Harga Rumput Jepang Per Meter Persegi

Harga Rumput Jepang Per Meter – Rumput merupakan salah satu jenis tumbuhan yang mempunyai warna hijau dan biasa dijumpai di halaman depan rumah. Ada banyak sekali jenis rumput yang tersedia di pasaran. Salah satu jenis rumput yang memiliki tampilan sangat indah dan bagus jika diaplikasikan di halaman depan rumah adalah rumput jepang.

Sudah banyak orang yang menggunakan rumput jepang untuk di pasang di halaman atau taman rumah agar terlihat asri dan indah. Selain itu, rumput jepang juga memiliki kemampuan yang cukup baik dalam menyerap genangan air sehingga dapat dipastikan bahwa taman Anda nantinya tidak akan pernah digenangi air.

Sedangkan untuk masalah penanaman jenis rumput yang satu ini bisa dibilang sangat mudah dan simple.

rumput jepang

Baca juga: Desain Teras Rumah Minimalis

Mengenal Rumput Jepang

Rumput jepang merupakan salah satu jenis tanaman hias yang dapat ditanam di area taman atau halaman depan rumah. Fungsi utamanya adalah memberikan kesan yang hijau dan asri pada taman serta cukup baik dalam menyerap air.

Tampilan taman atau halaman rumah  Anda akan terasa sangat sejuk dan indah dengan kombinasi warna rumput hijau segar yang konntras dan bunga yang terang. Maka tak heran jika jenis rumput hias yang satu sangat terkenal jika dibandingkan dengan jenis rumput hias pada umumnya. Bahkan rumput jepang sudah sangat populer dan banyak digunakan sebagai pilihan paling utama dalam rumput taman.

Mengenal rumput jepang

Meskipun memiliki nama rumput jepang, sebenarnya jenis rumput hias ini tidak berasal dari negara Jepang. Seperti halnya dengan jambu yang memiliki ukuran besar dinamakan dengan jambu bangkok dan kamboja mini disebut dengan kamboja jepang.

Pemberian nama rumput jepang ini berasal dari kebiasaan masyarakat Indonesia dalam membedakan antara jenis tanaman yang berdasarkan ukuran sehingga mudah sekali untuk diingat. Rumput jepang juga biasa disebut dengan rumput jarum.

Hal ini karena bentuk bagian ujung rumput agar runcing. Terkadang kita tidak akan merasa nyaman ketika duduk diatasnya, sebab jika terkena bagian permukaan kulit akan terasa sakit seperti saat tertusuk jarum.

Rumput jepang memiliki karakteristik daun yang berukuran kecil, halus dan memanjang. Agar bisa tumbuh dengan sempurna, rumput jepang membutuhkan pasokan cahaya matahari yang cukup. Selain itu, juga diperlukan pemangkasan secara rutin, setidaknya satu bulan sekali agar terlihat rapi dan berikan tambahan pupuk urea sekitar 2 minggu sekali.

Kelebihan Rumput Jepang

Rumput jepang memiliki banyak kelebihan jika dibandingkan dengan jenis rumput pada umumnya. Adapun kelebihan rumput jepang adalah sebagai berikut:

  • Mempunyai Akar yang Sangat Kuat

Mempunyai Akar yang Sangat Kuat

Rumput jepang memiliki akar yang sangat kuat dalam mengikiat tanah. Apabila umurnya sudah 4 bulan lebih maka rumput jepang dapat di tanam di bidang miring dalam mencegah erosi. Hal ini dikarenakan kerapatan daun dan juga akar yang sangat kuat dalam mengikat tanah maka tidak akan memberikan tempat bagi rumput liar untuk bisa berkembang di sela-sela daun rumput ini.

  • Tahan Terhadap Cuaca Panas

Rumput jepang juga memiliki ketahanan terhadap cuaca panas, meskipun daun akan menjadi hijau karena terkena cahaya matahari tetapi rumput jepang masih bisa tumbuh dengan baik. Pada saat musim kemarau, rumput jepang harus disiram secara rutin dan diberikan tambahan pupuk 2 sampai 3 kali dalam satu bulan agar rumput tersebut bisa tumbuh dengan baik.

  • Indah dipandang Mata

Kelebihan Rumput Jepang

Seperti yang sudah kami singgung diatas bahwa rumput jepang memiliki bentuk yang runcing dan tipis. Hal inilah yang membuat jenis rumput ini terlihat lebih rata, halus, dan rapat sehingga indah sekali untuk dipandang mata. Terlebih jika Anda mempunyai halaman atau taman yang luas maka akan semakin indah jika rumput jepang di padupadankan dengan beberapa jenis tanaman dan juga kolam ikan.

Baca juga: Harga Rumput Gajah Mini

Kekurangan Rumput Jepang

Meskipun memiliki banyak kelebihan, ternyata rumput jepang juga mempunyai banyak kekurangan. Berikut ini adalah beberapa kekurangan rumput jepang jika dibandingkan jenis rumput lainnya:

  • Membutuhkan Perawatan yang Ekstra

Perawatan Rumput Jepang

Rumput jepang membutuhkan kandungan unsur hara yang jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan jenis rumput lainnya seperti rumput gajah mini. Maka dari itu, pemupukan untuk rumput jepang harus dilakukan sesering mungkin. Setidaknya Anda harus memberikan pupuk sekitar 2 sampai 3 kali dalam kurun waktu satu bulan.

  • Membutuhkan Banyak Air

Rumput jepang juga mempunyai kebutuhan air yang sangat tinggi. Oleh karenanya penyiraman harus dilakukan secara rutin untuk membantu pertumbuhan rumput jepang agar menjadi lebih baik dan tumbuh subur.

  • Harus Sering Dipangkas

Rumput Jepang Harus Sering Dipangkas

Pemangkasan penting untuk dilakukan supaya cahaya matahari bisa langsung masuk ke dalam lapisan tanah yang berada di bawahnya. Tanah yang kurang mendapatkan pasokan  cahaya matahari dapat menurunkan kualitas rumput jepang. Ini karena bagian rumput jepang yang berada di bagian paling bawah kekurangan cahaya matahari.

Spesifikasi Rumput Jepang Keterangan
Karakteristik Kurus dan tumbuh rapat
Pemberian pupuk 2 sampai 3 kali dalam sebulan
Rata-rata harga Rp 30.000,- per 10 gram (per Oktober 2019)

Cara Menanam Rumput Jepang

Cara Menanam Rumput Jepang

Cara menanam rumput jepang cukup mudah, berikut ini adalah langkah-langkah dalam menanam rumput jepang yang bisa Anda ikuti:

  1. Menyiapkan lahan yang digunakan untuk menanam rumput jepang.
  2. Menggemburkan tanah dan pupuk harus diberikan dengan perbandingan 2:5 atau 2,5 kg pupuk per/m2. Jika sudah diberikan pupuk kandang maka biarkan selama 2 hari supaya tanah mampu menyerap pupuk yang telah ditaburkan.
  3. Tanam bibit yang sudah disiapkan sebelumnya. Waktu yang paling tepat untuk penanaman rumput jepang adalah sore hari menjelang gelap.
  4. Untuk masalah perawatan, rumput jepang bisa tumbuh dengan baik jika diberikan pengairan minimal 2 kali dalam sehari. Sestem pengairan yang baik adalah dengan menggunakan selang air yang kemudian diarahkan ke udara.

Harga Rumput Jepang Terbaru

Rumput jepang pada umumnya dijual dalam bentuk benih atau biji ataupun blok-blok rumput beserta tanah dan juga akarnya yang sudah siap untuk ditanam. Anda bisa memilih dengan bebas bentuk rumput jepang yang manakah yang sesuai dengan keinginan Anda sendiri.

Namun jika Anda tidak mempunyai keterampilan khusus dalam mengembang-biakkan rumput jepang sendiri maka sangat disarankan untuk menggunakan rumput jepang yang sudah siap tanam supaya jauh lebih praktis dan proses pertumbuhannya juga jauh lebih cepat.

Harga Rumput Jepang

Untuk harga rumput jepang yang sudah siap ditanam mulai dari Rp 20 ribuan sampai dengan Rp 55 ribuan per 1 x 1 meter.

Sedangkan untuk benih rumput jepang dalam 1 pack berisi 50 benih yang dijual dengan harga mulai 10 ribuan, kemudian bibit rumput jepang merek Haira Seed yang isinya 1 gram harganya mencapai 12 ribuan.

Bibit rumput jepang merek Bermudagrass ukuran 500 gram harganya sekitar Rp 550 ribuan, dan untuk bibit rumput jepang per karung berisi 1,25 kg (untuk penanaman rumput 300 meter persegi) harganya kurang lebih Rp 1,2 jutaan, turun dari harga pada tahun 2018 lalu yang mencapai sekitar 1,35 juta.

Leave a Comment