Desain Interior Rumah Minimalis Sederhana

Interior Rumah Minimalis Sederhana – Mempunyai sebuah rumah dengan menggunakan konsep minimalis merupakan impian semua orang. Hal ini karena rumah berkonsep minimalis menawarkan banyak keunggulan jika dibandingan rumah dengan desain tradisional. Rumah berkonsep minimalis sangat identik dengan desain interior yang menawan dan sangat nyaman.

Desain Interior Rumah Minimalis Sederhana

Selain itu, tata ruang interior rumah minimalis pada umumnya dibuat sederhana sehingga benar-benar cocok untuk Anda yang tidak mempunyai lahan yang terlalu luas untuk bisa membangun sebuah rumah.  Sehingga bagi Anda yang mempunyai lahan tidak terlalu luas maka kini tidak perlu khawatir lagi jika menggunakan konsep minimalis sederhana ini.

Pengertian Desain Interior Rumah

Desain Interior Rumah

Sebelum membahas lebih lanjut, kami disini akan menjelaskan pengertian dari desain interior terlebih dahulu. Desain interior rumah merupakan suatu proses untuk dapat menemukan solusi desain yang kreatif dalam membuat ruang-ruang secara fungsional di lingkungan interior yang dapat mendukung keselamatan, kesehatan dan kesejahteraan para penghuni rumah dan juga meningkatkan kualitas hidup mereka.

Desain interior rumah sendiri memiliki banyak variasi, namun yang masih banyak digemari sampai sekarang ini adalah desain interior rumah minimalis. Hal ini karena desain interior yang satu ini memang sangat mudah untuk diterapkan dibandingkan desain berkonsep lainnya.

Baca Juga : Desain Dan Denah Rumah Minimalis Modern

Tampilan Desain Interior Rumah Minimalis

Setiap rumah pastinya membutuhkan strategi desain secara tepat. Demikian pula dengan rumah minimalis yang bangunannya tidak terlalu luas sehingga harus Anda manfaatkan dengan sebaik mungin. Berikut ini adalah beberapa tipe ruangan dalam rumah minimalis serta strategi terbaik dalam mengatur desain interiornya.

Tampilan Desain Interior Rumah Minimalis

  1. Ruang Tamu

Rumah dengan konsep minimalis seringkali membuat kesulitan saat pengerjaan desain interiornya. Desain interior ruang tamu sudah seharusnya bisa memberikan kenyamanan bagi tamu yang akan datang nantinya.

Seperti misalnya kursi dan meja sebagai elemen dasar dari ruang tamu bisa Anda tata sendiri sesuai dengan selera. Untuk lainnya Anda bisa memberikan tambahan dekorasi menarik seperti pajangan dinding, tv, rak buku, dan lainnya.

  1. Ruang Makan

Ruang makan pada rumah minimalis bisa Anda desain dengan cara sederhana tetapi tidak meninggalkan unsur kenyamanan. Kursi, meja, dan elamen tambahan lainnya seperti lampu dapat Anda atur sesuai dengan selera. Anda juga bisa menciptakan suasana romantis dengan memasang lampu tumblr yang cerah.

  1. Kamar Tidur

Semua perabotan kamar tidur bisa Anda atur lebih ringkas dari biasanya. Sangat direkomendasikan untuk menambahkan perabotan interior yang multifungsi seperti meja belajar atau kerja yang dapat dilipat, ranjang yang dapat didesain pada bagian bawahnya sebagai laci dan lain sebagainya. Sedangkan untuk lemari pakaian sebaiknya Anda rombak seperti lemari yang ada di hotel yang terlihat sangat ringkas.

  1. Kamar Mandi

Untuk kamar mandi cukup dengan menaruh perabotan standar untuk kebutuhan saat mandi. Mulai dari bak mandi, shower, gayung, gantungan handuk, baju, dan juga tempat alat mandi. Cermin juga dapat Anda tambahkan dalam kamar mandi minimalis Anda untuk memberikan kesan luas.

  1. Ruang Keluarga

Dalam ruang keluarga, Anda bisa menambahkan beberapa perabotan yang sekiranya dibutuhkan di ruangan tersebut. Meja, sofa lembut, dan Tv merupakan elemen simple dari sebuah ruangan keluarga minimalis.

  1. Pentingnya Ventilasi

Ventilasi dalam rumah minimalis sangat penting diperhatikan. Hal ini karena dalam rumah minimalis akan terasa sumpek. Maka dari itu, pemasangan ventilasi rumah harus secara tepat. Rumah minimalis sebaiknya memiliki banyak jendela dengan bukaan secara memanjang dan lebih lebar agar jauh dari kesan sumpek.

Insiprasi Desain Interior Rumah Minimalis Sederhana

  1. Bohemian Style Interior

Bohemian Style Interior

Desain interior bohemian merupakan desain yang terinspirasi langsung dari motif suku-suku india. Model ini memiliki motif unik, tampilan rumah akan terlihat lebih mengesankan jika dikombinasikan dengan warna bantal dan sofa yang pas. Seperti misalnya penggunaan warna yang netral seperti putih, hijau, dan biru untuk karpet yang dikombinasikan dengan motif bohemian yang berwarna kalem.

  1. Mid-century Modern Interior

Mid-century Modern Interior

Desain interior ini merupakan kombinasi dari dua zaman, sehingga zaman apapun itu, desain interior mid-century modern ini tak akan pernah lekang oleh zaman.

Apabila sofanya menggunakan konsep modern, maka untuk kursi dan mejanya masih menggunakan model zaman dahulu. Interior yang identik dengan konsep ini mempunyai warna yang kalem seperti putih, krem, dan kayu.

  1. Nautical Style Interior

Nautical Style Interior

Rumah-rumah yang menggunakan konsep nautical umumnya rumah yang berada di daerah pantai atau lautan, Sehingga bagian interiornya mempunyai warna alam seperti beige, sand, ocean, rotan, kayu, dan juga hijau daun. Dengan menggunakan desain interior ini tentu rumah akan terlihat segar.

  1. Colorful Mix and Match Interior

Colorful Mix and Match Interior

Perabotan rumah dengan warna colorful yang dikombinasikan tentu akan membuat tampilan rumah menjadi sangat menyenangkan. Anda bisa menempatkan sofa yang memiliki warna berbeda pada posisi yang sejajar dan diberi alas karpet yang berwarna netral.

  1. Farmhouse Interior Design

Farmhouse Interior Design

Desain interior ini sangat identik dengan perabotan beraksen renda dan memiliki warna putih atau beige. Meskipun menggunakan konsep yang terbilang kuno, tetapi tampilan rumahnya masih nampak elegan. Anda bisa menambahkan hiasan bunga segar di bagian meja supaya  suasana rumah terasa lebih hidup.

  1. Sentuhan Natural di Ujung Ruangan

Sentuhan Natural di Ujung Ruangan

Desain minimalis yang elegan terlihat pada desain interior yang satu ini. Bentuk meja, kursi dan lemari terbuka yang sangat simple elegan serta pewarnaan bagian dinding dengan warna netral. Dengan memasukan tanaman hias dalam ruangan akan menciptakan kesan natural yang sangat menarik.

  1. Desain Lantai Kayu dengan Brick Walls yang Sangat Unik

Desain Lantai Kayu dengan Brick Walls yang Unik

Anda dapat menyulap suatu ruangan dengan gaya yang tidak biasa seperti menggunakan dinding bata merah pada bagian sudut ruangan. Kesan sangat elegan juga terlihat pada pemasangan lantai kayu yang pada bagian atasnya ada meja dan juga kursi minimalis dengan lampu gantung yang sangat unik.

  1. Urban Style Interior

urban style interior

urban style interior rumah

  1. Kontemporer Style Interior

interior gaya kontemporer

kontemporer interior

  1. Traditional Style Interior

gaya interior rumah tradisional

gaya interior tradisional

  1. Interior Gaya Modern

interior gaya modern

  1. Gaya Retro Minimalis Style Interior

gaya retro minimalis

  1. Elegance Modern Style Interior

elegance modern

  1. Desain Interior Kombinasi Batu Alam

desain interior batu alam

  1. Texture Style Interior

texture style interior

  1. Desain Interior Minimalis Gaya Terbuka

interior gaya minimalis terbuka

  1. Komposisi Warna Style Interior

gaya komposisi warna

Itulah beberapa contoh desain interior rumah minimalis sederhana yang bisa Anda jadikan sebagai referensi. Sebagai informasi tambahan, kami akan memberikan beberapa tips sederhana dalam mendesain interior rumah minimalis. Mari simak tips berikut ini.

Baca Juga:  Desain Ruang Tamu Minimalis Berbagai Ukuran

Tips Desain Interior Rumah Minimalis Sederhana

Interior Rumah Minimalis Sederhana

  1. Pemilihan Warna

Warna utama yang tidak terlalu mencolok adalah pilihan yang tepat untuk rumah dengan konsep minimalis. Dengan pilihan warna tersebut bisa menciptakan tampilan sederhana tetapi nampak elegan. Beberapa warna utama yang bisa Anda pilih adalah putih, abu tua, abu muda, atau beige.

  1. Menambahkan Motif dan Tekstur

Kedua elemen ini sangat penting untuk diperhatikan dalam membuat tampilan interior rumah minamalis terlihat lebih menarik. Anda bisa memilih bantal kursi, karpet, atau hiasan dinding yang memiliki motif sangat cantik. Benda-benda yang dibuat dari bahan material alami seperti misalnya keranjang rotan bisa memberikan tekstur sangat indah pada dekorasi ruangan interior.

  1. Pencahayaan Optimal

Penggunaan warna yang netral pada desain interior rumah minimalis seperti warna abu tentunya akan menghadirkan tampilan ruangan yang suram. Disinilah pencahayaan memiliki peran sangat penting. Anda bisa memasang beberapa sumber pencahayaan lainnya seperti lampu lantai, lampu meja, dan jendela dengan ukuran besar.

  1. Hindari Pembatas Ruangan

Berlebihan dalam memasang pembatas ruangan tentu akan membuat interior rumah minamalis terasa sangat sempit dan sumpek. Maka dari itu, Anda bisa memasang pembatas ruangan seperlunya saja. Hal ini sangat penting diperhatikan khususnya untuk rumah minimalis sederhana dengan ukuran sangat kecil.

Leave a Comment