Harga Atap Spandek Lengkap Berbagai Ukuran

Posted on

Harga Dan Ukuran Atap Spandek – Pada zaman modern ini rumah ataupun bangunan sudah mempunyai banyak sekali alternatif atap, mulai dari harga terjangkau sampai dengan harga mahal. Selain harga dan jenisnya yang sangat bervariasi, kualitas yang dihasilkan pun sangat beragam.



Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan mengenai jenis atap spandek secara lengkap. Jenis atap spandek ini memang lebih banyak digunakan dan dipilih, selain karena harganya yang murah juga jauh lebih aman bagi kesehatan daripada atap jenis asbes.

Kami akan menjelaskan mulai dari pengertian, jenis atap spandek, kelebihan dan kekurangan, serta harga atap spandek per meter sebagai referensi bagi Anda yang ingin membeli atap spandek.

atap spandek

Pengertian Atap Spandek

Atap spandek merupakan atap yang mempunyai bagian permukaan bergelombang. Bahan dasar yang digunakan dalam proses pembuatan atap spandek adalah baja dengan tegangan tarik tinggi. Apabila dibandingkan dengan baja pada umumnya, baja yang digunakan untuk pembuatan atap spandek ini mempunyai ketahanan 4x jauh lebih tinggi.

Baja atap spandek memiliki lapisan komposisi sekitar 43,5% seng, 1,5% silikon, dan juga 55% alumunium. Dengan komposisi ini maka atap spandek memiliki ketahanan yang sangat baik terhadap korosi dan awet bahkan bisa bertahan hingga puluhan tahun tergantung dari perawatan.



Baca juga: Harga Seng Galvalum Per Meter

Jenis-Jenis Atap Spandek

  1. Atap Spandek Pasir

Atap Spandek Pasir

Jenis atap spandek pasir terbuat dari bahan dasar alumunium dan seng, kemudian dalam tahap akhiri dilapisi dengan menggunakan pasir. Lapisan pasir ini memiliki fungsi untuk dapat menimalisir suara yang  sangat bisis seperti suara dari percikan air hujan.

  1. Atap Spandek Zincalume

Atap Spandek Zincalume

Seperti yang sudah kami singgung sebelumnya bahwa atap spandek zincalume terbuat dari bahan campuran seng 43,5%, alumunium 55%, dan juga silikon 1,5%. Kombinasi dari alumunium dan juga seng akan membuat atap spandek memiliki ketahanan yang lebih kuat dan tahan terhadap karat.



  1. Atap Spandek Klipok

Atap Spandek Klipok

Proses pembuatan atap spandek klipok menggunakan teknologi profil kunci dan juga sistem pengikat yang telah terpasang di dalamnya. Teknologi ini membuat atap spandek menjadi jauh lebih kuat, kokoh, dan tahan terhadap kebocoran.

  1. Atap Spandek Lengkung

Atap Spandek Lengkung

Sesuai dengan namanya, jenis atap spandek lengkung memiliki bentuk yang melengkung dan inilah yang menjadi karakteristik utama dari atap spandek lengkung ini. Atap spandek lengkung selama ini terkenal sangat kuat dan tahan terhadap karat sehingga biasa dijadikan sebagai bahan kanopi untuk bangunan.

  1. Atap Spandek Laminasi

Atap Spandek Laminasi

Jenis atap spandek laminasi terbuat dari bahan dasar alumunium dan juga seng yang kemudian diperkuat dengan lapisan foil pada bagian luarnya. Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh atap spandek laminasi adalah mudah sekali dalam proses pemasangannya dan bahkan tidak membutuhkan waktu yang cukup lama.



  1. Atap Spandek Warna

Atap Spandek Warna

Pada dasarnya, jenis atap spandek warna ini memiliki tampilan yang tidak jauh berbeda dengan atap spandek Zincalume. Perbedaan kedua jenis atap spandek tersebut hanya ada pada bagian lapisan coating-nya saja. Atap spandek ini menggunakan pelapis zat warna untuk meningkatkan daya tahan serta nilai estetikanya, hal inilah yang membuat harga atap spandek menjadi jauh lebih mahal.

  1. Atap Spandek Transparan

Atap Spandek Transparan

Apabila Anda tidak menginginkan atap spandek yang terbuat dari bahan dasar alumunium dan seng maka Anda bisa memilih jenis atap spandek transparan.  Jenis atap ini terbuah dari bahan dasar plastik atau kaca sehingga membuat tampilan dan juga harganya pun sangat berbeda.

Baca juga: Harga Atap Polycarbonate

Fungsi Atap Spandek

Sebagai material bangunan, atap spandek memiliki banyak sekali fungsi. Adapun fungsi atap spandek adalah sebagai berikut:

  1. Atap spandek digunakan untuk menjadi tempat berlindung dari teriknya cahaya matahari, hujan dan juga hawa dingin.
  2. Dapat melindungi petir dan juga bunga api.
  3. Dapat melindungi rumah dari hembusan angin sehingga nantinya berbagai barang yang telah disimpan dalam rumah dipastikan sangat aman, tidak terbang dan rusak karena angin.
  4. Sebagai tempat untuk menaruh genting.
  5. Dapat menambah nilai estetika yang bisa menambah keindahan dan keunikan dari hunian rumah.

Kelebihan Atap Spandek

Atap spandek memiliki banyak sekali kelebihan jika dibandingkan dengan atap lainnya seperti asbes, yaitu:

Kelebihan Atap Spandek

  • Pengaplikasian yang Mudah

Kelebihan pertama yang dimiliki oleh atap spandek adalah pemasangannya yang relatif mudah. Tidak memakan banyak waktu untuk menutupi seluruh bagian atas rumah dengan menggunakan struktur rangka yang tidak sulit. Bagian-bagian pada atap spandek memang mudah sekali untuk diaplikasikan. Apabila terjadi angin yang cukup besar, atap spandek jauh lebih aman daripada penggunaan genteng, asbes atau jenis atap yang lainnya.

  • Anti Pecah

Atap spandek memiliki ketebalan sekitar 0,3 mm sampai dengan 0,5 mm. Bisa dibilang sangat tipis, tetapi bukan berarti atap spandek mudah sekali hancur. Atap spandek terkenal sangat kuat dan kokoh karena dibuat dari berbagai bahan dasar kimia yang berkualitas. Jenis atap ini mempunyai sifat anti retak, dan anti pecah.

  • Banyak Pilihan Warna

Permukaan atap spandek sangat mudah sekali dicat dengan perpaduan warna yang Anda inginkan daripada jenis atap yang lainnya. Meskipun atap spandek sebenarnya mempunyai warna dasar yang terlihat sangat mencolok yang sudah diproduksi oleh produsennya langsung dari pabrik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *