Harga Rumput Gajah Mini Per Meter Persegi

Posted on

Harga Rumput Gajah Mini Per Meter – Rumput merupakan salah satu elemen yang memiliki peran penting untuk menciptakan sebuah taman yang indah. Ada banyak sekali jenis rumput yang bisa kita tanaman di halaman rumah untuk pembuatan taman seperti rumput peking atau yang biasa disebut dengan rumput peking.



Jenis rumput jepang merupakan salah satu rumput yang paling populer untuk digunakan dalam pembuatan taman. Namun karena perawatan rumput jepang ini sangat sulit maka jenis rumput ini telah tergantikan oleh rumput gajah mini.

Rumput Gajah Mini

Rumput gajah mini mempunyai tampilan yang tidak jauh berbeda dengan jenis rumput pada umumnya, mempunyai daun yang pendek dan hampir bulat, warnanya hijau terang dengan bentuk yang halus.

Selain itu, perawatan rumput gajah mini bisa dibilang cukup mudah. Berbeda halnya dengan jenis rumput yang lainnya, rumput gajah mini tidak perlu dilakukan pemangkasan secara berkala. Hal ini dikarenakan daun rumput gajah mini tidak tumbuh memanjang.

Tanaman yang memiliki nama latin pennisetum purpureum schamach ini tidak  hanya digunakan untuk menutupi bagian permukaan tanah, tetapi juga bisa digunakan untuk memperindah pembatas teras, taman, dan juga pemanis lantai carport. Perawatannya memang sangat mudah, cukup disiram dengan air secukupnya. Selebihnya bisa diberikan pupuk urea dengan jumlah yang sedikit, yaitu 1 sendok makan/m2.



Rumput Gajah Mini

Baca juga: Harga Rumput Sintetis

Rumput gajah mini memang mempunyai tampilan yang sangat indah sehingga menjadi daya tarik yang tersendiri bagi para desain eksterior rumah dalam menciptkan kesan yang asri pada hunian rumah. Dengan bentuk daun yang kecil tentunya akan meminimalkan perawatan sehingga tidak akan merepotkan ataupun menyita banyak waktu.

Keunggulan Rumput Gajah Mini

Sesuai dengan namanya, rumput gajah minim memang mempunyai ukuran daun yang jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan rumput gajah biasa atau rumput taman pada umumnya. Pekarangan yang tidak luas sekalipun masih bisa ditanami rumput gajah mini. Jenis rumput gajah ini memiliki banyak sekali keunggulan, yaitu:

Rumput Gajah Mini



  • Memiliki tampilan rumput yang sangat bagus. Hal ini karena daun rumput gajah mini tidak tumbuh ke atas, melainkan menyamping.
  • Tidak perlu dilakukan pemangkasan karena tekstur rumput gajah mini tidak tinggi.
  • Memiliki warna hijau yang lebih pekat jika dibandingkan dengan jenis rumput bisa.
  • Kemampuan hidup rumput gajah mini cukup tinggi dan tidak sensitif terhadap berbagai jenis patogen tanah.
  • Kuat dan tahan terhadap segala macam kondisi lingkungan.
  • Rumput gajah mini tidak banyak ditumbuhi gulma seperti yang ada pada jenis rumput yang lainnya.
  • Memiliki harga yang jauh lebih mudah daripada jenis rumput-rumput yang lainnya.
  • Proses penanaman rumput gajah mini sangat mudah. Bahkan Anda tidak perlu tukang kebun untuk melakukannya.

Jenis Rumput Gajah Mini

Rumput Gajah Mini Varigata

Rumput gajah mini memiliki dua macam jenis dalam habitatnya, yaitu rumput gajah mini berdaun hijau dan rumput gajah mini berdaun putih. Kedua jenis rumput gajah mini tersebut memiliki perbedaan terutama dari segi warna daunnya.

Rumput gajah mini berdaun hijau merupakan salah satu jenis rumput taman yang sering kita jumpai saat kita berada di area taman. Sedangkan rumput gajah mini berdaun putih atau rumput gajah mini varigata mempunyai warna yang tidak sama dengan warna aslinya. Perbedaan warna pada jenis rumput gajah mini varigatas ada pada bagian daun atau bunga tanaman.

Cara Menanam Rumput Gajah Mini

  1. Menyiapkan Media Tanam dan Bibit

Menyiapkan Media Tanam dan Bibit Rumput Gajah Mini

Tanah harus digemburkan terlebih dahulu dengan menggunakan cangkul, gali sampai kedalaman tanah mencapai sekitar 5 sampai dengan 10 cm, kemudian ratakan kembali tanahnya. Apabila tanah di halaman mulai gersang atau tandus maka berikan pupuk kompos terlebih dahulu. Diamkan selama kurang 1 minggu sebelum melakukan penanamn supaya nutrisi tanahnya selalu terjaga.

Waktu yang paling untuk digunakan dalam menanam rumput gajah mini adalah ketika musim penghujan. Hal ini dikarenakan rumput akan mendapatkan suplai banyak air yang cukup. Bibitnya bisa Anda dapatkan dengan mudah di tukang taman atau bisa juga penjual bunga terdekat.



  1. Proses Penanaman

Jika media tanam dan bibit sudah disiapkan maka proses selanjutnya bisa dilakukan penanaman. Berikut ini adalah langkah-langkah dalam penanaman rumput gajah mini:

  • Sobet terlebih dahulu rumput gajah mini yang sudah Anda belum sebelumnya hingga ukurannya mencapai 3 sampai 5 cm.
  • Tanam potongan rumput gajah mini tersebut sampai bagian akarnya benar-benar tertutup oleh tanah. Dalam hal ini bisa digunakan pola zig-zig supaya mendapatkan hasil yang maksimal.
  • Pukul rumput secara perlahan supaya bagian akarnya benar-benar melekat dengan tanah. Hal ini bertujuan supaya jalinannya dengan tanah menjadi lebih kuat.
  • Posisi rumput gajah mini dan tanah harus diratakan dengan cara menindihnya dengan menggunakan balok kayu. Jika sudah rata maka angkat kembali balok kayu tersebut.
  • Tancapkan sedikit perkaran ketah, berikan tekanan supaya akar tersebut terikat dengan tanah. Lakukan pengurugan sedikit sela-sela tanamannya dengan menggunakan tanah supaya tanaman nantinya tidak mudah bergeser.
  1. Proses Perawatan

Proses Perawatan Rumput Gajah Mini

Jikan rumput gajah mini sudah ditanam maka Anda bisa memberikan pupuk urea dan NPK. Pemupukan dapat dilakukan 2 minggu stelah rumputnya selesai ditanam. Tujuannya tentu supaya pertumbuhan rumput gajah mini bisa semakin cepat. Disamping itu, rumput juga harus disiram dengan menggunakan gembor atau bisa juga semprotan halus secara rutin yaitu saat pagi dan sore hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *