Harga Sewa Scaffolding Terbaru 2022

Posted on

Harga Sewa Scaffolding Terbaru – Menurut Peraturan Menakertrans No. 1 Per/Men/1980 yang membahas tentang keselamatan kerja dan konstruksi bangunan, perancah atau scaffolding merupakan salah satu jenis peralatan bantu dalam pekerjaan pembangunan yang termasuk dalam daftar peralatan sementara.



Peralatan sementara tersebut memiliki fungsi utama sebagai penyangga segala macam peralatan dan pekerja dalam suatu pekerjaan konstruksi. Scaffolding dalam dunia bangunan mempunyai banyak penyebutan yang berbeda, yaitu perancah, steger, dan scaffold.

Scaffolding biasanya berbentuk modular yang berasal dari pipa ataupun tabung logam yang solid. Alat ini akan sangat dibutuhkan jika pekerjaan konstruksi yang sudah dibangun mencapai ketinggian lebih dari 2 meter.  Saat menggunakan scaffolding sebagai penyangga harus disesuaikan dengan standar keselamatan kerja yang sudah ditentukan. Jika pemasanganya kurang tepat, maka risiko terjadinya kecelakaan kerja juga akan semakin meningkat.

Perlu diketahui bahwa dalam industri konstruksi, ternyata juga ada jasa penyewaan scaffolding. Namun penyewaan ini biasanya hanya dilakukan jika proyek yang dikerjakan bersifat sementara. Sedangkan jika proyek Anda dalam jangka panjang dan membutuhkan scaffolding dalam jumlah banyak maka Anda bisa melakukan investasi dengan cara membeli scaffolding per set.

Baca juga: Ukuran Scaffolding Standar

Sebaiknya Membeli atau Menyewa Scaffolding?

Jika Anda masih bingung dalam mengambil keputusan untuk membeli atau menyewa scaffolding untuk menyelesaikan proyek Anda, maka Anda bisa mempertimbangkan beberapa hal berikut ini.



Kelebihan Jika Menyewa Scaffolding

  1. Lebih Terjangkau

Dengan menyewa scaffolding tentu biaya yang harus dikeluarkan akan jauh lebih murah. Biaya tersebut umumnya akan dikenakan dalam periode tertentu seperti misalnya per bulan, per minggu, atau bahkan per hari yang dimana bisa Anda sesuaikan sendiri dengan kebutuhan proyek.

  1. Tidak Perlu Memikirkan Masalah Penyimpanan

Scaffolding merupakan peralatan bantu berukuran besar yang sudah pasti memakan banyak tempat dan sangat berat karena jumlahnya banyak (untuk proyek besar) serta dibuat dari bahan dasar besi. Jika proyek sedang berlangsung namun scaffolding masih belum dipasang, biasanya akan disiapkan tempat penyimpanan tersendiri untuk memastikan keamanannya.

Jika scaffolding tersebut bukan sewaan alias dibeli, tentu Anda akan bingung untuk menyiapkan tempat menyimpan scaffolding ketika proyek sudah selesai. Namun hal ini  tidak berlaku jika hanya menyewa, Anda tidak perlu bingung masalah tempat penyimpanan karena tinggal dikembalikan ke supplier.



  1. Ready Stock

Supplier scaffolding biasanya mempunyai stock scaffolding dalam jumlah banyak untuk disewakan. Namun berbeda halnya jika membeli, karena proses produksi tentunya membutuhkan jangka waktu yang cukup lama sehingga scaffolding baru tidak bisa langsung ready ketika dibutuhkan (apalagi jika jumlahnya cukup banyak).

Kelebihan Jika Membeli Scaffolding

  1. Ketersediaan yang Murah

Jika Anda lebih memutuskan untuk membeli, Anda akan selalu memilikinya ketika dibutuhkan. Namun jika scaffolding tersebut hanya disewa, peralatan bantu ini pastinya tidak selalu dimiliki. Jika misalnya mendapat tugas secara mendadak, Anda harus mengatur waktu untuk menyewa scaffolding kembali supaya tugas tersebut bisa diselesaikan. Ini tentunya akan menunda keseluruhan proses pekerjaan.

  1. Keterbatasan pada Peralatan Sewaan

Salah satu hal penting yang harus diperhatikan ketika menyewa sistem scaffolding yaitu adanya batasan tertentu yang dimana Anda tidak bisa membawa scaffolding tersebut ke tempat jauh. Jika proyek yang sedang Anda kerjakan jauh dari kota asal atau bahkan di luar pulau, maka Anda tidak akan diizinkan untuk membawa scaffolding sewaan sejauh itu.

  1. Adminsitrasi yang Tidak Terlalu Rumit

Berbeda halnya dengan menyewa, proses administrasi dalam membeli scaffolding bisa dibilang cukup mudah, karena memang sifatnya cash and carry. Sedangkan jika menyewa, Anda diharuskan untuk menyiapkan beberapa kelengkapan perusahaan dan penyewaan yang sudah pasti lebih rumit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *