referensi dalam pemilihan. Semoga bermanfaat !


Leave a Comment