Harga Perlengkapan Listrik Merk Broco


Alat Listrik Broco –  Jika membahas mengenai merk Broco, mungkin pikiran Anda akan langsung tertuju pada produk elektrikal stop kontak. Hal ini karena memang merek Broco sudah terkenal untuk produk elektrikal tersebut.



Stop kontak merk Broco sendiri sudah banyak digunakan untuk perumahan kelas menengah. Untuk perumahan kelas menengah, merk yang satu ini merupakan yang paling familiar dan banyak diminati di kalangan masyarakat.

Stop Kontak

Namun tahukah Anda bahwa Broco sebenarnya memiliki produk yang sangat bermacam-macam selain stop kontak. Beberapa produk tersebut adalah saklar, steker, outlet TV, outlet telepon, dan masih banyak lainnya yang dapat Anda pilih sendiri sesuai kebutuhan.

Stop Kontak Broco

Stop Kontak Broco

Setiap produk stop kontak yang dimiliki oleh Broco cocok sekali untuk digunakan di dalam ataupun di luar ruangan. Semuanya sudah didesain secara khusus sehingga tidak hanya memberikan manfaat saja tetapi juga memberikan nilai estetika lebih pada rumah Anda.



Secara umum, stop kontak produk Broco terbagi menjadi beberapa jenis tergantung dari bentuk colokan yang tersedia. Adapun macam-macam stop kontak broco adalah sebagai berikut:

Stop Kontak Broco

  • Stop Kontak Tempel Broco

Bentuk stop kontak yang paling jumpai ini adalah stop kontak tempel Broco. Produk ini banyak dijual di beberapa toko, baik itu di toko-toko elektronik atau bahkan toko serba ada. Stop kontak yang satu ini akan sangat cocok untuk dijadikan sebagai tambahan stop kontak dalam kamar karena pemasangannya yang sangat mudah.

Jika sudah disambungkan dengan kabel listrik maka stop kontak bisa langsung Anda tempelkan dengan menggunakan baut pada dinding.



  • Stop Kontak Tanam Broco

Jenis stop kontak tanam dari Broco juga banyak digunakan dirumah. Berbeda dengan jenis stop kontak tempel, stop kontak ini harus dibuatkan lubang terlebih dahulu pada dinding sehingga nantinya bagian yang timbul hanya sedikit.

Stop kontak tanam Broco ini tersedia dengan banyak desain sehingga bisa Anda pilih. Harganya juga cukup terjangkau khususnya untuk desain standar dan juga new gee yang banyak dijumpai.

  • Stop Kontak Terminal Broco

Jenis stop kontak yang populer lainnya adalah stop kontak terminal. Jenis stop kontak yang satu ini memiliki 2 sampai 4 atau bahkan lebih stop kontak sehingga biasa disebut dengan terminal.

Stop kontak terminal bisa digunakan dengan cara menempelkannya langsung secara permanen atau bisa juga Anda biarkan terjuntai sehingga bisa dipindahkan. Bisa dibilang bahwa stop kontak terminal ini merupakan tipe yang paling fleksibel jika dibandingkan dengan stop kontak yang lainnya.

  • Stop Kontak Gabungan Broco

Stop kontak gabungan ini sudah dilengkapi dengan adanya saklar di salah satu bagian sehingga akan jauh lebih praktis. Sedangkan untuk jumlah saklar yang digunakan sangat bervariasi tergantung dari modelnya. Model ini mempunyai harga yang tidak jauh berbeda dengan stop kontak tempel ataupun tanam.

  • Stop Kontak T / Socket Broto

Jenis stop kontak yang terakhir adalah stop kontak yang menyatu dengan steker atau biasa disebut dengan stop kontak T. Stop kontak ini mempunyai 3 lubang steker yang dapat digunakan sekaligus.



Kelebihan dari stop kontak T adalah tidak membutuhkan banyak kabel untuk mendapatkan stop kontak tambahan. Harga stop kontak ini juga cukup murah dan mudah didapatkan.

Steker Broco

Steker Broco

Aksesoris listrik yang satu ini biasa disebut dengan “colokan listrik”, namun alat listrik ini sebenarnya memiliki nama yaitu steker. Steker memiliki fungsi untuk menghantarkan listrik untuk menuju tempat lain (stop kontak).

Cara Menggunakan Steker:

Cara penggunakan steker cukup mudah, jika steker sudah terpasang maka tinggalkan Anda colokka dengan bebas dimana ada dua lubang sesuai arahnya.  Apabila masih belum ada kabel maka diharuskan untuk memasangnya lebih dahulu.

Caranya adalah dengan membuka baut atau mur untuk bisa membuka bagian permukaan pelindung, lalu kendurkan baut pengencang kable kemudian hubungkan setiap kabel tersebut sesuai dengan tempatnya dan kencangkan.

Untuk memudahkan, maka jangan sampai ada kabel yang memiliki warna sama. Anda bisa menggunakan warna kabel yang berbeda menjadi satu yang terhubung antara satu dengan yang lainnya diantara baut pemasangan.

Jenis-Jenis Steker Broco:

Jenis-Jenis Steker Broco

  • Steker Bengkok
  • Steker Adapter
  • Steker T
  • Steker Arde

Baca Juga: Harga Kabel Listrik Per Meter

Saklar

Saklar Broco

Banyak sekali orang yang menyebut bahwa saklar merupakan stop kontak. Padahal saklar dengan stop kontak jelas-jelas berbeda. Begitu halnya untuk masalah fungsinya. Saklar memiliki fungsi untuk memutus arus listrik, sedangkan stop kontak berfungsi sebagai penghantar arus listrik.

Cara Menggunakan Saklar:

Tinggal Anda tekan searah dengan permukaan maka lampu ataupun perangkat listrik lainyya sudah bisa bisa menyala. Namun dengan syarat kabel listriknya sudah terhubung. Jika belum maka harus dilakukan pemasangan kabel lebih dahulu. Saat melakukan pemasangan, pastikan bahwa sumber listrik dalam kondisi mati (tidak teraliri listrik).

Jenis-Jenis Saklar:

Stop Kontak Broco

  • Saklar Seri Oubow
  • Saklar Engkel
  • Steker + Saklar

Fitting

Jenis-Jenis Steker Broco

Fitting sendiri merupakan sebuah tempat yang digunakan untuk meletakkan lampu bohlam, yang memiliki bentuk bulat dengan adanya lubang pada bagian tengahnya untuk meletakkan bohlam. Fitting memiliki dua macam jenis, yaitu berulir dan juga “sumpit” yang dimana lampu tidak akan diulirkan namun ditusukkan ke tempatnya.

Cara Menggunakan Fitting:

Fitting biasa digunakan sebagai tempat untuk menaruh lampu. Supaya lebih aman, bisa Anda tempatkan dengan cara menggantung, bisa diatas plafon ataupun media lain yang membutuhkan penerangan.

Pemasangan untuk jenis ulir hanya tinggal Anda tempelkan lampu pada lubang ulir yang ada lalu sesuaikan ulir, selanjutnya bisa Anda putar untuk mengencangkannya. Jangan sampai memutar dengan terlalu kencang dan putar secara perlahan supaya lampu tidak pecah.

Jenis Fitting Lampu:

Fitting Broco



Leave a Comment